Pemprov Lampung akan Punya Kapal Eksekutif Layani Rute Bakauheni-Merak

Hasil MoU BUMD dengan PT Damai Lautan Nusantara

Intinya Sih...

  • Pemprov Lampung akan memiliki kapal eksekutif untuk rute Pelabuhan Bakauheni - Pelabuhan Merak.
  • Kerjasama antara BUMD Lampung dan PT Damai Lautan Nusantara bertujuan memberikan pelayanan penyeberangan yang baik kepada masyarakat.
  • Kapal akan diserahkan kepada Pemprov Lampung setelah 20 tahun operasi, sementara BUMD akan belajar dalam manajemen pengelolaan kapal.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan memiliki kapal penyeberangan melayani rute penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung - Pelabuhan Merak, Banten dengan tipe Kapal Eksekutif.

Perencanaan ini ditandai penandatanganan nota kesepakatan antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Lampung PT Lampung Jasa Utama dengan PT Damai Lautan Nusantara.

"Alhamdulillahnya kapal pemerintah daerah ini nantinya yang akan kita kelola adalah jenis eksekutif," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut, Sabtu (23/12/2023). 

Baca Juga: Ribuan Penumpang Bandara Radin Inten Melintas di Awal Periode Nataru

1. Melayani angkutan penyeberangan Bakauheni - Merak (PP)

Pemprov Lampung akan Punya Kapal Eksekutif Layani Rute Bakauheni-MerakPenampakan sketsa kapal Pemprov Lampung. (DOK. Pemprov Lampung).

Melalui rencana tersebut, Arinal mengatakan, keputusan ini menjadi langkah awal pemerintah daerah bisa ikut andil berkontribusi pada sektor penyeberangan di wilayah Lampung, dengan pelayanan angkutan penyeberangan Bakauheni - Merak (PP).

"Diharapkan kita bisa belajar bisnis di bidang angkutan penyeberangan, tentunya ikut berperan memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelas gubernur.

2. Kepemilikan penuh setelah beroperasi selama 20 tahun dengan sistem BOT

Pemprov Lampung akan Punya Kapal Eksekutif Layani Rute Bakauheni-MerakGubernur Lampung, Arinal Djunaidi. (Dok. Pemprov Lampung).

Arinal juga memaparkan, melalui kerja sama ini kapal akan dipergunakan akan dibangun sesuai dengan dermaga. Kemudian setelah beroperasi selama 20 tahun dengan sistem BOT (Build - Operate - Transfer), maka kapal akan diserahkan sepenuhnya kepada Pemprov Lampung.

Selain itu, kerjasama juga akan dilakukan transfer ilmu pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan mengikutsertakan BUMD di dalam manajemen pengelolaan kapal eksekutif tersebut.

"Jadi nanti BUMD Provinsi Lampung dapat belajar secara profesional dalam mengelola manajemen kapal hingga perawatannya," ucapnya.

3. Nota kesepakatan menyetujui kerjasama investasi dan pengoperasian kapal hingga usaha di bidang kepelabuhanan

Pemprov Lampung akan Punya Kapal Eksekutif Layani Rute Bakauheni-MerakPenandatanganan nota kesepakatan antara BUMD Provinsi Lampung PT Lampung Jasa Utama dengan PT Damai Lautan Nusantara. (Dok. Pemprov Lampung).

Diketahui, dalam penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Lampung Jasa Utama Arie Sarjono Idris dan Direksi PT Damai Lautan Nusantara, Charda Damanik.

Nota kesepakatan dalam rangka menyetujui kerja sama investasi dan pengoperasian kapal penyeberangan di dermaga eksekutif lintas Bakauheni - Merak, serta usaha di bidang pengembangan kepelabuhanan.

Baca Juga: Miris! 204.329 Ekor Burung Sumatra Diselundupkan Melalui Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya