Lampung Dapat Vaksin AstraZeneca, Dinkes: untuk TNI

Provinsi Lampung dapat 1.900 dosis vaksin AstraZeneca

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menerima distribusi vaksin AstraZeneca sebanyak 190 vial atau 1.900 dosis. Vaksin COVID-19 itu, menurut rencana bakal dialokasikan untuk personel TNI di Lampung.

Kasi Obat Perbekalan Kesehatan UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Kesehatan Dinkes Provinsi Lampung, Kurota Aini membenarkan, salah satu jenis vaksin COVID-19 tersebut tiba di Lampung pada Kamis malam (6/5/2021).

"Iya sejauh ini, instruksi yang kita terima, vaksin AstraZeneca masih untuk anggota TNI," ujarnya, saat dikonfirmasi IDN TImes, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Kapan Vaksin Astrazeneca Masuk Bandar Lampung? Ini Kata Kadinkes

1. Dinkes belum bisa pastikan, kapan ada alokasikan vaksin AstraZeneca untuk masyarakat umum

Lampung Dapat Vaksin AstraZeneca, Dinkes: untuk TNIVaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sejauh ini, kata Kurota, Dinkes Provinsi Lampung belum bisa memastikan apakah ada alokasi vaksin AstraZeneca bagi masyarakat umum di Provinsi Lampung.

"Tapi kalau kita lihat di Provinsi Kepulauan Riau, AstraZeneca juga diberikan untuk Dinkes. Artinya, ya diberikan untuk pelayan publik, sebab saat ini vaksin masih tahap dua," imbuh dia.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa vaksin yang baru tiba di Gudang PT Merapi Kompleks Pergudangan Jalan Tembesu 2, Kelurahan Campang Raya, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung pada Jumat (7/5/2021) dini hari, merupakan vaksin jenis Sinovac. "Tapi sampai sekarang, yang ke Dinas masih Sinovac," katanya.

2. Vaksin COVID-19 merupakan objek sangat berharga

Lampung Dapat Vaksin AstraZeneca, Dinkes: untuk TNIDistribusi vaksin (Instagram/@satbrimobda_lampung)

Di samping itu, Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung tergabung dalam Satgas Pam Wal Vaksin COVID-19 telah melaksanakan pengamanan dan pengawalan pendistribusian vaksin COVID-19 AstraZaneca dari Gudang Farmasi Kimia Farma, menuju Kotamadya Metro dan Kabupaten Lampung Timur.

Dansat Brimob Polda Lampung, Kombes Pol R Kasero Manggolo mengatakan, pihaknya mendapat tugas mengamankan dan mengawal pendistribusian vaksin COVID-19 AstraZeneca kali ini merupakan bentuk keamanan terhadap objek sangat berharga sebab berkaitan dengan keselamatan ribuan nyawa manusia.

"Kita memastikan vaksin bisa benar-benar dalam keadaan aman, terhadap ancaman sabotase yang akan menggagalkan program vaksinasi, maupun teror terhadap rombongan pengawalan vaksin," jelas Kasero.

3. Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung juga kawal distribusi vaksin Sinovac

Lampung Dapat Vaksin AstraZeneca, Dinkes: untuk TNIPendistribusian vaksin COVID-19 (Instagram/@satbrimobda_lampung)

Selain vaksin AstraZeneca, terbaru Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung juga mengawal distribusi vaksin Sinovac dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju Gudang PT Merapi Kompleks Pergudangan Kota Bandar Lampung dan ke perbatasan Lampung-Palembang di KM 234 Tol Sumatra pada Jumat (7/5/2021) dini hari. 

"Pengamanan dan Pengawalan jalannya pendistribusian vaksin COVID-19 di wilayah Sumatra, melalui jalur darat sebagai protap awal dalam setiap pelaksanaan pengamanan," kata Kasero.

Baca Juga: Lampung Dapat Tambahan Vaksin Sinovac Tahap II, Ini Jumlahnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya