Comscore Tracker

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! 

Mari pelajari teknik parkir paralel paling mudah dan cepat

Bandar Lampung, IDN Times - Mengendarai mobil tidak sekadar menggerakkannya maju dan mundur. Ada banyak hal lain perlu kuasai, contohnya saja cara parkir paralel.

Cara parkir pararel yang benar memang cukup sulit bagi para pengemudi pemula. Namun tentu hal ini tetap bisa dilakukan kok.

Kebanyakan masih mengandalkan sensor ataupun kamera parkir. Padahal, persoalan parkir mobil ini juga berhubungan dengan kebiasaan. Oleh karena itu, yuk mari pelajari teknik parkir paralel paling mudah dan cepat dilansir dari auto2000.co.id.

1. Sejajarkan mobil

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! Tips parkir paralel. (auto2000.co.id.id).

Hal pertama perlu dilakukan ketika menemukan lokasi parkir paralel adalah meluruskan dan menyejajarkan mobil dengan kendaraan lain yang sudah terparkir lebih dulu.

Posisikan mobil sejajar dengan jarak sekitar setengah meter. Setelah itu, pindahkan persneling ke posisi mundur, lalu putar kemudi ke arah kanan hingga mentok.

2. Mundurkan mobil dengan sudut 45 derajat

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! Tips parkir paralel. (kirklandhonda.com).

Setelah cara parkir paralel langkah pertama dilalui, kini saatnya memundurkan mobil secara perlahan, membentuk sudut 45 derajat.

Bagi pengendara yang belum tahu bagaimana mengecek apakah sudut kemiringan sudah tepat 45 derajat, silakan perhatikan kaca spion sebelah kiri saat memundurkan mobil. Kalau di kaca spion sudah terlihat bagian tengah hingga belakang mobil, maka bisa dikatakan sudah membentuk sudut 45 derajat.

Baca Juga: Tips Hilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil, Mudah Kok Dilakukan

3. Meluruskan setir

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! mercedes-benz.com/

Selain menggunakan metode pengecekan melalui kaca spion, juga bisa mengetahui posisi mobil apakah sudah membentuk sudut 45 derajat dengan memanfaatkan kamera belakang.

Caranya bisa mengaktifkan kamera melalui head unit dan melihat tampilannya dari sana. jika sudah pas posisinya, maka pengemudi harus meluruskan posisi roda mobil dengan memutar setir lalu memundurkan mobil secara perlahan.

4. Perhatikan posisi mobil

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! Dok.IDN Times/istimewa

Cara parkir paralel langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagian depan dan belakang mobil ketika posisinya sudah pengemudi mundurkan lurus ke belakang dengan sudut 45 derajat.

Dalam tahap ini, pengemudi dapat menghentikan mobil apabila posisi bagian depan kendaraan sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada di depannya.

5. Putar setir penuh ke kiri

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! Setir Rolls Royce (youtube.com/Motomobi)

Ketika posisi ujung mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang terparkir di depannya, maka hal tersebut menjadi tanda kalau pengemudi harus memutar setir kemudi ke arah kiri hingga mentok dan penuh.

Setelah itu, silakan mundurkan lagi kendaraan secara perlahan hingga seluruh bodinya mudah masuk ke area parkir paralel yang disediakan. Saat memosisikan mobil untuk masuk ke area parkir, tetap fokuskan pandangan ke kaca spion agar posisi kendaraan bisa pas.

6. Meluruskan roda depan

Tips Cara Parkir Paralel, Pengemudi Pemula Wajib Tahu! samarins.com

Sampai di sini, pengemudi sudah hampir berhasil mencoba cara parkir paralel. Langkah terakhir adalah mengatur kembali posisi setir untuk meluruskan posisi roda saat seluruh bagian kendaraan sudah tepat sejajar dengan kendaraan depan.

Kalau misalnya posisi mobil belum pas, maka putar kembali setir ke arah kanan secukupnya, lalu majukan mobil dan mundurkan dengan memutar setir ke arah kiri. Setelah itu, mundurkan perlahan hingga posisinya sudah sejajar dan lurus.

Bagaimana, apakah penjelasan cara parkir paralel di atas tadi membantu? Sebaiknya memang kuasai dulu teknik parkir paralel sebelum mengemudi di jalan raya dan mengunjungi berbagai tempat.

Sebab apabila belum lancar parkir namun sudah mengemudi dan mendatangi banyak tempat, maka bisa saja mengalami masalah parkir di area terbatas.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Kabin Mobil di Rumah, Antiribet Kok!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya