Comscore Tracker

Gubernur Lampung Sidak Hari Pertama Kerja ASN Usai Libur Lebaran

95 ASN lingkungan Pemprov Lampung disebut mulai masuk kerja

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memastikan pelayanan publik tetap beroperasi pada hari pertama kerja usai cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri 2022/1443 Hijriah. Hal itu dipastikan usai melaksanakan peninjauan dan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Pusat Pelayanan Publik dan Kantor Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Senin (9/5/2022).

Dalam sidak tersebut, Pemprov Lampung diketahui membagi 6 tim dengan koordinator masing-masing tim yakni, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Inspektur Provinsi Lampung, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Kasat Pol PP, Kepala BKD, dan Kadis Kominfotik Provinsi Lampung dengan anggota tim dari berbagai unsur OPD di Lingkungan Pemprov Lampung.

Gubernur Arinal Djunaidi bersama Sekdaprov Fahrizal Darminto inspeksi dibeberapa pusat pelayanan publik seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek, UPTD Pendapatan Wilayah I Kelas A Samsat Bandar Lampung, dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Provinsi Lampung.

Baca Juga: Gubernur Arinal Djunaidi Maknai Idul Fitri Ajang Mawas Diri

1. Gubernur apresiasi ASN dan tenaga medis tetap masuk saat cuti bersama

Gubernur Lampung Sidak Hari Pertama Kerja ASN Usai Libur LebaranGubernur Lampung Arinal Djunaidi gelar Sidak ke pelayanan publik dan OPD lingkungan Pemprov Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaan sidak ke RSUD Abdul Moeloek dan RSJ Provinsi Lampung, Gubernur Arinal mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para tenaga medis, yang tetap bekerja selama libur Lebaran 2022.

Pada kunjungan tersebut, Arinal diketahui juga menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan masyarakat dan beberapa pasien di RSUD Abdul Moeloek dan RSJ Provinsi Lampung.

"Saya ucapkan terimakasih kepada para tenaga medis, dokter, dan ASN sekalian yang tetap bekerja secara maksimal, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama masa libur Lebaran 2022," ucapnya.

2. Kepala Satker diminta melaporkan absensi ke tim inspeksi

Gubernur Lampung Sidak Hari Pertama Kerja ASN Usai Libur LebaranGubernur Lampung Arinal Djunaidi gelar Sidak ke pelayanan publik dan OPD lingkungan Pemprov Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto menjelaskan, kegiatan sidak ini guna mengecek tingkat kehadiran ASN di hari pertama, seusai melangsungkan Cuti Bersama Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurutnya, gubernur meminta seluruh pegawai ASN agar hadir saat hari pertama masuk kerja. Sekaligus menginstruksikan tiap satuan kerja (Satker) untuk melaporkan absensi kepada tim inspeksi.

"Kalaupun ada pegawai yang masih tercecer di perjalanan balik, agar kepala satker memastikan bahwa pegawai bersangkutan memang betul kondisinya demikian," imbun dia.

Lalu bagi ASN berhalangan masuk kerja, itu lantaran alasan kesehatan alias sakit, maka dirinya meminta untuk menyarankan memeriksa kondisi kesehatannya masing-masing. "Kepala satker yang bersangkutan menginstruksikan kepada pegawai tersebut, untuk segera memeriksakan kesehatannya," sambung Sekdaprov.

3. 95 persen ASN lingkungan Pemprov Lampung sudah masuk kerja di hari pertama

Gubernur Lampung Sidak Hari Pertama Kerja ASN Usai Libur LebaranGubernur Lampung Arinal Djunaidi gelar Sidak ke pelayanan publik dan OPD lingkungan Pemprov Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Seusai Sidak, Irban Wilayah I Inspektorat Provinsi Lampung, Affan Erie Erya mewakili Inspektur selaku Koordinator Tim Sidak I melaporkan, dari 12 OPD disidak di antaranya, Sekretariat DPRD, BPKAD, Dinas Kominfotik, dan 9 Biro Setdaprov Lampung secara keseluruhan hasilnya cukup baik.

"Tingkat kehadiran ASN 95 persen, yang tidak hadir karena memang betul-betul dalam kondisi sakit, karena memang betul-betul tidak bisa melaksanakan tugas," tandasnya.

Baca Juga: Gubernur Lampung: Pelabuhan Panjang Alternatif Jalur Balik Lebaran

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya