ITERA Yakin Peralihan Status Satker ke BLU Terealisasi Awal 2024

BLU diyakini punya fleksibilitas pengelolaan anggaran

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menargetkan peralihan status pengelolaan administrasi keuangan perguruan tinggi dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU) terealisasi awal 2024.

Rektor ITERA, Prof I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan, proses peralihan status tersebut telah mendapatkan sinyal positif dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Dalam waktu dekat insyaAllah doakan, status secara administrasi keuangan ITERA akan berhijrah ke status Badan Layanan Umum. Kemarin kita sudah dievaluasi (Kemendikbud Ristek), sudah memberikan isyarat. InsyaAllah semua akan berjalan dengan baik didukung semuanya," ujar I Nyoman, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Mahasiswa ITERA Dituntut Kreatif Memulai Bisnis Startup Digital

1. Kementerian nyatakan syarat BLU ITERA sudah lengkap

ITERA Yakin Peralihan Status Satker ke BLU Terealisasi Awal 2024Rektor ITERA periode 2022-2026, Prof I Nyoman Pugeg Aryantha. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Seiring kabar baik tersebut, I Nyoman optimis status BLU terhadap perguruan tinggi ITERA bisa terealisasi secara resmi pada awal 2024. Apalagi, semua persyaratan dalam proses peralihan telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari sudah dinyatakan lengkap oleh kementerian terkait.

Belum lagi ditambah dukungan secara komitmen maupun finansial dari pemerintah, untuk menyegerakan perguruan tinggi masih berstatus Satker menjadi BLU.

"Restui atau resminya peralihan ini dari pihak kementerian, kita mengikuti time frame yang sudah dijadwalkan oleh pusat, kemungkinan besar di awal tahun depan. Mudah-mudahan sudah ada kabar pemberian status BLU," terangnya.

2. BLU miliki fleksibilitas pengelolaan anggaran

ITERA Yakin Peralihan Status Satker ke BLU Terealisasi Awal 2024Ilustrasi anggaran (ladypinem.com)

Menurut I Nyoman, status BLU, ITERA bisa lebih cepat mewujudkan sederet capaian cita-cita besar kampus. Itu dikarenakan dengan status BLU, ITERA memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran.

Pandangan ini dikatakan cukup realistis di era pendanaan merupakan faktor utama sangat signifikan. Itu guna menentukan keberhasilan dalam menjalankan program dan proses tata kelola pendidikan berkualitas.

“Dengan funding yang kuat kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan, hingga kesejahteraan pegawai,” imbuhnya.

3. Diyakini dorong ITERA lebih kreatif mencari sumber pendanaan

ITERA Yakin Peralihan Status Satker ke BLU Terealisasi Awal 2024Gedung Lab. Teknik ITERA. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

I Nyoman menambahkan, status BLU juga diharapkan mendorong ITERA lebih kreatif mencari sumber pendanaan dan dalam merealisasikan program. Oleh karena itu, ia meminta seluruh sivitas akademika ITERA bersama-sama menyatukan langkah dan niat merealisasikan target tersebut.

“Kita perlu pertahankan semangat, bersama kita maju mendapatkan status BLU. Saya sangat optimis, InsyaAllah Tuhan Yang Maha Esa, memberikan kemudahan. Mari dengan tulus dan ikhlas memberikan masukan positif,” tandas sang rektor.

Baca Juga: [Wansus] Grisella Sinulingga, Mahasiswi Rantau Wisudawan Terbaik ITERA

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya