Comscore Tracker

Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat, ‘Negeri di Atas Awan’

Pengunjung bak merasakan berdiri di atas awan

Lampung Barat, IDN Times – Kabupaten Lampung Barat memiliki beragam potensi wisata menarik. Selain kawasan panas bumi Suoh, ada objek wisata lain mendapat tempat istimewa di hati para traveler yakni Bukit Bawang Bakung.

Saking populernya tempat ini, pengunjung menjulukinya ‘Negeri di Atas Awan’. Julukan itu disematkan lantaran terletak di dataran tinggi dan pengunjung bak melihat awan seolah berada di bawah bukit.

Penasaran dengan Bukit Bawang Bakung? Yuk kita simak ulasannya dilansir dari situs lampungbaratkab.go.id.

1. Ditemukan pecinta fotografi 2010

Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat, ‘Negeri di Atas Awan’Bukit Bawang Bakung Lampung Barat. (lampungbaratkab.go.id)

Pertama  kali dikenal dengan sebutan Geredai/Gardai, namun nama sebenarnya adalah Bukit Bawang Bakung yang terletak di Pekon Negeri Ratu Kecamatan Batu Bekhak, Kabupaten Lampung Barat. Lokasi ini ditemukan para pecinta fotografi di Lampung Barat sekitar  tahun 2010-2011.

Berbicara julukan “Negeri di Atas Awan’ lantaran pengunjung bak merasakan berdiri di atas awan dan menikmati hamparan embun dengan latar belakang Gunung Pesagi dan Gunung Seminung yang tinggi menjulang.

Namun untuk bisa menikmati hamparan embun di Bukit Bawang Bakung kita harus sudah disini sebelum matahari terbit kisaran pukul 05.00-07.00 WIB.

Baca Juga: Cara Dirikan Pertashop di Lampung Barat, Penggerak Ekonomi Desa

2. Saat matahari terbit, pemandangan sekitar bukit bikin berdecak kagum

Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat, ‘Negeri di Atas Awan’Bukit Bawang Bakung Lampung Barat. (lampungbaratkab.go.id)

Nah, saat matahari terbit, pemandangan akan sangat mengagumkan dan membuat kita berdecak tak henti akan alam ciptaan Tuhan. Pohon-pohon tersembul malu-malu diantara embun tebal yang nampak seperti gugusan candi-candi yang elok dipandang mata, yang membuat kita selalu rindu untuk berkunjung kembali.

Sekadar menikmati dengan mata dan hati saja sudah sangat mengagumkan. Apalagi bagi para pecinta dan pemburu fotografi lansekap, tempat ini adalah ‘Surga yang Tersembunyi’.

3. Hanya 20 menit dari Kota Liwa

Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat, ‘Negeri di Atas Awan’Bukit Bakut Bawang Lampung Barat. (lampungbaratkab.go.id)

Bukit Bawang Bakung tak begitu jauh dari Kota Liwa, hanya sekitar 20 menit perjalanan mengendarai motor atau mobil.

Sebelum sampai di objek wisata itu, kamu akan melewati perkampungan dengan hamparan  sawah dan rumah panggung arstitektur khas Lampung Barat. Jalan yang berkelok-kelok yang sesekali memperlihatkan pemandangan embun yang luar biasa akan menambah sensasi anda menikmati Negeri diatas Awan.

Namun bagi anda yang tidak terbiasa dengan udara sejuk bahkan berpelukan dengan kabut, disarankan untuk membawa jaket.

4. Ada fasilitas tenda dan cottage

Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat, ‘Negeri di Atas Awan’Bukit Bawang Bakung Lampung Barat. (instagram.com/ferry_irawan27)

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat juga menyediakan, sarana pendukung berupa WC dan beberapa bangunan berupa gedung terbuka yang bisa dipergunakan untuk mengadakan acara.

Tersedia juga dua cottage “Anjung Geredai” bisa disewa oleh para pengunjung yang ingin merasakan bermalam di atas bukit. Bagi yang suka bermalam dengan menggunakan tenda, oleh pengelola objek wisata ini, disediakan penyewaan tenda berkapasitas 2 – 4 orang.

Baca Juga: Fakta Unik Panas Bumi Suoh Lampung Barat, Dijuluki Lembah 1.000 Kawah

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya