Comscore Tracker

Saung Cempedak, Wisata Baru di Lampung, Tiket Cuma Rp10 Ribu

Murah dan cocok untuk wisata keluarga

Bandar Lampung,IDN Times - Meski masih pandemik COVID-19, tak menyurutkan pelaku usaha pariwisata mengembangkan bisnisnya. Lokasi wisata baru dengan mengusung konsep alam dan kekeluargaan semakin memikat para wisatawan.

Meski berada di luar Kota Bandar Lampung namun lokasinya mudah dijangkau dan tak memakan banyak waktu. Yuk simak selengkapnya di bawah ini, apa saja yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi wisata alam ini.

1. Saung cempedak

Saung Cempedak, Wisata Baru di Lampung, Tiket Cuma Rp10 RibuIDN Times/Istimewa

Nama wisata yang baru saja dibuka di Kabupaten Pringsewu, Lampung itu adalah "Saung Cempedak". Tepatnya berada di Desa Banjarrejo, Kecamatan Banyumas.

Bernama Saung Cempedak karena di lokasi tersebut tumbuh pohon buah cempedak. Namun buah tersebut hanya dijadikan sebagai ikon tidak diperuntukan bagi pengunjung. 

Dari Kota Bandar Lampung, kamu bisa menempuh perjalanan selama dua jam. Sedangkan dari pusat Kota Pringsewu sekitar 30 menit.

Baca Juga: Cocok untuk Semua Usia! 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung

2. Cocok untuk wisata keluarga

Saung Cempedak, Wisata Baru di Lampung, Tiket Cuma Rp10 RibuIDN Times/Istimewa

Wisata dan resto yang dibentuk Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Saung Cempedak, Mahsus Efendi ini memiliki konsep wisata alam khususnya untuk wisata keluarga dan anak.

Cukup mengeluarkan kocek Rp10 ribu membayar tiket masuk, pengunjung sudah bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan seperti taman bermain, trampolin untuk anak-anak, terapi ikan, saung apung dan tentu saja spot foto yang instagramablem

"Bisa kumpul keluarga di saung-saung, ada banyak wahana. Jadi sambil kuliner, anak-anak bisa sambil main, juga bisa terapi ikan sambil menikmati pemandangan," ujarnya, Minggu (27/12/2020).

3. Menyediakan makanan khas Lampung

Saung Cempedak, Wisata Baru di Lampung, Tiket Cuma Rp10 RibuIDN Times/Istimewa

Menyemarakkan grand opening tempat ini, periode 25-27 Desember pengunjung tak dipungut biaya untuk datang ke Saung Cempedak. Bahkan, Mahsus mengatakan, tahun baru Saung Cempedak tetap buka.

Sembari bersantai, pengunjung bisa memesan makanan yang terdiri dari olahan ikan dan ayam. Ada beraneka sambal, mulai dari terasi, seruit khas Lampung, mangga dan nanas.

Harganya pun terjangkau, mulai Rp3.000 hingga Rp17.000 per porsinya.

4. Sebagai penyokong ekonomi masyarakat

Saung Cempedak, Wisata Baru di Lampung, Tiket Cuma Rp10 RibuIDN Times/Istimewa

Mahsus mengatakan, motivasinya membentuk tempat wisata ini adalah untuk menyokong ekonomi masyarakat sekitar dan mendukung sektor pariwisata Kabupaten Pringsewu.

Salah satu pengunjung, Anita dari Bungamayang, Lampung Utara mengatakan tengah menghabiskan liburan sekolah anak-anak di Desa Bangunrejo, tempat kelahirannya.

"Kan liburan sekolah, sama anak-anak kemarin lewat jadi sekalian nyobain, kata warga kemarin grand opening jadi hari ini kita ke sini, bagus tempatnya, bersih, cuma belum lengkap karena masih ada yang dibangun ya," kata dia.

Sementara itu, Indah warga Gadingrejo, Pringsewu mengatakan mengetahui dan tertarik datang lantaran melihat konten tiktok salah satu temannya yang hadir saat grand opening.

"Liat di tiktok kayaknya adem tempatnya, gak seberapa jauh juga jadi hari ini kita ke sini. Enak sih kalau mau wisata yang tenang, sejuk gitu," pungkasnya.

Baca Juga: Lengkung Langit Bandar Lampung Viral! Tiket Murah dan Gratis Minuman

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya