Soroti Pembangunan Pertanian, Gubernur Arinal: Jangan Program Rutinitas

Diharapkan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung 2021, sebagai langkah awal proses perencanaan pembangunan sektor pangan pada program kegiatan 2022.

Arinal meminta, seluruh instansi provinsi hingga kabupaten/kota dapat mengikuti dengan baik. Sehingga ke depannya, sektor pertanian khususnya sub sektor ketahanan pangan, tanaman pangan dan hortikultura, dapat bermanfaat lebih baik.

"Tolong kita semua dapat mematuhi dan menguasai agar musyawarah pembangunan di sektor pertanian, dapat bermanfaat lebih baik lagi. Saya berharap, di sini kita bisa menuangkan keinginan dalam artian, mementingkan kebutuhan masyarakat. Jangan hanya melakukan program yang bersifat rutinitas,” ujar Arinal, di Ballroom Hotel Novotel Lampung, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Pejabat Danrem 043/Gatam Berganti, Gubernur Lampung Utarakan Harapan

1. Sektor pertanian dimandatkan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat

Soroti Pembangunan Pertanian, Gubernur Arinal: Jangan Program RutinitasPexels.com/Maria Orlova

Arinal menjelaskan, sektor pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura dimandatkan, untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara umum. "Merujuk, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Lampung 2005-2025

tu telah kita amanatkan untuk mewujudkan kemandirian produksi pangan," ucapnya.

Ia juga minta jajaran pertanian mengoptimalkan keunggulan dan kompetitif pertanian Lampung, untuk kesejahteraan masyarakat. Mengingat, Sai Bumi Ruwa Jurai memiliki banyak potensi mulai dari geostrategis, demografis, dan kekayaan alam.

"Segala keunggulan ini harus dapat dimanfaatkan secara baik dan dioptimalkan menjadi keunggulan kompetitif, untuk kesejahteraan masyarakat Lampung,” imbuh Arinal.

2. Serius indentifikasi permasalahan

Soroti Pembangunan Pertanian, Gubernur Arinal: Jangan Program RutinitasMusrenbangtan Provinsi Lampung (IDN Times/Istimewa)

Arinal berharap, semua pihak dapat lebih serius mengidentifikasi permasalahan dan upaya pemecahan, dengan memanfaatkan peluang serta lebih fokus melaksanakan kegiatan.

"Jadi, ini kita bisa dilakukan pada tahun-tahun mendatang," tukasnya.

3. Rangkaian awal siklus perencanaan dan penyusunan program kegiatan untuk Tahun Anggaran 2022

Soroti Pembangunan Pertanian, Gubernur Arinal: Jangan Program RutinitasMusrenbangtan Provinsi Lampung (IDN Times/Istimewa)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kusnardi, menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian awal siklus perencanaan dan penyusunan program dan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2022.

Menurutnya, giat tersebut bertujuan mengsinkronisasikan dan mengharmonisasi, serta memastikan target sasaran yang direncanakan secara strategis oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura.

"Kita berharap semua ini bisa tercapai. Tentunya, itu dapat terwujud dengan sinergi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota," tandas Kusnardi.

Baca Juga: ASN Terjerat Korupsi dan Penipuan, Gubernur Lampung: Tak Ada Ampunan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya