Comscore Tracker

Liga 2 Vakum, Melongok Kondisi Terkini Rumput Stadion Sumpah Pemuda

Home base Badak Lampung FC gunakan rumput zoysia matrella

Bandar Lampung, IDN Times - Stadion Sumpah Pemuda tidak ingin mengalami penurunan kualitas di tengah masa pandemik Covid-19. Meski tak ada kompetisi yang bergulir, pihak manajemen Badak Lampung FC tetap melakukan perawatan secara maksimal.

Salah satu fokus utama manajemen adalah perawatan rumput lapangan, rumput jenis zoysia matrella di Stadion Sumpah Pemuda tetap dirawat secara rutin.

Pihak vendor pengelolaan rumput Stadion Sumpah Pemuda, Jeni Setiawan, mengatakan, ia bersama dua orang temennya memang mendapat kepercayaan khusus dari pihak manajemen, untuk merawat dan menjaga kualitas rumput stadion.

"Harus tetap ada perawatan. Soalnya, kalau gak kita gak tau jadi apa. Contoh, Lamongan (Stadion Surajaya) rumputnya udah gak bisa ditolong penuh rumput liar, itu bagusnya dipotong habis baru tanam lagi," ucap Jeni, Minggu (21/2/2021). 

Baca Juga: Wacana Liga 2 Musim 2021 Segera Bergulir, Ini Sikap Badak Lampung FC

1. Rumput dirawat rutin

Liga 2 Vakum, Melongok Kondisi Terkini Rumput Stadion Sumpah PemudaRumpat Stadion Sumpah Pemuda, Kamis (21/2/2021) (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Jeni mengatakan, timnya bertugas mengecek secara detail kualitas dan kondisi rumput lapangan. Mulai dari penyiraman, pemotongan, hingga pemberi pupuk untuk nutrisi rumput.

Ia menambahkan, rumput Stadion Sumpah Pemuda disiram dua sampai tiga kali sehari. Sementara pemotongan dilakukan dua tahap seminggu, dan untuk pemberian pupuk nutrisi rumput minimal satu kali selama satu bulan.

"Khusus penyiraman. Itu tergantung dari kelembaban kondisi tanah, karena kalau terlalu banyak air tidak bagus dan kalau kurang air, nanti kering mati. Jadi memang kita harus stand by," terang Jeni. 

2. Alih fungsi untuk latihan Badak Lampung FC Soccer School

Liga 2 Vakum, Melongok Kondisi Terkini Rumput Stadion Sumpah PemudaBadak Lampung FC Soccer School (Instagram/badaklampungfc)

Meski kompetisi Liga Indonesia masih menyisakan tanda tanya, bukan berarti Stadion Sumpah Pemuda tidak ada aktivitas. Pasalnya, Badak Lampung FC Soccer School secara rutin masih menggunakan lapangan tersebut.

Jeni mengatakan, semenjak kompetisi diliburkan, Stadion Sumpah Pemuda dialih fungsikan untuk Badak Lampung FC Soccer School menggelar latihan. "Sekarang dipakai sekolah sepak bola, jadwalnya dua kali satu minggu hari Rabu dan Jumat," imbuhnya. 

3. Manajemen Badak Lampung FC berencana benahi stadion

Liga 2 Vakum, Melongok Kondisi Terkini Rumput Stadion Sumpah PemudaStadion Sumpah Pemuda, Minggu (21/2/2021) (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)
Liga 2 Vakum, Melongok Kondisi Terkini Rumput Stadion Sumpah PemudaStadion Sumpah Pemuda, Minggu (21/2/2021) (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pantauan IDN Times di Stadion Sumpah Pemuda, Kamis (21/2/2021), rumput lapangan masih terawat dan terbentang hijau. Namun sayangnya, beberapa area sentel ban stadion sudah mulai retak dan mengelupas, serta tribun penonton yang mulai ditumbuhi oleh rumput liar.

Manajer Badak Lampung FC, Dany Aulia, menjelaskan, memang sejauh ini fokus manajemen masih bertuju pada perawatan rumput lapangan, yang nantinya disusul pembenahan fasilitas lainnya.

Selain itu, manajemen Badak Lampung FC juga baru saja melangsungkan pertemuan, bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lampung, dalam rangka pembenahan isi dan fasilitas Stadion Sumpah Pemuda.

"Kemarin kita juga baru memenuhi undangan silahturahmi dari Dispora Lampung, sekaligus menanyakan masalah stadion. Intinya membahas masalah infrastruktur, kebersihan, dan lain-lain. Biar ke depan bisa lebih bagus dan tertata lagi," terang Dany. 

Ia menyatakan, pihaknya berencana  melakukan sejumlah renovasi di beberapa titik. "Tapi sementara ini memang kita masih menunggu kabar dan kejelasan kompetisi dulu yang pasti dari PSSI dan LIB," katanya. 

Baca Juga: Saepulloh Maulana Curhat Liga 2021, Ucap Janji Setia ke Badak Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya