Comscore Tracker

111.353 Anak Usia 6-11 Tahun di Lamsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19

Gunakan vaksin Sinovac

Lampung Selatan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mencatat, vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun di kabupaten setempat yaitu sebanyak 111.353 anak. Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac.

Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan Joniansyah menuturkan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, dapat dilaksanakan di suatu wilayah apabila telah memenuhi kriteria telah ditentukan.

Baca Juga: Kapolres: PPKM Nataru di Lamsel Tidak Ada Kendaraan Diputar Balik

1. Kriteria wilayah bisa vaksinasi anak di bawah 12 tahun

111.353 Anak Usia 6-11 Tahun di Lamsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mencatat, vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun di kabupaten setempat sebanyak 111.353 anak. (Dok. Pemkab Lampung Selatan).

Joniansyah mengatakan, salah satu kriterianya yaitu capaian vaksinasi pada suatu wilayah untuk dosis 1, usia 12 hingga 59 tahun telah mencapai di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia usia 60 tahun keatas telah mencapai diatas 60 persen.

“Kabupaten Lampung Selatan merupakan salah satu daerah yang telah memenuhi kriteria tersebut,” katanya, Minggu (26/12/2021). 

Ia menambahkan, secara resmi melaksanakan kick off vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, yang dilaksanakan Jumat lalu. Vaksinasi diberikan kepada 139 anak, terdiri dari kelas 2 SD hingga kelas 6 SD yang terdapat di SD Taman Agung Desa Taman Agung, Kecamatan Kalianda.

2. Anak rentan tertular virus

111.353 Anak Usia 6-11 Tahun di Lamsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19Petugas sekolah memeriksa suhu tubuh siswa menggunakan termometer non kontak saat sosialisasi di Sekolah Tunas Global, Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya antisipasi Virus Corona pada usia dini dengan mengukur suhu tubuh saat memasuki sekolah dan mensosialisasi penggunaan masker yang benar saat sakit (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pd)

Duta Vaksin Kabupaten Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait yang telah menginisiasi dan membantu pemerintah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun sangat penting untuk dilaksanakan. Mengingat pada usia tersebut anak sangat aktif bermain sehingga rentan tertular virus.

“Karena kita tahu anak dengan usia ini rentan tertular, bisa saja ketika sedang bermain ataupun tertular dari orang-orang disekitarnya, seperti orang tua atau kerabat lainnya. Apalagi saat ini dunia pendidikan sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

3. Pemenuhan hak anak

111.353 Anak Usia 6-11 Tahun di Lamsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19Sejumlah siswa mengikuti sosialisasi penggunaan masker di Sekolah Tunas Global, Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya antisipasi Virus Corona pada usia dini dengan mengukur suhu tubuh saat memasuki sekolah dan mensosialisasi penggunaan masker yang benar saat sakit (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pd)

Winarni berharap, melalui pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak sasaran usia 6 hingga 11 tahun dapat mencegah penularan virus Corona pada masa pandemik seperti saat ini. Di sisi lain, pemberian vaksinasi tersebut juga merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak anak.

“Karena vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun ini juga merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak anak. Dimana kita menjamin dan menjaga kesehatan anak dari pengaruh virus COVID-19,” katanya.

Baca Juga: BPS Nyatakan Penduduk Miskin di Lamsel 14,1 Persen, Pemkab Bilang Ini

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya