Comscore Tracker

Lolos SBMPTN ITERA dan UNILA? Catat Tanggal Penting Registrasi

Ribuan mahasisa dinyatakan lolos SBMPTN di ITERA dan Unila

Bandar Lampung, IDN Times - Penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), telah diumumkan sejak kemarin, Senin (14/6/2021).

Dua perguruan tinggi negeri di Lampung seperti Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan Universitas Lampung (Unila), menerima ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia. Namun kuota terbanyak berasal dari Provinsi Lampung.

Berikut IDN Times rangkum jumlah mahasiswa baru jalur SBMPTN di dua kampus ternama tersebut, serta seperti apa proses yang harus dilakukan untuk tahap selanjutnya.

1. Jumlah pendaftar SBMPTN ITERA meningkat 15 persen

Lolos SBMPTN ITERA dan UNILA? Catat Tanggal Penting Registrasiinternational.itera.ac.id

Sebanyak  2.971 mahasiswa baru jalur SBMPTN dinyatakan lolos menjadi bagian dari kampus ITERA. Dari jumlah tersebut, 798 pendaftar  memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah).

Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik, Prof Mitra Djamal menjelaskan, peserta yang lolos telah melalui tahapan seleksi cukup ketat serta harus bersaing dengan 10.300 pendaftar.

"Jumlah pendaftar SBMPTN ITERA tahun ini meningkat sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 8.719 pendaftar," kata Prof Mitra.

Baca Juga: Alternatif SBMPTN, Ini 5 Rekomendasi PTS Terbaik di Jakarta 

5. Lima prodi paling diminati di ITERA

Lolos SBMPTN ITERA dan UNILA? Catat Tanggal Penting RegistrasiSebanyak 852 peserta mengikuti tes SMMPTN Barat digelar di Institut Teknologi Sumatera (Itera(, Selasa (24/8/2020). (IDN Times/Istimewa)

Ia menjelaskan, 2.971 orang peserta yang dinyatakan lolos tersebar di 35 program studi (prodi) di ITERA, termasuk Program Studi Teknik Perkeretaapian, salah satu prodi baru yang paling diminati.

Mitra juga membeberkan, lima prodi dengan pendaftar terbanyak jalur SBMPTN tahun ini yakni prodi Farmasi dengan 1.231 pendaftar, Teknik Informatika 1.028 orang, Teknik Pertambangan 768 orang, Teknik Sipil 638, dan Teknik Perkeretaapian dengan 557 pendaftar.

"Sedangkan lima provinsi teratas asal peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN ITERA tahun ini yaitu Provinsi Lampung 40 persen, Sumatra Utara 18 persen, Jawa Barat 277 atau 8 persen, Sumatra Selatan 220 atau 7,5 persen, dan Banten 192 6,5 persen," terangnya.

3. Calon mahasiswa diminta mengisi data

Lolos SBMPTN ITERA dan UNILA? Catat Tanggal Penting RegistrasiSebanyak 852 peserta mengikuti tes SMMPTN Barat digelar Institut Teknologi Sumatera (Itera), Selasa (24/8/2020). (IDN Times/Istimewa).

Terkait kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini,  ITERA mencatat sekitar 5.000 mahasiswa baru akan diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Khusus untuk jalur SBMPTN, jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur tes ujian tulis berbasis komputer (UTBK) mencapai 45 persen dari jumlah keseluruhan.

"Bagi peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN di ITERA diminta untuk mengisi data isian mahasiswa (DIM), yang berisi data pribadi, keluarga, dan lainnya pada laman http://dim.itera.ac.id," kata Prof Mitra Djamal.

4. Data yang diisi harus sebenar-benarnya

Lolos SBMPTN ITERA dan UNILA? Catat Tanggal Penting RegistrasiIlustrasi memindahkan data dari handphone ke laptop (IDN Times/Umi Kalsum)

Pihaknya menambahkan, jadwal pengisian DIM dan verifikasi online khusus bagi pemilik KIP Kuliah dijadwalkan pada 15-19 Juni 2021. Sementara bagi calon mahasiswa reguler, atau yang tidak memiliki KIP Kuliah, dijadwalkan pada 15-20 Juni 2021.

Sementara besaran uang kuliah tunggal (UKT) masing-masing mahasiswa akan diumumkan pada 25 Juni 2021. Kemudian, pembayaran UKT dijadwalkan pada 1-7 Juli 2021, dan verifikasi berkas fisik pada 2-6 Agustus 2021.

“Data yang diisi harus sebenar-benarnya, karena akan menjadi data dan informasi penting selama mahasiswa menjalani perkuliahan di ITERA," pungkasnya.

5. Catat tanggal penting tahap selanjutnya

Lolos SBMPTN ITERA dan UNILA? Catat Tanggal Penting RegistrasiIDN Times/Silviana

Sementara itu di Unila, dari 25.712 peminat SBMPTN terdapat 4.561 mahasiswa baru yang dinyatakan lolos. Dari jumlah tersebut, 1.510 mahasiswa baru merupakan penerima KIP.

Humas PMB Unila, M Komarudin mengatakan, jumlah pendaftar terbanyak untuk saintek adalah program studi Pendidikan Kedokteran hingga mencapai 2.349 mahasiswa baru. Sedangkan untuk program studi paling diminati adalah Hukum sebanyak 1.870 mahasiswa baru.

"Pengisian Data Pokok Mahasiswa dimulai dari  16-25 Juni 2021, pengumuman UKT Final 12 Juli 2021 kemudian PEMBAYARAN UKT 12-16 Juli 2021 dan registrasi 12-17 Juli 202. Informasi lebih lanjut kunjungi http://simanila.unila.ac.id," terang Komar.

Baca Juga: Unila Campus Garden, Misi Konservasi Anggrek Terancam Punah

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya