Jokowi Jadwalkan Pembangunan Fasilitas RSUD Bob Bazar September 2024

Salurkan bantuan pompa air sawah

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi akan memulai pembangunan penambahan fasilitas di RSUD Bob Bazar Kalianda, Lampung Selatan pada September 2024.
  • Penambahan fasilitas ini untuk persiapan penempatan bantuan alat kesehatan (Alkes) di ruangan cathlab, mammogram, dan CT Scan.
  • Jokowi juga memberikan bantuan pompa air sawah kepada petani di Lampung Selatan untuk menjaga produksi pertanian selama musim kemarau panjang dan gelombang panas.

Lampung Selatan, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo menjadwalkan pembangunan penambahan fasilitas di RSUD Bob Bazar Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan dimulai September 2024.

Jokowi mengatakan, pembangunan ini diperuntukkan dalam rangka persiapan penempatan sejumlah bantuan alat kesehatan (Alkes) bakal alokasikan di ruangan cathlab, mammogram, hingga CT Scan.

"Ya, yang saya lihat tadi nanti akan dimulai sampai di Lampung Selatan September ini sampai tahun depan," ujarnya dimintai keterangan usai memberikan bantuan pompa air sawah tadah hujan kepada petani di persawahan Desa Mandala Sari, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga: Tiba di Lampung, Jokowi Awali Kunjungan Tinjau RSUD Bob Bazar Kalianda

1. Instruksikan pemerintah daerah tindaklanjuti bantuan untuk RSUD Bob Bazar

Jokowi Jadwalkan Pembangunan Fasilitas RSUD Bob Bazar September 2024Presiden Jokowi diwawancarai usai memberikan bantuan pompa air di persawahan Desa Mandala Sari, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, Kamis (11/7/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam rangka penyaluran bantuan untuk RSUD Bob Bazar tersebut, Jokowi turut menginstruksikan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Pj Gubernur Lampung Samsudin untuk menindaklanjuti arahannya, sehingga kesiapan ruangan bantuan alkes dapat segera terwujud.

"Kita ingin mengirimkan alkes-alkes besar yang memerlukan ruangan persiapan listrik baik, untuk cathlab dan mammogram juga disiapkan oleh daerah," ucapnya.

2. Bantuan pompa air jaga produksi pangan

Jokowi Jadwalkan Pembangunan Fasilitas RSUD Bob Bazar September 2024Kunjungan Presiden Jokowi ke RSUD Bob Bazar, Lampung Selatan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ihwal bantuan pompa air sawah, Jokowi menyebut, ini sebagai antisipasi menjaga produksi sektor pertanian di Lampung agar tidak turun saat terjadi musim kemarau panjang hingga gelombang panas.

Pasalnya, sejumlah negara saat ini tengah terkendala produksi pada sektor pangan akibat gelombang panas dan musim kemarau hingga kekeringan panjang.

"Saya lihat di sini karena irigasinya baik, jadi kita tarik airnya dari irigasi lebih rendah masuk ke dalam irigasi sekunder tersier, untuk bisa lari ke sawah," ucapnya.

3. Harapkan produksi pertanian Lampung meningkat

Jokowi Jadwalkan Pembangunan Fasilitas RSUD Bob Bazar September 2024Petani, mahasiswa, dan TNI mengembangkan lahan pertanian di Papua Selatan, Merauke. (dok. Kementan)

Jokowi menambahkan, bantuan pompa air sawah ini dapat meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Lampung Selatan, khususnya di Provinsi Lampung.

"Kita harapkan yang biasanya tanam panen sekali bisa dua kali dan yang sudah dua kali bisa tiga kali, harapannya," tandas presiden.

Baca Juga: 2.013 Personel Dikerahkan Pengamanan Kunjungan Jokowi ke Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya