Comscore Tracker

Ke Lampung, Erick Thohir Diberi Gelar Adat dan Diangkat Adik Zulhas

Gelar kehormatan dari masyarakat adat Lampung marga Dantaran

Lampung Selatan, IDN Times - Kunjungan kerja Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir ke Provinsi Lampung menyisakan cerita menarik. Itu lantaran Erick dianugerahi gelar adat kehormatan oleh masyarakat adat Lampung marga Dantaran dengan sebutan, Khadin Bangsawan.

Atas pemberian gelar tersebut, Erick Thohir diangkat sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran, sekaligus dinobatkan sebagai salah satu bangsawan adat setempat.

"Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan. Apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul (Zulkifli Hasan) dengan gelar Batin Eka Perkasa," kata Erick, dalam keterangannya saat menghadiri Acara Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran di SMA Kebangsaan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Ajak Millenials Lampung Bikin Startup dan Jadi Orang Kaya

1. Erick Thohir juga diangkat adik oleh Zulhas

Ke Lampung, Erick Thohir Diberi Gelar Adat dan Diangkat Adik ZulhasPemberian gelar adat kepada Erick Thohir dari masyarakat Dantaran (IDN Times/Istimewa)

Prosesi pemberian adat atau gelar dari Adat Marga Dantaran kepada Erick Thohir sudah dilakukan sesuai berdasarkan tata tertib Adat Lampung Sai Batin, sebagai tanda ikatan tali persaudaran lahir dan batin.

Dalam prosesnya, Erick dan Zulkifli Hasan (Zulhas) juga melaksanakan seakkonan (pengangkatan kerabat), dengan demikian keduanya kini berstatus sebagai kakak dan adik secara sah secara di mata adat.

2. Perkembangan pembangunan sejalan dengan adat dan budaya

Ke Lampung, Erick Thohir Diberi Gelar Adat dan Diangkat Adik Zulhas(Menteri BUMN Erick Thohir) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Erick mengaku bersyukur dan bahagia, atas pengangkatan dan pemberian gelar ini. Selain itu, ia menambahkan, sudah selayaknya adat dan budaya menjadi visi terhadap semua elemen bangsa, terutama visi dalam mengerjakan pembangunan.

"Kita tidak ingin Indonesia maju, tetapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya,” pungkasnya.

Di samping itu, Zulhas menyebut, kegiatan ini bukan hanya semata seremoni. Namun, itu sekaligus mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan budaya di Tanah Air.

"Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan bersama, karena bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita," ucap Ketua Umum PAN tersebut.

3. Bentuk mempertahankan budaya daerah di era arus globalisasi

Ke Lampung, Erick Thohir Diberi Gelar Adat dan Diangkat Adik ZulhasWakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa (IDN Times/Istimewa)

Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa ikut mengapresasi dan mendukung kegiatan Adat tersebut.

Menurut dia, ini merupakan salah satu cara mempertahankan budaya daerah ditengah kencangnya arus globalisasi, yang coba menggerus dan mengancam eksistensi adat budaya, khususnya di kabupaten setempat.

“Kepada Wakil Ketua MPR Bapak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN Erick Thohir, semoga pengangkatan beliau berdua sebagai kerabat keadatan marga Dantaran, akan menambah khazanah kekayaan budaya kita yang ada di Lampug Selatan,” tandas dia.

Baca Juga: Erick Thohir Tinjau Langsung Perajin Tapis di Lampung, Beri Tiga Tips

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya