Sertijab Rektor ITERA, Aksi Prof Pugeg Naik Podium Beri Gelas dan Air

Kemendikbud Ristek: Bentuk pemimpin melayani

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi berganti kepemimpinan. Kampus berada di antara wilayah Kabupaten Lampung Selatan tersebut kini dipimpin Rektor Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha.

Prof Pugeg menggantikan Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU habis masa jabatannya. Peresmian kepemimpinan tersebut ditandatangani penandatanganan Draf Berita Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) periode 2022-2026 di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU), Rabu (6/7/2022).

Dalam acara sertijab tersebut terselip momen menarik, itu saat Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Kemendikbud Ristek RI, Mustangimah tengah menyampaikan sambutan dan seketika terhenti lantaran tersedak batuk. Melihat hal tersebut, sontak Prof Pugeg menghampiri ke atas podium seraya membawakan gelas dan sebotol air.

Aksi sang rektor tersebut sontak disambut riuh tupuk tangan para audiens seisi gedung seakan terkejut melihat kesigapan Prof Pugeg kala melihat Karo Mustangimah kesulitan menyampaikan sambutan.

"Terima kasih pak rektor atas airnya, ini bentuk cantoh pemimpin yang melayani," ujar Mustangimah, seraya tersenyum sebelum kembali melanjutkan sambutan pidatonya.

Baca Juga: Cerita Dosen ITERA Bangun PLTS di Desa Terpencil Tanggamus Lampung  

1. Rektor Prof Pugeg akan langsung membangun komunikasi intens dan evaluasi kegiatan akademik

Sertijab Rektor ITERA, Aksi Prof Pugeg Naik Podium Beri Gelas dan AirRektor ITERA Prof I Nyoman Pugeg. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Prof Pugeg mengatakan, jabatan sebagai Rektor ITERA merupakan amanat sekaligus tanggungjawab besar. Terlebih program-program kebaikan telah diwariskan para pendahulu harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan dengan keguyuban dan etos kerja tinggi antar civitas kampus.

Maka dari itu, ia menyebut sudah langsung bekerja untuk menunjukkan komitmen membangun ITERA. Dalam waktu dekat akan langsung membangun komunikasi Intens dan koordinasi serta evaluasi terhadap seluruh kegiatan akademik kampus.

"Jadi saya akan langsung memetakan apa yang terjadi, yang positif akan kami teruskan dan yang kurang akan kami benahi. Selanjutnya akan disusul penyusunan program jangka pendek, menengah, dan panjang," katanya, saat konferensi pers.

2. Peningkatan akreditasi menjadi pekerjaan rumah dalam waktu dekat

Sertijab Rektor ITERA, Aksi Prof Pugeg Naik Podium Beri Gelas dan AirInstitut Teknologi Sumatera. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sebagai langkah menjaga kualitas dan kuantitas ITERA, I Pugeg juga menyampaikan, pihaknya akan menggerakkan langkah-langkah kreatifitas dan inovatifitas dalam peningkatan akreditasi pada tiap Program Studi (Prodi) baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Saat ini masih rata-rata, kalau diabjadkan (prodi) B. Kita ingin memaksimalkan baik akreditasi nasional dan internasional. Di situ, dengan adanya kriteria-kriteria yang harus dicapai dalam pengukuran tingkat kinerja masing-masing intansi harus kita penuhi dengan strategi Inovatif dan kreatif," katanya.

Menurut Prof Pugeg, upaya ini diyakini akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya menuntut ilmu di ITERA. "Ini bisa menjamin masyarakat kita bisa menghasilkan inovasi, sebagai solusi memecahkan permasalahan-permasalahan bangsa baik lokal maupun nasional," sambung dia.

3. Ucapan selamat datang dari rektor lama ke rektor baru

Sertijab Rektor ITERA, Aksi Prof Pugeg Naik Podium Beri Gelas dan AirPenandatanganan berita acara Sertijab Rektor ITERA. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Mantan Rektor Prof Mitra turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, atas tiap dukungan dan kerjasama selama menjabat rektor periode 2021-2022, untuk sama-sama mendukung ITERA menjadi perguruan tinggi unggul dalam dunia pendidikan.

"Berkat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas selama ini kita lakukan, ITERA dapat terus maju sebagai perguruan tinggi yang bisa menghasilkan lulusan berkompeten dan siap bekerja serta bersaing," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Prof Mitra turut meminta maaf bila semasa kepemimpinannya terdapat kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. "Atas nama civitas akademika, saya mengucapkan selamat kepada Prof Pugeg sebagai rektor ITERA 2022-2026. Selamat bertugas," lanjutan dia.

4. Perkembangan pesat ITERA sejak 2015

Sertijab Rektor ITERA, Aksi Prof Pugeg Naik Podium Beri Gelas dan AirKegiatan sertijab Rektor ITERA. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Kemendikbud Ristek RI, Mustangimah menambahkan, ITERA tergolong perguruan tinggi baru sejak mulai beroperasi di 2015. Namun harus diakui memiliki perkembangan amat pesat. Sebagai bukti, ITERA kini memiliki sebanyak 41 prodi.

Selain itu, ITERA juga telah memperlihatkan standar nasional tinggi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021.

"Semua upaya dilakukan rektor nantinya harus mengacu pada terpenuhinya standar pendidikan tinggi dan merupakan standar nasional hingga diharapkan mencapai standar internasional," tandas dia.

Baca Juga: Prof I Nyoman Pugeg Aryantha Sah Rektor ITERA, Ini Pesan Mas Nadiem 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya