Comscore Tracker

Wisata Hits Pringsewu, Sejuk Nuansa Pedesaan Bikin Gak Mau Pulang

Tiket masuk murah banget

Bandar Lampung, IDN Times - Potensi wisata di Provinsi Lampung tak ada habisnya diulas. Selain banyaknya wisata alam, ada banyak wisata buatan beroperasi Seperti di Kabupaten Pringsewu misalnya, ada beberapa tempat wisata menarik bisa jadi tempat hiburan saat penat.

Aksesnya yang cukup dekat dengan Kota Bandar Lampung membuat wisata di kabupaten ini mudah dikunjungi. Yuk cari tahu wisata apa saja, menarik di kunjungi di Kabupaten Pringsewu.

1. Wisata religi Gua Maria

Wisata Hits Pringsewu, Sejuk Nuansa Pedesaan Bikin Gak Mau PulangInstagram.com/chatolic.photography

Setiap hari raya Natal atau perayaan agama umat Kristiani, Gua Maria selalu ramai dan dihias sedemikian rupa. Namun, meski sebagai tempat ibadah, tempat ini juga dibuka sebagai wisata religi lho.

Itu karena lokasinya berada di tengah perbukitan yang menyuguhkan pemandangan asri dan menyejukkan. Bahkan, masyarakat setempat menyebut gua ini mirip dengan wisata religi Lourdes di Prancis. Itulah kenapa muncul julukan Lourdes Van Lampung.

Jika berniat berkunjung ke gua ini, kamu cukup membayar uang parkir yang tidak ditentukan besarannya. Lokasinya berada di Jalan Raya Sampang, Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu.

2. Wisata taman di tengah sawah

Wisata Hits Pringsewu, Sejuk Nuansa Pedesaan Bikin Gak Mau PulangInstagram.com/tempat_wisata_lampung

Daerah persawahan di Pringsewu memang cukup luas. Tak pelak, daerah ini memiliki potret menawan karena dikelilingi perbukitan dan sawah. Taman Sabin contohnya, salah satu wisata yang berada di area persawahan. Cocok buat kamu ingin menikmati udara segar pedesaan tapi sudah dimodifikasi.

Jadi selain pemandangan sawah membentang luas, kamu juga bisa memilih spot foto instagramable lainnya. Ada saung cantik dihiasi bunga-bunga, lorong terbuat dari akar, taman dan kolam ikan. Serta sunset yang terbenam saat sore menjelang.

Tiket masuk ke tanam ini cukup murah kok, cuma Rp10 ribu per orang bisa foto dengan view berbeda sepuasnya. Bagaimana rute ke sini? Dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh sekitar satu jam.

Arahkan kendaraan kamu menuju Pringsewu melalui Gedong Tataan. Setelah tiba di Pasar Gadingrejo, pilih jalur menuju Desa Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo. Jika takut kesasar gunakan petunjuk melalui Google Maps lalu ketik: Taman Sabin Pringsewu.

Baca Juga: Fakta Unik Lengkung Langit 2 Baru Beroperasi, Gratis Foto Sepuasnya!

3. Mau wisata berkuda juga ada

Wisata Hits Pringsewu, Sejuk Nuansa Pedesaan Bikin Gak Mau PulangInstagram.com/baqigroup182

Insan Mulia Horse And Archery Centre atau IMHAC merupakan wisata berkuda di Pringsewu yang menyediakan beberapa fasilitas.

Untuk aktivitas berkuda, kamu bisa memilih paket yang sudah disediakan, di antaranya, Joy Ride yaitu menunggang kuda dituntun intstruktur. Tarifnya, Rp15 ribu per orang untuk umum. Tapi kalau masih pelajar harganya lebih murah Rp10 ribu per orang.

Selanjutnya, ada private lesson yaitu belajar teknik berkuda seperti walk, trot, dan cantre dengan biaya Rp150 ribu per orang selama 45 menit. Pilihan paket lainnya, group lesson yaitu belajar teknik berkuda seperti walk, trot, dan cantre biaya Rp150 ribu untuk tiga sampai empat orang selama 45 menit.

Jika kamu tak berniat berkuda bisa mencoba aktivitas panahan tiket Rp30 ribu per jam. Itu sudah mendapatkan busur arrow dan pendampingan. Kamu bisa datang kapan aja, mulai pukul 08.00-11.30 WIB dan 14.00-17.00 WIB. 

4. Bendungan Way Sekampung

Wisata Hits Pringsewu, Sejuk Nuansa Pedesaan Bikin Gak Mau PulangInstagram.com/potret.pringsewu

Pembangunan Bendungan Way Sekampung merupakan bagian dari pengelolaan sumber daya air dan irigasi untuk mendukung produksi pertanian berkelanjutan. Menariknya, bendungan berlokasi di Desa Banjarejo Pringsewu ini juga dibuka sebagai tempat wisaya yang menarik.

Memasuki area bendungan, kamu akan disambut gapura pintu masuk dengan desain mirip seperti wayang. Namun polesannya sangat kental motif khas Lampung.

Selain itu, mata kamu juga akan dimanjakan dengan ruang terbuka hijau serta bangunan-bangunan memiliki desain arsitek simbol Lampung seperti kopiah dan siger. Bendungan ini baru diresmikan Presiden Joko "Jokowi"Widodo 2 September lalu, lho.

5. Wisata peninggalan Belanda

Wisata Hits Pringsewu, Sejuk Nuansa Pedesaan Bikin Gak Mau PulangInstagram.com/potret.pringsewu

Satu lagi wisata sawah tidak boleh kamu lewatkan yaitu Talang Air. Ini merupakan jaringan irigasi dibangun sejak pemerintahan kolonial Belanda 1928.

Tinggi talang air mencapai 25 meter menjadi spot paling menarik menikmati pemandangan hamparan sawah bertingkat. Untuk tiket masuk pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan Rp2 ribu khusus motor. Sedangkan mobil sebesar Rp10 ribu.

Fasilitasnya juga lengkap lho, ada area parkir, toilet, musala, taman bermain, pondokan, warung jualan, taman bunga, kolam pemancingan ikan dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Talang Resort, Desa Bumi Rejo, Kelurahan Fajar Esuk.

Baca Juga: Bendungan Way Sekampung Pringsewu Ternyata Multifungsi

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya