Comscore Tracker

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!

Wah.. bisa-bisa gak mau pulang nih abis liburan ke sana

Lampung Barat, IDN Times -  Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu wilayah di Provinsi Lampung. Daerah ini didominasi pegunungan merupakan bagian dari punggung Bukit Barisan. 

Dilihat dari potensi pariwisatanya, Lampung Barat memang pantas menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Setiap tahun banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Berikut beberapa referensi tempat wisata di kabupaten ini.

1. Gunung Seminung

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!Gunung Seminung Lampung Barat. (instagram.com/@irene_ets).

Wisatawan yang berwisata ke Lampung Barat dapat mencoba untuk datang ke Gunung Seminung. Pemandangannya yang indah membuat wisatawan lokal maupun wisatawan asing senang berkunjung ke sana.

Gunung Seminung terletak 25 kilometer dari Liwa. Gunung ini berlokasi di perbatasan antar provinsi Lampung dan Sumatra Selatan. 

2. Danau Ranau

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!Danau Ranau (Instagram.com/paramiswari)

Jika membahas mengenai danau di pulau Sumatera, pasti nama pertama yang terbesit adalah Danau Toba. Padahal di pulau ini banyak sekali danau yang tak kalah cantik, salah satunya terletak di Kabupaten Lampung Barat yaitu Danau Ranau.

Cuaca di sekitar Danau Ranau ini sangat sejuk dan penduduk sekitar danau ini dikenal sebagai nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sumberdaya yang ada di dalam danau. Di tengah Danau Ranau terdapat pulau kecil bernama Pulau Marisa yang terdapat sumber air panas yang sering dijadikan pilihan wisatawan saat berlibur ke Danau Ranau.

Baca Juga: Fakta Unik Panas Bumi Suoh Lampung Barat, Dijuluki Lembah 1.000 Kawah

3. Bukit Mandi Angin

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!Bukit Mandi Angin Lampung Barat. (andalastourism.com).

Bukit Mandi Angin berada di kawasan Lumbok Ranau dengan tinggi kurang lebih 400 meter di atas permukaan air laut. Bukit ini merupakan tempat lepas landas bagi kegiatan olahraga terbang bebas atau lebih dikenal dengan nama paralayang.

Wisatawan dapat menguji adrenalin dengan melakukan solo paralayang atau pun terbang tandem akan disuguhi dengan kontur alam yang indah. Dari bukit ini, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan Danau Ranau, Gunung Seminung, area persawahan yang membentang luas, dan pegunungan yang menjulang.

4. Desa Wisata Lumbok

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!Desa Wisata Lumbok Lampung Barat. (andalastourism.com).

Lumbok merupakan nama desa yang berlokasi di kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Desa Lumbok sangat asri dengan pemandangan Danau Ranau di tepiannya sehingga wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan merasakan kedamaian. 

Desa Wisata Lumbok berada kurang lebih 30 km dari Liwa dengan berbagai pilihan wahana liburan. Untuk penginapan, wisatawan tidak perlu khawatir karena biasanya warga akan menawarkan untuk tinggal bersama mereka.

5. Gunung Pesagi

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!Gunung Pesagi Lampung Barat. (Instagram.com/@andi_hendri).

Wisatawan mencintai petualangan dan selalu tertantang untuk menaklukan titik tertinggi di setiap daerah sangat direkomendasikan untuk mendaki ke Gunung Pesagi. Gunung ini menjadi titik tertinggi dari Kabupaten Lampung Barat yang berada di kecamatan Belalau dan telah ditetapkan sebagai salah satu objek wisata.

Di dalam objek wisata Gunung Pesagi bernama Pekon Hujung, wisatawan dapat mendaki ke puncak Gunung Pesagi dan menikmati indahnya alam Lampung Barat dari titik tertinggi kabupaten ini. 

6. Kubu Perahu

6 Tempat Wisata Alam Hits di Lampung Barat, Meneduhkan Jiwa!Kubu Perahu Lampung Barat. (wisato.id).

Wilayah Lampung Barat yang terletak di punggung Bukit Barisan menjadi bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menjelajahi taman nasional ini adalah Kubu Perahu yang berlokasi di kecamatan Balik Bukit.

Kawasan Wisata Alam Kubu Perahu sangat cocok bagi wisatwan yang ingin melakukan kegiatan alam semacam jungle run. Pengunjung juga dapat menikmati jernihnya air sungai yang ada di sini.

Itulah 6 tempat wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Baca Juga: Festival Sekala Bekhak, Promosi Budaya dan Adat Istiadat Asli Lambar

Baca Juga: Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat, ‘Negeri di Atas Awan’

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya