Mantap! Kota Bandar Lampung Juara Umum Porprov Lampung IX 2022

Total perolehan medali sebanyak 605

Bandar Lampung, IDN Times - Kota Bandar Lampung keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-IX 2022. Kota Tapis Berseri memuncaki klasmen perolehan medali, itu dengan mendulang 605 medali yaitu emas 195, 178 perak, 232 perunggu.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto menyerahkan Piala kepada wali kota Bandar Lampung sebagai Juara Umum Porprov Ke-IX Tahun 2022 bertepatan penutup ajang tersebut di Stadion Pahoman Bandar Lampung, Selasa (13/12/2022).

Peringkat kedua diraih Kota Metro dengan total perolehan medali sebanyak 384 yaitu, 100 emas, 114 perak, 170 perunggu. Kemudian juara tiga diperoleh Kabupaten Pesawaran dengan perolehan 294 medali yakni 96 emas, 78 perak, 120 perunggu.

Baca Juga: 5 Atlet Badminton Ternyata Kakak Adik Kandung, Kompak Banget!

1. Bertujuan meningkatkan tali persaudaraan

Mantap! Kota Bandar Lampung Juara Umum Porprov Lampung IX 2022Kota Bandar Lampung keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-IX 2022. (Dok. Pemprov Lampung).

Mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Fahrizal mengatakan, penyelenggaraan Porprov bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan di antara masyarakat se-Provinsi Lampung. Ia meyakini, olahraga mempunyai peranan penting sebagai sarana diplomasi, perdamaian, serta kesatuan, dan persatuan bagi kemajuan Lampung.

"Pemprov Lampung memberikan perhatian khusus dalam pembangunan bidang olahraga yaitu, dengan mengembalikan kejayaan Lampung dalam dunia olahraga berfokus pada memperbaiki dan memperbanyak fasilitas-fasilitas olahraga, meningkatkan kualitas pembinaan atlet, dan memberikan insentif bagi atlet berprestasi," terangnya.

Perbaikan dimaksud tak terkecuali urusan tata kelola organisasi olahraga melalui penempatan personal kompeten di tiap bidangnya.

"Porprov merupakan salah satu ajang pengembangan serta peningkatan mutu sumber daya manusia dalam bidang olahraga. Sehingga dapat menjaring bibit-bibit muda berbakat dan berkualitas yang nantinya akan difasilitasi, dibina, dan dikembangkan," sambung Fahrizal.

2. Apresiasi pelaksanaan Porprov

Mantap! Kota Bandar Lampung Juara Umum Porprov Lampung IX 2022Kota Bandar Lampung keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-IX 2022. (Dok. Pemprov Lampung).

Sekdaprov melanjutkan, Pemprov Lampung amat mengapresiasi seluruh panitia pelaksana, official, para atlet, dan semua pihak telah bahu membahu dalam pelaksanaan ajang Porprov ke-IX 2022, sehingga pesta olahraga tahunan ini dapat terselenggara dengan lancar, sukses, dan penuh prestasi.

"Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lampung telah memberikan dukungan kepada tim kebanggaan daerahnya, dengan tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama terselenggaranya Porprov 2022," kata dia.

3. Tulang Bawang berpeluang jadi tuan rumah Porprov mendatang

Mantap! Kota Bandar Lampung Juara Umum Porprov Lampung IX 2022Kota Bandar Lampung keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-IX 2022. (Dok. Pemprov Lampung).

Ketua Umum KONI Provinsi Lampung, M Yusuf Barusman turut menyampaikan, sejatinya Porprov merupakan ajang latihan dan seleksi untuk ajang pertandingan olahraga lebih tinggi lagi, baik ditingkat nasional maupun internasional.

"Kemarin ada usulan dan permintaan dari beberapa Kabupaten/Kota, yang minta Porprov mendatang diselenggarakan di Tulangbawang Barat, nanti kita bawa dalam rapat tahunan KONI untuk dipertimbangkan. Ini sangat baik sekali karena bisa meningkatkan pembinaan dan prestasi olahraga di kabupaten/kota," tandas dia.

Baca Juga: Wali Kota Eva Janji Beri Beasiswa Atlet Raih Medali Porprov 2022

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya