Comscore Tracker

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!

Selain refreshing, sekalian belajar sejarah

Bandar Lampung, IDN Times - Liburan ke Lampung, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Selain pantai atau wisata alam, kamu juga bisa kunjungi wisata edukasi lho.

Tidak ada salahnya mengunjungi museum, selain refreshing, sekalian belajar sejarah sehingga pengetahuan bisa bertambah. Berikut IDN Times rangkum rekomendasi museum cocok didatangi jika berkunjung ke Lampung.

1. Museum Nasional Ketransmigrasian

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Museum Nasional Ketransmigrasian. (ticmpu.id).

Museum berlokasi di Kabupaten Pesawaran ini dikenal transmigrasi dan satu-satunya di dunia. Dalam museum ini dijelaskan tentang proses transmigrasi masyarakat Pulau Jawa ke Lampung pada era kolonial. Koleksinya cukup lengkap, mulai dari foto, pakaian adat, alat musik, alat rumah tangga, dan masih banyak lagi. Semuanya rata-rata berhubungan dengan kehidupan masyarakat saat transmigrasi ke Lampung tempo dulu.

2. Rumah Daswati

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Pemuda tergabung Forum Penyelamat Daswati menggelar malam refleksi kemerdekaan di Rumah Daswasti, Minggu (16/8/2020). Rumah Daswati adalah bangunan bersejarah terbentuknya Provinsi Lampung. (IDN Times/Martin L Tobing)

Museum di Bandar Lampung bisa dikunjungi adalah Rumah Daswati ini. Wujudnya memang seperti rumah tua, namun di dalamnya menyimpan sejarah yang sakral. Di dalamnya banyak pajangan koleksi tentang sejarah terbentuknya Provinsi Lampung. Dulu, rumah ini bahkan dipakai untuk serah terima kewenangan pemerintahan provinsi tersebut.

Baca Juga: Festival Sekala Bekhak, Promosi Budaya dan Adat Istiadat Asli Lambar

3. Menara Siger

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Menara Siger Lampung (Instagram.com/menarasiger_lampung)

Dari segi arsitektur, memang tidak seperti bangunan museum pada umumnya. Tapi ini menjadi ikon Lampung khusus Kabupaten Lampung Selatan. Saat kapal akan bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Menara Siger terlihat dari laut.

Di sini, kerap dimanfaatkan keperluan wisata sejarah. Museumnya terletak di area lantai satu menara. Banyak informasi yang didapatkan dari museum tersebut. Seperti data astra gastra yang menjelaskan sumber daya alam serta geografis wilayah Lampung.

4. Museum Lampung

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Museum Lampung. (IDN Times/Silviana).

Merupakan museum di Bandar Lampung berikutnya yang cocok untuk dikunjungi. Resmi dibuka sejak 24 September 1988, museum ini masih terlihat ramai sampai sekarang. Museum ini sebenarnya lebih familiar disebut dengan Museum Lampung Ruwa Jurai. Penamaan tersebut bukan tidak ada artinya.

Rawa Jurai dapat diartikan sebagai 2 tangkai jalur keturunan penduduk Lampung. Museum Lampung terdiri dua lantai. Lantai pertama diisi benda-benda bersejarah. Sementara lantai kedua diisi dengan benda-benda kebudayaan serta hal-hal yang berbau adat Lampung. Tidak hanya itu, museum ini pun menyimpan koleksi kebudayaan khas Indonesia.

5. Rumah Adat Jajar Intan

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Rumah Adat Jajar Intan. (flickr.com).

Coba juga kunjungi salah satu museum di Bandar Lampung lainnya yaitu Rumah Adat Jajar Intan ini. Area tempat tersebut banyak terdapat jajaran rumah-rumah panggung khas Lampung. Pada umumnya tempatnya dipergunakan oleh masyarakat Lampung ketika akan mengadakan upacara adat atau Begawi.

Dalam jejeran rumah panggung tersebut, terdapat banyak perabotan dan hiasan khas suku Lampung. Begitu juga ornamen yang dipakai juga menjadi ciri tersediri dari daerah tersebut. Uniknya lagi, tiap-tiap ruangan di dalam rumah tersebut punya nama sendiri-sendiri. Seperti lorong agung untuk kamar utama, dan sebagainya.

6. Museum Mahkota Dipuncak Nur

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Museum Mahkota Dipuncak Nur. (facebook.com/Museum Mahkota Dipuncak Nur Kedatun Keagungan Lampung).

Masih ada lagi rekomendasi museum di Bandar Lampung yaitu Mahkota Dipuncak Nur. Sebetulnya, museum ini sedikit mirip dengan Rumah Adat Jajar Intan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dari sana, pengunjung dapat mengetahui tampilan rumah adat suku Lampung berikut perabot dan ornamen yang khas.

7. Museum Kupu-Kupu Taman Gita Persada

Museum di Lampung, Unik dan Ada Satu-satunya di Dunia Lho!Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung. (instagram.com/gitapersadalampung).

Museum yang cukup menarik, karena tidak menghadirkan nilai sejarah Lampung seperti yang lain. Pembangunan museum Kupu-kupu yang ada di Taman Gita Persada ini justru bertujuan untuk menghindari kepunahan serangga cantik tersebut. Pengunjung bisa menikmati banyak kupu-kupu di musem tersebut yang berhasil dikembangkan dengan baik.

Demikian tadi museum di Bandar Lampung yang cocok untuk dikunjungi. Tidak ada salahnya mengunjungi museum ketika berpergian ke Lampung. Selain dapat berlibur, juga sekaligus dapat belajar budaya daerah tersebut.

Baca Juga: Pantai Mbeach Lampung Selatan, Bikin Betah Seharian Liburan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya