Yes! Pemprov Lampung akan Bangun UMKM Center di PKOR Way Halim

UMKM Center bakal fasilitas 60 UMKM

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mulai merencanakan pembangunan UMKM Center di lingkungan Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim, Kota Bandar Lampung.

Rencana itu merujuk Surat Edaran (SE) Gubernur Lampung Nomor: 5181/0424/04/2022 tertanggal 31 Januari 2022, tentang Dukungan Pembangunan UMKM Center melalui Skema CSR, yang telah diajukan ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

"Ini mendorong tumbuhnya pusat hilirisasi dari produk-produk UMKM berbasis komoditas unggulan Lampung, maka pemprov menginisiasi membangun UMKM Center menjadi pusat promosi, edukasi, dan pemasaran bagi produk-produk UMKM unggulan dari 15 kabupaten/kota," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi, Sabtu (2/6/2022).

Baca Juga: IKM Bakal Topang PAD Terbesar? Ini Kata Pemprov Lampung

1. UMKM Center bertujuan membangkitkan perekonomian

Yes! Pemprov Lampung akan Bangun UMKM Center di PKOR Way HalimAsisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemprov Lampung, Kusnardi. (IDN Times/Istimewa)

Kusnardi melanjutkan, tujuan berdirinya UMKM Center juga untuk mempermudah pembeli mencari pusat oleh-oleh khas Lampung, pusat informasi dan promosi produk-produk unggulan UMKM di Provinsi Lampung. Selain itu, guna membangkitkan usaha produk UMKM sekaligus pemasaran produknya.

"Melalui peran UMKM, sebagai salah satu pelaku ekonomi masyarakat dapat meningkatkan perekonomian daerah dan pendapatan usaha UMKM," katanya.

Tersentralisasinya pemasaran produk UMKM se-Provinsi Lampung juga dapat menimbulkan persaingan produk secara kompetitif, sehingga terjadi peningkatan daya saing bagi pelaku UMKM. "Manfaat adanya UMKM Center adalah, agar produk UMKM dapat dikenal masyarakat luas baik domestik, regional, dan internasional," sambung Kusnardi.

2. Bakal menfasilitasi 60 UMKM

Yes! Pemprov Lampung akan Bangun UMKM Center di PKOR Way HalimPelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Menurut rencana, UMKM Center akan memfasilitasi sebanyak lebih kurang 60 UMKM akan dikurasi dan memenuhi standar yang dibagi dalam beberapa kluster sesuai dengan jenis produk UMKM dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Kusnardi menyebut, kurasi tersebut di antaranya meliputi UMKM produsen kuliner makanan khas Lampung; UMKM produsen kerajinan wastra dan tapis Lampung, beserta produk-produk turunannya; UMKM produsen produk pertanian berbasis komoditi domestik seperti kopi, cokelat, dan lain-lain.

"UMKM Center ini bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas kinerja pengelolaan UMKM, sehingga akan tercipta UMKM yang tangguh, mandiri, dan berdaya saing, serta dapat meningkatkan kualitas produk UMKM yang dibutuhkan oleh pasar," imbuhnya.

3. Alasan penempatan UMKM Center di PKOR Way Halim

Yes! Pemprov Lampung akan Bangun UMKM Center di PKOR Way HalimPemprov) Lampung mulai merencanakan pembangunan UMKM Center di lingkungan Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Kusnardi juga menyampaikan, UMKM Center digadang-gadang akan memberikan kontribusi lebih optimal terhadap penyerapan tenaga kerja, serta kontribuai terhadap peningkatan perekonomian, khusus pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Lampung.

Sementara rencana pembangunan UMKM Center di tanah milik pemerintah pemerintah daerah di PKOR Way Halim. Itu lantaran sangat strategis bersebelahan dengan Jalan Soekarno Hatta dan terkoneksi dengan Pintu Tol Kota Baru.

"Waktu pelaksanaan pembangunan UMKM Center direncanakan selama delapan bulan pada tahun anggaran 2022," tandas dia.

Baca Juga: Pemprov Lampung Aktifkan Call Center 0811-970-5000 Bagi Warga

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya