Bazar dan Pameran di Lapangan Saburai Siap Meriahkan Muktamar ke-34 NU

Kepolisian siap lakukan rekayasa arus lalu lintas

Bandar Lampung, IDN Times - Panitia Nasional membuka 'Bazzar dan Pameran Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU)' di Lapangan Saburai, Enggal, Kota Bandar Lampung, Selasa (21/12/2021). Kegiatan itu adalah rangkaian upaya menyemarakan forum permusyawaratan tertinggi warga NU di Provinsi Lampung pada 22-24 Desember 2021.

Kegiatan bazar dan pameran tersebut diketahui melibatkan sebanyak 120 stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), mereka menyedikan beragam kebutuhan mulai dari kuliner, fasyen, hingga cinderamata khas Provinsi Lampung.

Selain itu, Panitia Nasional juga menyediakan panggung utama bakal menampilkan banyak pertunjukan seperti kasidah hingga tausiah atau ceramah dari tokoh-tokoh besar NU. 

Baca Juga: Panitia Daerah Konfirmasi Jokowi Hadiri Pembukaan Muktamar ke-34 NU

1. Muktamar diklaim tingkatkan PAD Kota Bandar Lampung

Bazar dan Pameran di Lapangan Saburai Siap Meriahkan Muktamar ke-34 NUPanitia Nasional membuka 'Bazzar dan Pameran Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU)' di Lapangan Saburai. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan salah satu dukungan pemerintah kota (Pemkot) setempat. Itu dalam menyukseskan penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU di Provinsi Lampung, khususnya Kota Bandar Lampung.

"Kami sebagai tuan rumah pelaksanaan sidang dan penutupan menyambut siapa pun yang datang, alhamdulillah kami sangat siap memberi suport luar biasa terhadap muktamar," kata Eva, usai membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, bazar dan pameran serupa akan sangat membantu geliat UMKM di Kota Tapis Berseri di tengah gelombang pandemik COVID-19. "Alhamdulillah semua hotel-hotel di Bandar Lampung juga penuh, sehingga dapat meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) Bandar Lampung," sambung Eva.

2. Pemkot dukung pengamanan muktamar

Bazar dan Pameran di Lapangan Saburai Siap Meriahkan Muktamar ke-34 NUPanitia Nasional membuka 'Bazzar dan Pameran Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU)' di Lapangan Saburai. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dukungan pengamanan untuk kelancaran pelaksanaan muktamar, Eva mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kurang lebih sebanyak 1.000 tenaga kesehatan (nakes), sekaligus menerjunkan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) 420 orang, serta 150 petugas Dinas Perhubungan (Dishub).

"Mereka akan kami tempatkan di lokasi-lokasi menginap semua tamu yang datang dari berbagai daerah dan semua jalan-jalan akan kita buat lancar semuanya," ucapnya.

3. Rekayasa arus lalu lintas saat muktamar

Bazar dan Pameran di Lapangan Saburai Siap Meriahkan Muktamar ke-34 NUIlustrasi rekayasa lalu lintas oleh Dishub DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP M Rohmawan mengonfirmasi, pihaknya juga akan melakukan rekayasa penutupan U-Turn atau lokasi putar balik dan pengalihan arus lalu lintas. Itu berlangsung di sejumlah jalan protokol Kota Tapis Berseri.

Rencananya, kebijakan tersebut mulai berlangsung pada 22-24 Desember 2021 atau tepat saat pelaksanaan Muktamar ke-34 di Provinsi Lampung.

"Rekayasa lalu lintas ini kami lakukan untuk menghindari kemacetan di sekitar lokasi menuju agenda kegiatan muktamar," kata Rohmawan.

4. Titik-titik rekayasa jalan di Bandar Lampung

Bazar dan Pameran di Lapangan Saburai Siap Meriahkan Muktamar ke-34 NUIlustrasi rekayasa jalan. IDN Times/Humas Bandung

Adanya rekayasa lalu lintas ini, Rohmawan turut mengimbau agar masyarakat, khususnya Kota Bandar Lampung untuk menghindari jalan utama menuju tiga lokasi muktamar di Bandar Lampung yaitu, kampus Malahayati, UIN Raden Intan Lampung, dan Unila.

"Kami pastikan jalan-jalan tersebut bakal banyak diadakan penutupan maupun pengalihan arus, untuk kelancaran mobilitas para peserta muktamar," tandas dia.

Berikut sejumlah daftar jalan protokol Bandar Lampung akan diterapkan rekayasa arus lalu lintas selama Muktamar ke-34 NU.

  • Jalan Pramuka - depan RS Bhayangkara
  • Jalan Soekarno-Hatta - JPO Al-Kautsar.
  • Jalan Soekarno-Hatta - depan Asrama Haji Lampung
  • Jalan Antasari - depan BCA
  • Jalan Endro Suratmin - depan pintu masuk UIN Raden Intan
  • Perempatan Jalan Pulau Pisang Dalam
  • Pertigaan Perumahan Permata Biru, Sukarame

Baca Juga: Panitia Lokal Muktamar NU  ke-34 Unila Mulai Sambut Para Muktamirin

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya