Comscore Tracker

Pojok Dekranasda Sajikan Produk Unggulan Perajin dan UMKM Lampung

Bazar kuliner dan musik jalanan digelar Sabtu dan Minggu

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung resmi meluncurkan Pojok Dekranasda. Program itu bertujuan memberikan ruang kepada perajin dan UMKM Lampung menampilkan produk unggulan, pemasaran produksi kerajinan, hingga menjadi ajang promosi

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, mengatakan, peluncuran Pojok Dekranasda diharapkan mendukung kebangkitan perekonomian Provinsi Lampung, yang berjalan tidak cukup baik di tengah pandemik COVID-19.

"Pojok Dekranasda diharapkan mampu mengatasi permasalah perajin mengalami kesulitan pemasaran, dikarenakan pembatasan perjalanan wisata dan pembatasan kegiatan masyarakat saat ini," ujarnya, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: Gubernur Arinal Siap Perjuangkan Tapis Lampung Diterima Internasional

1. Bazar Kuliner UMKM dan musik jalanan akan ada Jumat dan Sabtu

Pojok Dekranasda Sajikan Produk Unggulan Perajin dan UMKM LampungPemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung resmi meluncurkan 'Pojok Dekranasda'. (IDN Times/Istimewa

Guna meningkatkan roda perekonomian provinsi setempat, Riana menjelaskan, kegiatan Pojok Bazar Kuliner UMKM dan musik jalanan juga akan digelar setiap Jumat dan Sabtu. Lokasinya di halaman kantor Dekranasda Provinsi Lampung dimulai pada pukul 15.00 WIB - 21.00 WIB.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan-kegiatan telah digelar oleh Dekranasda Provinsi Lampung", ucapnya.

Selain itu, ia turut mendorong masyarakat untuk lebih mencintai dan membeli produk-produk dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. "Ini sebagaimana telah dilaunching Pak Gubernur pada kesempatan 17 Maret 2022 kemarin," lanjut Riana.

2. Destinasi Wisata Bakauheni harus dimanfaatkan pelaku UMKM

Pojok Dekranasda Sajikan Produk Unggulan Perajin dan UMKM LampungPemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung resmi meluncurkan 'Pojok Dekranasda'. (IDN Times/Istimewa

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dekranasda Provinsi Lampung telah menginisiasi kegiatan-kegiatan mendukung pemerintah daerah, dalam upaya menggerakkan roda perekonomian semisal Pojok Dekranasda.

"Kegiatan semacam ini inovatif dan harus dikembangkan secara terus menerus. Saya juga akan membangun Destinasi Wisata di Bakauheni, diharapkan dapat menjadi sarana pemasaran produk-produk perajin dan UMKM di Lampung," katanya.

Gubernur juga mengapresiasi para pelaku usaha dan UMKM telah berjuang dan bekerja maksimal, serta turut berperan serta aktif menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Lampung. "Kemampuan perajin dan UMKM harus ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan," sambung Arinal.

3. Pentingnya peningkatan kualitas dan kapasitas produk

Pojok Dekranasda Sajikan Produk Unggulan Perajin dan UMKM LampungPemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung resmi meluncurkan 'Pojok Dekranasda'. (IDN Times/Istimewa

Gubernur menambahkan, Dekranasda bersama-sama dengan pemerintah daerah akan terus berupaya meningkatkan daya saing dan peningkatan kualitas serta kapasitas produk-produk perajin dan UMKM di Provinsi Lampung.

Disela kegiatan peluncuran turut dilakukan penandatanganan prasasti baju adat Lampung, sebelumnya telah dikenakan oleh Presiden Republik Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke 76.

"Tentunya peningkatan-peningkatan tersebut juga harus tak luput dari peningkatan kemampuan pada sumber daya manusia (SDM) masing-masing," tandas Arinal.

Baca Juga: Dekranasda Jajaki Kirim Desainer Muda Lampung Pelatihan BBLK Semarang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya