Komika Lampung Diduga Hina Nabi Saat Kampanye Anies, Ini yang Terjadi

Sang komika akhirnya lakukan ini

Bandar Lampung, IDN Times - Komika asal Lampung Aulia Rakhman menuai sorotan membawakan materi stand up comedy diduga menghina nama Nabi Muhammad SAW. Video penampilannya dalam acara ‘Desak Anies’ di Bandar Lampung ini viral dan ramai dibahas di media sosial (medos).

Aulia Rakhman diketahui menjadi salah satu penampil di kegiatan kampanye Anies Baswedan bertajuk 'Desak Anies' di Kafe Bento Kopi Lampung, Kamis (7/12/2023). Di acara itu, ia berkesempatan open mic sebelum Anies Baswedan tiba di lokasi untuk melakukan diskusi berkonsep dua arah tersebut.

Dalam video diterima IDN Times, nampak komika Aulia mengenakan kemeja lengan panjang cokelat tua memegang mic serya berdiri di tengah-tengah forum duduk secara melingkar. Ia melemparkan isi materinya ke pengunjung di lokasi setempat.

1. Sebut nama Nabi Muhammad SAW dalam materi stand up

Komika Lampung Diduga Hina Nabi Saat Kampanye Anies, Ini yang TerjadiTangkap layar penyampaian materi stand up Komika Aulia Rakhman singgung Nabi Muhammad. (TikTok/@mudeedoo).

Masih dari potongan video viral berdurasi 30 detik diunggah akun TikTok @mudeedoo tersebut, dugaan hina nama Nabi Muhammad SAW itu dilontarkan Aulia di salah satu bit materi stand up-nya.

"Sebenernya arti nama Aulia itu bagus ya, pemimpin, sahabat, orang yang dicintai gitu. Cuma sekarang ini apasih arti nama, kaya penting aja gitu ya," ucapnya mengawali bit materi tersebut.

"Coba lo cek penjara, ada beberapa nama yang namanya Muhammad di penjara. Kaya penting aja nama Muhammad sekarang ya, udah di penjara semua tuh," sambung Aulia.

2. Materi Aulia sudah menyinggung perasaan umat Islam

Komika Lampung Diduga Hina Nabi Saat Kampanye Anies, Ini yang TerjadiKetua FKPP Bandar Lampung dan pemilik Yayasan Ponpes Yatim Piatu dan Tahfidzul Qur’an Riyadhus Sholihin, Ismail Zulkarnain. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menyoal kemunculan video viral tersebut, Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Provinsi Lampung, Ustaz Ismail Zulkarnain angkat bicara dan mengecam isi materi komika Aulia Rakhman telah menyinggung hingga menghina nama Nabi Muhammad SAW.

"Si pelaku bicaranya tidak berpikir secara jernih. Nama-nama yang berbau doa dengan Islam itu dianggapnya sama. Dia anggap ini bahan lelucon," kecam salah satu tokoh agama di Bandar Lampung tersebut.

Menurutnya, para pemilik nama Muhammad jelas tidak bisa diposisikan sama dengan Nabi Muhammad SAW telah menjadi keyakinan sekaligus panutan umat beragama Islam. "Ini sudah sungguh-sungguh menyinggung perasaan ummat Islam," tambah Ustaz Ismail.

Baca Juga: KPU Lampung Target Distribusi Logistik Pemilu 2024 Rampung Akhir 2023

3. Tak benarkan bahan lelucon menyerang pribadi orang hingga menyinggung agama

Komika Lampung Diduga Hina Nabi Saat Kampanye Anies, Ini yang TerjadiTangkap layar penyampaian materi stand up Komika Aulia Rakhman singgung Nabi Muhammad. (TikTok/@mudeedoo).

Menurut Ismail, sejatinya bahan materi stand up ataupun lawakan akan tetap lucu, itu tanpa menyinggung maupun menyerang etnis tertentu, pribadi orang lain, maupun menyinggung persoalan agama. Hal demikian seperti telah dipraktikan komedian senior Warkop DKI Indro Cs.

"Iya kemarin katanya sudah minta maaf, tapi ya tetap, tidak bolehlah seperti itu (penyampaian materi stand up Aulia)," tandas pendiri Ponpes Yatim Piatu dan Dhuafa Tahfidzul Qur'an Riyadhus Sholihin tersebut.

4. Sindir orang bernama Muhammad tidak cerminkan arti perilaku baik

Komika Lampung Diduga Hina Nabi Saat Kampanye Anies, Ini yang TerjadiTangkap layar video klarifikasi komika Aulia Rakhman. (Instagram/@auliarakhman09).

Pascamenuai soratan publik, komika Aulia Rakhman menyampaikan klarifikasinya atas polemik materi stand up tersebut. Menurutnya, isi materi itu sama sekali tidak bermaksud menyinggung Nabi Muhammad SAW. Kendati ditujukan menyindir orang-orang bernama Muhammad, namun tidak mencerminkan perilaku baik sebagaimana arti nama tersebut.

Meski demikian, ia amat menyesali perbuatan dan penyampaian isi materi stand up, sebagaimana video telah beredar luas di medsos saat mengisi dan menjadi penampil dalam acara Desak Anies.

"Saya menyesali perbuatan saya, menyesali apa yang sudah saya sampaikan di acara tersebut. Saya mohon maaf kepada umat Islam secara keseluruhan dan umat beragama lainnya," ujarnya dalam klarifikasinya melalui akun Instagram @auliarakhman90.

5. Sampaikan permohonan maaf, tidak bertujuan hina Muhammad dan nistakan agama

Komika Lampung Diduga Hina Nabi Saat Kampanye Anies, Ini yang TerjadiKomika Aulia Rakhman. (Instagram/@auliarakhman09).

Dalam materi stand up itu, Aulia menegaskan sama sekali tidak memiliki tujuan maupun maksud menghina Nabi Muhammad. Apalagi menistakan agama Islam.

"Saya mohon maaf, saya menyesali perbuatan saya, saya menyadari kesalahan saya. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada umat Islam, umat beragama lainnya, dan kepada semua yang mencintai Nabi Muhammad SAW. Terima kasih, mohon maaf yang sebesar-besarnya," akhir Aulia dalam unggahan video klarifikasi tersebut.

Baca Juga: 10 Ribu Warga Lampung Dinyatakan Orang dengan HIV, 1.609 Positif AIDS!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya