Geger! Tengkorak dan Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Karet Tubaba

Kondisi penemuan berceceran

Intinya Sih...

  • Potongan tengkorak dan kerangka manusia ditemukan di perkebunan karet Tiyuh Panaragan, Kabupaten Tulang Bawang Barat.
  • Kerangka ditemukan saat warga membersihkan lahan, terdiri dari tulang iga, rahang bawah, sendal jepit, dan pakaian.
  • Kepolisian akan melakukan uji lab forensik terhadap kerangka manusia tersebut di RS Bhayangkara Polda Lampung.

Tulang Bawang Barat, IDN Times - Potongan tengkorak kepala dan kerangka manusia ditemukan warga di area perkebunan karet milik warga berada di Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik membenarkan ihwal penemuan tersebut. Saat ini, kerangka manusia itu telah dievakuasi petugas bersama warga ke RSUD Tulang Bawang Barat.

"Iya, sudah diserahkan ke RSUD Tulang Bawang Barat guna pemeriksaan lebih lanjut dengan pihak Polres," ujarnya dikonfirmasi, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga: 382 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Lampung hingga Juli 2024

1. Diawali penemuan tengkorak kepala

Geger! Tengkorak dan Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Karet TubabaPenampakan penemuan kerangka manusia di kebun karet di Tulang Bawang Barat. (DOK. Polres Tulang Bawang Barat).

Umi menjelaskan, potongan kerangka manusia ini bermula saat saksi Tardi bersama lima rekan lainnya bekerja membersihkan lahan kebun karet milik Hendra Jasiun, Rabu (31/7/2024) sekira pukul 11.30 WIB.

Di tengah aktivitas tersebut, saksi menemukan diduga tengkorak kepala manusia berada di irigasi atau saluran air kering di lahan tersebut. Lokasi penemuan diperkiraan berjarak sekitar 3 Km dari pemukiman warga.

"Dari informasi awal ini, petugas dibantu warga melakukan pencarian dan berhasil menemukan kembali kerangka manusia berupa tulang iga, rahang bawah, dan sendal jepit di posisi 5 meter dari penemuan awal tengkorak kepala tersebut," ungkapnya.

2. Selain kerangka, ditemukan beberapa helai pakaian

Geger! Tengkorak dan Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Karet TubabaGaris polisi (istimewa)

Sekitar 10 sampai 15 meter dari jarak penemuan awal, petugas bersama warga kembali mendapati kerangka tulang kaki, satu potong celana pendek putih, satu potong celana kain pendek ungu, satu potong celana dalam putih.

Kemudian petugas langsung berkoordinasi dengan petugas RSUD Tulang Bawang Barat, untuk dilakukan evakuasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

"Petugas juga telah mengecek dan mengolah TKP, termasuk melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi-saksi," ucapnya.

3. Bakal dilakukan uji Labfor di RS Bhayangkara Polda Lampung

Geger! Tengkorak dan Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Karet TubabaPetugas memasuki ruang autopsi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Umi menambahkan, kepolisian bakal melakukan uji lab forensik (Labfor) terhadap tulang kerangka manusia tersebut di RS Bhayangkara Polda Lampung.

"Mohon waktu, kami terus melakukan penyelidikan terhadap dugaan kerangka manusia tersebut," tandas kabid humas.

Baca Juga: 10 WNA Nigeria Diciduk Imigrasi Lampung Ngaku ke Warga Petambak Udang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya