Comscore Tracker

Stok Beras di Lampung Aman hingga Akhir 2022? Ini Kata Bulog

Ikut suplai kebutuhan ke sejumlah provinsi di Sumatra

Bandar Lampung, IDN Times - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Lampung memastikan stok beras untuk wilayah setempat relatif cukup dan aman hingga akhir tahun 2022.

Kepala Perum Bulog Divre Lampung, Etik Yulianti mengatakan, stok beras tersebut kini terhitung mencapai sebanyak 36 ribu ton. Itu seluruhnya terbagi di 13 kompleks gudang penyimpanan Bulog di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

"Stok beras Bulog cukup banyak, semuanya 36 ribu ton yang siap. Itu ada terbagi di 13 kompleks gudang Bulog di Lampung," ujarnya saat dimintai keterangan, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: RUU Sisdiknas 2022 Hapus Bahasa Inggris dari Mapel Wajib, Nasib Guru?

1. Lampung ikut suplai kebutuhan beras di sejumlah provinsi Sumatra

Stok Beras di Lampung Aman hingga Akhir 2022? Ini Kata BulogANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Etik melanjutkan, stok beras Bulog setempat bahkan masih bisa menopang suplai kebutuhan sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, terkecuali di Aceh. Oleh karena itu, pihaknya juga belum ada rencana untuk mendatangkan beras dari luar pulau maupun impor.

Lebih dari itu, Bulog Divre Lampung juga siap mengadakan operasi pasar beras murah, bila diminta langsung oleh kementerian-kementerian terkait.

"Ya, dikarenakan memang stok beras kita lebih dari cukup. Kita juga siap untuk menghendaki Operasi Pasar sebagaimana disampaikan pak Mendag kemarin," ucapnya.

2. Harga beli dari petani kini tergolong tinggi

Stok Beras di Lampung Aman hingga Akhir 2022? Ini Kata BulogIlustrasi petani. (Dok. Pixabay)

Etik turut mengamini, harga beras sempat mengalami kenaikan hingga pembelian pemerintah cukup tinggi. Menurutnya, kondisi tersebut sudah cukup baik dikarenakan harga beli dari petani tinggi.

"Bulog sendiri mau menyerap dengan harga yang sekarang kesulitan, karena harga dari pemerintah untuk gabah saat ini 5.650 rupiah. Sementara gabah kering giling petani mencapai 6.000-6.100. Jadi sekarang ini aman," terangnya.

3. Zulhas minta Bulog laksanakan Operasi Pasar Murah

Stok Beras di Lampung Aman hingga Akhir 2022? Ini Kata BulogAnggota KOPTI Lampung mengeluhkan pembatasan distribusi hingga teknis alokasi kedelai bersubsidi di hadapan Mendag Zulhas. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terkait kepastian ini, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan saat kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada akhir pekan lalu, telah mengingatkan agar pasokan agar harga beras di wilayah setempat bisa tetap aman dan stabil.

Zulhas, sapaan akrabnya, telah meminta Bulog Divre Lampung dapat mendukung kebutuhan pokok masyarakat dengan melaksanakan Operasi Pasar Murah di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

"Bulog mana, saya minta ditolong ya Bu Etik (Kepala Perum Bulog Divre Lampung), ini masyarakat dibantu buat dapat beras murah," tandas dia.

Baca Juga: Realisasi Kedelai Subsidi Bulog Lampung Masih Minim, Hanya 41 Persen! 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya