Viral! Aksi Perempuan Curi Kotak Amal di Bandar Lampung Terekam CCTV

Mengendap-endap masuki ruangan marbot masjid

Bandar Lampung, IDN Times - Aksi pencurian diduga perempuan menggondol isi kotal amal terekam kamera pantau alias CCTV. Kejadian tersebut berlangsung di Masjid Al Iman, Jalan P Morotai, Gang Manunggal, Jagabaya III, Kota Bandar Lampung, Jumat (20/5/2022).

Pantauan IDN Times dari rekaman video CCTV tersebut, terlihat seorang perempuan mengenakan setelan jaket dan celana jeans warna biru lengkap mengenakan hijab hitam, mengendap-endap masuki ruangan marbot masjid, lokasi tempat penyimpanan kotak amal.

Masih dari video viral tersebar media sosial itu, perempuan diperkirakan berusia remaja ini nampak keluar dari pintu ruangan seraya menentang tas kresek warna putih. Itu diduga berisikan uang tunai dari salah satu kotak amal Masjid Al Iman.

1. Pencurian usai jamaah salat Jumat

Viral! Aksi Perempuan Curi Kotak Amal di Bandar Lampung Terekam CCTVHanya beberapa jemaah Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat (IDN Times/Saifullah)

Salah seorang pengurus masjid, Rendi (33) membenarkan rekaman CCTV insiden pencurian kotak amal Masjid Al-Iman. Menurutnya, kejadian itu pascajamaah usai melaksanakan salat Jumat sekitar pukul 01.00 WIB.

Saat kejadian berlangsung, sang marbot juga menuturkan memang sejatinya keadaan ruangan disatroni pencuri dalam keadaan tidak terkunci dan sedikit terbuka.

"Sudah, insiden ini sudah langsung kami laporkan ke Polsek Sukareme. Kami juga sudah dimintai keterangan saat pelaporan," ujarnya, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: PMK Masuk Lampung, Mentan RI: Masyarakat Terpenting Jangan Panik

2. Pencuri diduga remaja perempuan

Viral! Aksi Perempuan Curi Kotak Amal di Bandar Lampung Terekam CCTVTKP aksi pencurian kotak amal di Masjid Al Amin, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Rendi menjelaskan, aksi pencurian itu diperkirakan dilakukan seorang diri, dengan ciri-ciri pencuri diduga seorang remaja perempuan. Itu dapat dilihat sebagaimana rekaman pada CCTV yang memperlihatkan penampakan pelaku.

"Kalau kelihatan dari rekaman CCTV memang pencuri seperti perempuan, tapi bisa saja pria yang sengaja pakai jilbab," imbuhnya.

Terkait jumlah kerugian, Rendi memperkirakan nominal uang dalam kotak amal tersebut ditaksir mencapai sekitar Rp300 ribu. "Kemungkinan pencuri ini sudah menyiapkan alat untuk langsung mencongkel kotak amal, karena memang kuncinya sudah sedikit rusak," sambung dia.

3. Pelaku kemungkinan bukan warga sekitar TKP

Viral! Aksi Perempuan Curi Kotak Amal di Bandar Lampung Terekam CCTVAksi pencurian kotak amal di Masjid Al Amin, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Pascakejadian pencurian setelah melayangkan laporan polisi, pihak pengurus masjid sudah langsung memperbaiki kunci kotak amal rusak tersebut. Namun untuk penanganan mengenai terduga pelaku, itu sepenuhnya diserahkan ke pihak kepolisian.

"Kalau pelakunya ya kita belum tahu, tapi dari rekaman CCTV kemungkinan bukan warga sini. Ya mudah-mudahan saja bisa cepat terungkap," imbuh Rendi.

4. Polisi memastikan pelaku tetap diproses

Viral! Aksi Perempuan Curi Kotak Amal di Bandar Lampung Terekam CCTVKapolsek Sukarame, Kompol Warsito. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kapolsek Sukarame, Kompol Warsito menyatakan, pihaknya telah menerima laporan pencurian kotak amal tersebut dan kini masih menyelidiki kasus untuk mengungkap keberadaan pelaku.

Meski nominal kerugian tidak begitu besar, namun kepolisian memastikan pelaku tetap dapat dikenakan sanksi pidana sesuai Undang-Undang berlaku.

"Ya saat ini sudah lidik. Semua pasti akan kita proses, mudah-mudahan pelaku bisa tertangkap dalam waktu dekat," tandas Kapolsek.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Buntut Penyerang Bersenjata ke SMK BLK

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya