Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah Masaro

Ada tiga rancangan dari pintu masuk Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times -Pemerintah Kota Bandar Lampung menggandeng Institut Teknologi Sumatera (Itera) untuk mempercantik kota Bandar Lampung hingga mengelola sampah. Selain itu, Pemkot juga mempercayakan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kota pada Itera.

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan antara tim Itera yang dipimpin oleh Rektor Itera Mitra Djamal dengan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, dan Wakil Wali Kota, Dedy Amarullah di kantor Pemkot Bandar Lampung, Jumat, (22/10/2021).

Baca Juga: Lampung Craft 27-29 Oktober Dekranasda Lampung Terapkan Prokes Ketat

1. Wali Kota Eva berharap Bandar Lampung jadi kota percontohan

Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah MasaroTugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Eva Dwiana mengatakan, pada 2022, Bandar Lampung akan menjadi tuan rumah pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang menghadirkan seluruh wali kota se Indonesia.

Pihaknya berharap, sinergi yang akan dilakukan pemkot bersama Itera, dapat memercantik dan memperindah kota.

“Kami berharap Bandar Lampung bisa menjadi kota percontohan bagi yang datang. Semoga Itera bisa merancang Kota Bandar Lampung menjadi cantik sehingga setiap mata memandang adalah keindahan,” kata Eva Dwiana.

2. Pemkot Bandar Lampung minta Itera selesaikan sampah kota

Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah MasaroPotret limbah medis di TPA Bakung, Bandar Lampung (IDN Times/Istimewa)

Perempuan akrab disapa Bunda Eva itu juga meminta Itera bisa menyelesaikan permasalahan sampah kota dengan teknologi pengolahan sampah yang dibuat kampus tersebut.

"Serta sebagai institut teknologi, Itera dapat mendukung sistem teknologi informasi di Bandar Lampung, hingga bisa baik secara nasional bahkan internasional," harapnya.

3. Rancangan Itera untuk Bandar Lampung

Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah MasaroPotret masjid Al-Furqon Kota Bandar Lampung (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Rektor Itera, Mitra Djamal menyampaikan bahwa tim Itera telah merumuskan tiga hal penting yang akan dilakukan di Kota Bandar Lampung, yaitu memperindah kota, mengatasi masalah sampah, dan mendukung layanan informasi.

Itera, menurutnya, telah merancang penataan kota, mulai dari gerbang masuk, hingga pusat kota. Itu dimulai dari penataan pedestrian, bus kota, monumen yang menjadi ikon, hingga menampilkan aksen seni lewat beragam mural.

Baca Juga: Bandar Lampung Satu-satunya PPKM Level 3 Lampung, Ini Detail Aturan 

4. Contoh konsep jalan internasional

Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah MasaroIlustrasi Marina Bay, Singapura (IDN Times/Indiana)

Prof Djamal mengatakan, Itera akan merancang beberapa segmen dengan mencontoh konsep jalan-jalan nasional hingga internasional yang sudah dikenal.

"Seperti segmen Jalan ZA Pagar Alam dengan preseden atau mencontoh konsep Jalan Boulevard Palem Raya, Kota Tangerang, Jalan Teuku umar (Preseden Orchard Road, Singapura), dan Jalan Jendral Sudirman -Taman Gajah (Preseden: Taman KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia)," paparnya.

5. Kelola sampah jadi nilai tambah

Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah MasaroANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Selain itu, Prof Djamal juga menambahkan, Itera akan menerapkan teknologi Manajemen Sampah Zero (Masaro) dalam mengolah sampah di Bandar Lampung hingga lebih memiliki nilai tambah.

Menurutnya, kini konsep pengolahan sampah menjadi layak ekonomi. Dia mencontohkan Pasar Pasirguntung dengan potensi sampah mencapai 11 ton. Menurutnya, pengelola pasar ini perlu menerapkan pengolahan sampah dengan melihat sistem Masaro, sehingga lebih layak secara ekonomi.

Dengan teknologi Masaro yang dirancang Itera, sampah organik akan diolah menjadi pupuk cair. Sementara sampah nonorganik akan diolah dengan alat pembakar, hingga dapat menghasilkan beberapa produk seperti pengawet kayu, pestisida organik, dan media tanam.

6. Layanan publik hanya dari smartphone

Percantik Kota Bandar Lampung, Itera Rancang Teknologi Sampah MasaroIlustrasi aplikasi-aplikasi mobile. (Pixabay.com/JESHOOTS-com)

Pihaknya menambahkan, UPT TIK Itera juga akan mendampingi pemkot dalam pengembangan akses layanan informasi publik yang terintegrasi.

"Beberapa aplikasi yang memudahkan layanan informasi akan dirancang bersama, sehingga layanan publik Bandar Lampung dapat diakses hanya dari smart phone," tandasnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya