Comscore Tracker

Liga 2 Belum Ada Kabar, TA Musafri: Ini Mengganggu Psikologis Pemain

Minta semua pihak realisasikan jadwal kompetisi

Bandar Lampung, IDN Times - Kapten Tim Badak Lampung FC Talaohu Abdul Musafri atau akrab disapa TA Musafri menyebut, ketidakjelasan jadwal Liga 2 Indonesia, cukup menganggu psikologi para pemain. Itu lantaran pemain menanti ada atau tidak kompetisi sepak bola di Tanah Air.

Kondisi itu dirasa lumrah, pasalnya hingga detik ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru menentukan jadwal kick off untuk Liga 1, yang direncanakan bergulir dipenghujung bulan ini atau tepatnya 27 Agustus 2021 mendatang. Sedangkan untuk Liga 2 Indonesia, sampai sekarang masih belum ada kabar kejelasan terkait regulasi ataupun jadwal kick off kompetisi.

"Kita sebagai pemain secara psikologis memikirkan ini (jadwal Liga 2) cukup mengganggu, mudah-mudahan saja kompetisi ini bisa berjalan tepat waktu dan jadwal bisa cepat keluar," ujar Musafri, ditemui di Stadion Sumpah Pemuda, Selasa (17/8/2021).

1. Ketidakjelasan kompetisi bikin pelatih sulit susun progam latihan

Liga 2 Belum Ada Kabar, TA Musafri: Ini Mengganggu Psikologis PemainSeleksi internal Badak Lampung FC (Instagram/@badaklampungfc)

Musafri menilai, keluhan tidak hanya datang dari para pemain, namun ia meyakini itu turut dialami oleh sejumlah pelatih utama di beberapa klub Liga 2 Indonesia.

Mengingat, mereka dituntut menjalani masa persiapan, tanpa tahu kapan persisnya kompetisi bisa bergulir. "Terutama dari sisi pelatih, yang mungkin kesulitan untuk menyusun program. Kondisi ini agak sulit," kata dia.

Baca Juga: PPKM Darurat, Badak Lampung FC Hentikan Sementara Kegiatan Tim

2. Minta pihak penyelenggara segera beri kejelasan

Liga 2 Belum Ada Kabar, TA Musafri: Ini Mengganggu Psikologis PemainANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Sebagai kapten tim berjuluk Laskar Saburai, Musafri kembali mengingatkan, agar para pemain Badak Lampung FC tetap bersikap profesional dan mengalihkan fokus untuk persiapan tim menyambut gelaran Liga mendatang.

Selain itu, pria 39 tahun ini juga berharap, agar pihak-pihak terkait dalam penyelanggaraan kompetisi sepak bola di Indonesia bisa segera memberikan kabar kepastian untuk Liga 2.

"Kita berharap kepastian tidak hanya datang untuk Liga 1, karena para pemain Liga 2 juga membutuhkan itu. Kita semua menunggu kabar baik," katanya.

3. Pasca libur panjang, pemain tidak dalam performa terbaik

Liga 2 Belum Ada Kabar, TA Musafri: Ini Mengganggu Psikologis PemainBadak Lampung FC kembali gelar latihan terpusat di Stadion Sumpah Pemuda, Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pemain senior telah membela sejumlah klub di Indonesia ini juga menjelaskan, para punggawa Laskar Saburai sangat antusias dalam melaksanakan pemusatan latihan perdana, pasca menjalani liburan selama satu bulan penuh.

Meski demikian, menurut Musafri umumnya para pemain tidak dalam kondisi performa terbaik. Artinya, terdapat penurunan dari kondisi fisik masing-masing individu.

"Mungkin ini PR pelatih, bagaimana untuk meningkatkan dan mengembalikan performa para pemain. Tapi saya yakin, ini tidak akan memakan waktu cukup lama," tandas pria asal Ternate, Maluku Utara tersebut.

Baca Juga: Badak Lampung FC Kembali Gelar Latihan, 8 Pemain Tak Hadir

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya