PSSI Tetap Yakin Liga Satu Digelar 20 Agustus, Bagaimana Liga 2?

Series 1 dimulai di zona hijau

PSSI memutuskan untuk menggelar kompetisi 2021-2022 di tengah pandemi covid-19 pada tanggal 20 Agustus. Keputusan kick-off itu dilakukan setelah PSSI melakukan konsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri.

Series 1 akan dimulai di zona hijau. Demikian juga untuk series-series selanjutnya akan dilangsungkan di zona hijau. Untuk itu, dalam waktu dekat PT LIB akan melakukan pertemuan dengan seluruh perwakilan klub Liga 1 secara virtual.

Sebelumnya Liga 1 musim 2021-2022 direncanakan kick off pada 9 Juli. Namun, karena adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat serta status level 4 di Pulau Jawa-Bali, kompetisi terpaksa harus ditunda.

Kini, setelah ada penurunan angka covid-19, terutama di Pulau Jawa dan Bali, PSSI dan PT LIB melihat saatnya kompetisi musim 2021-2022 untuk dilakasanakan.

Baca Juga: Korut Mundur Kualifikasi Piala AFC U23, AFC Drawing Ulang Grup G-K 

1. PSSI sudah pertimbangkan banyak hal

PSSI Tetap Yakin Liga Satu Digelar 20 Agustus, Bagaimana Liga 2?Sekjen baru PSSI, Yunus Nusi, bersama Ketum PSSI. (pssi.org)

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan,  PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Pihaknya masih konsisten pada tanggal 20 Agustus Liga 1 akan bergulir.

“Untuk itu dalam waktu dekat kami akan menggelar pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan klub Liga 1. Tentu kompetisi sementara akan tanpa penonton. Kita lihat perkembangan ke depan apakah bisa dengan penonton dengan kapasitas tertentu atau tidak,” kata Yunus dilansir dari pssi.org, Rabu (4/8/2021).

2. Bisa berpengaruh penilaian FIFA, AFC, dan AFF

PSSI Tetap Yakin Liga Satu Digelar 20 Agustus, Bagaimana Liga 2?Kiss

Terkait kick-off Liga 2, PSSI merencanakan menggelar setelah Liga 1 dimulai. Kapan persisnya, PT LIB akan lebih dulu menggelar pertemuan dengan perwakilan klub.

“PSSI harus menjalankan kompetisi karena bisa berpengaruh terhadap penilaian FIFA, AFC, dan AFF terhadap kami. Apalagi kami juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, play-off Kualifikasi Piala Asia 2022 dan Kualifikasi Piala AFC U-23,” imbuh Yunus.

3. Komponen liga mayoritas sudah vaksinasi tahap kedua

PSSI Tetap Yakin Liga Satu Digelar 20 Agustus, Bagaimana Liga 2?Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pengendara di pelayanan vaksinasi secara Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menerangkan, saat ini mayoritas komponen klub Liga 1 2021-2022, yakni pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan sudah mendapatkan vaksinasi hingga tahap kedua.

“Untuk klub Liga 2 juga sebagian besar sudah melakukan vaksinasi. Tentu ini hal yang baik menuju kick-off Liga 1 dan 2, karena kami ikut membantu tercapainya program herd immunity di komunitas kita sendiri. Yang pasti mereka yang mengikuti kompetisi harus divaksin semua,” ujar  Hadian.

Menurut Hadian, adanya kompetisi Liga Indonesia LIB berharap menaikkan imun warga di Indonesia. “Apalagi kami akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat dan tanpa adanya penonton yang hadir di stadion,” imbuhnya.

Hadian pun meyakini turnamen Piala Menpora beberapa waktu lalu akan menjadi pelajaran berharga untuk menyambut kompetisi Liga 1 dan 2. Saat itu dengan protokol kesehatan yang ketat, turnamen Piala Menpora tidak menghasilkan kluster baru COVID-19.

Baca Juga: Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIB

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya