Comscore Tracker

PTPN VII dan Apindo Lampung Jajaki Kerja Sama Pembelian Gula Retail

Gula Walini diproduksi PTPN VII

Bandar Lampung, IDN Times - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII membuka peluang kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung. Misalnya, Apindo membeli gula retail PTPN VII

Hal itu disampaikan Direktur PTPN VII Ryanto Wisnuardhy saat menerima kunjungan Ketua Ketua Apindo Lampung Ary Meizari Alfian. Dalam pertemuan ini Ryanto mengenalkan produk PTPN VII yaitu gula Walini. 

Baca Juga: Sorotan Komisaris PTPN Holding Terkait Kinerja PTPN VII

1. BUMN penggerak ekonomi harus bisa bersinergi

PTPN VII dan Apindo Lampung Jajaki Kerja Sama Pembelian Gula Retailunplash.com

Ryanto mengatakan, fungsi BUMN sebagai penggerak ekonomi, sehingga harus bisa bersinergi dengan semua stakeholder baik BUMD maupun BUMS. Adanya pertemuan ini diharapkan, dapat meningkatkan sinergi dengan Apindo sehingga secara umum dapat meningkatkan pembangunan perekonomian di Lampung.

"Secara kelembagaan BUMN memang tidak masuk dalam keanggotaan Apindo. Namun banyak karyawan karyawan BUMN yang menjadi pengurus Apindo," katanya, Senin (8/11/2021). 

2. PTPN VII beri pinjaman modal 1.428 UMKM

PTPN VII dan Apindo Lampung Jajaki Kerja Sama Pembelian Gula RetailIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

PTPN VII saat ini sudah melakukan pembinaan menggerakan dunia usaha di wilayah kerja perusahaan, melalui program bina lingkungan dan kemitraan. Khusus di Lampung, saat ini mitra binaan PTPN VII yang diberikan bantuan pinjaman modal untuk 1.428 UMKM.

Kabag PNU. Iyushar GS menjelaskan, terkait pengelolaan dan pemberdayaan UMKM, saat ini PTPN VII sebagai anak perusahaan BUMN juga telah menggunakan flatform “PADI” atau Pasar Digital. Platform itu diperuntukkan bagi UMKM Mitra Binaan PTPN VII untuk menjadi seller di perusahaan BUMN atau anak perusahaan BUMN dengan produk-produknya

"Ini dapat berupa ATK(alat tulis kantor) , perlengkapan perkebunan, produk makanan, dan lainnya)," jelasnya. 

3. Apindo utamakan kolaborasi dunia usaha

PTPN VII dan Apindo Lampung Jajaki Kerja Sama Pembelian Gula RetailPT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII membuka peluang kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Ketua DPP Apindo Provinsi Lampung, Ary Meizari menerangkan, Apindo dikepengurusan saat ini lebih mengutamakan kolaborasi dunia usaha dengan dunia pendidikan.

Cakupan Apindo sangat luas. Hampir semua usaha yang ada saat ini, baik kecil, menengah dan besar diseluruh bidang ada di Indonesia mayoritas dikuasai oleh pengusaha besar. “Ya sekarang kita bisa bersaing untuk berada di lini usaha itu, tidak hanya pengusaha besar saja,” jelas Ari.

Apindo memiliki kewenangan yang strategi dan potensi menjalin kerjasama dengan dunia usaha cukup besar, dan dapat bersinergi dengan BUMN. Apindo antusias untuk dapat menjalin hubungan kerja sama bisnis yang baik dengan PTPN VII dan berkomitmen untuk bersama-sama pemerintah membangkitkan kembali ekonomi yang terpuruk akibat pandemik COVID-19.

Baca Juga: Selamat! Empat Unit PTPN VII Raih Penghargaan PTPN Holding

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya