Jelang Nataru 2024, Harga Bahan Pokok di Kota Metro Stabil

Imbau warga tak belanja berlebih, stok masih aman

Intinya Sih...

  • Harga bahan pangan pokok strategis di Kota Metro turun menjelang Natal dan Tahun Baru 2024
  • Sekretaris Daerah Kota Metro menyatakan harga cabai, telur, bawang merah, beras, kedelai, dan gula relatif stabil
  • Stok bahan pangan aman dan pengusaha siap membantu Pemerintah Kota Metro dalam operasi pasar untuk mencegah kenaikan harga

Metro, IDN Times - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, harga bahan pangan pokok strategis di sejumlah pusat perdagangan Kota Metro mulai turun bahkan terbilang stabil.

Pemerintah Kota Metro melakukan monitoring di empat lokasi, di antaranya H Maksum untuk melihat stok dan harga cabai. Lalu, Gedung Jaya Sejati untuk mengecek ketersedian beras. Kemudian dilanjutkan ke Cik Lina untuk melihat stok dan harga grosir telur dan tempat terakhir di Bawang Lanang.

Baca Juga: Wamentan Dorong Lampung Selatan Jadi Percontohan Koperasi dan Ternak

1. Harga cabai mulai turun

Jelang Nataru 2024, Harga Bahan Pokok di Kota Metro StabilIlustrasi penjual cabai di Pasar (IDN Times/Juliadin)

Berdasarkan pantauan langsung ke empat lokasi tersebut, Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengatakan, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai turun, jika dibandingkan dengan kemarin.

"Telur stabil, cabai mengalami penurunan harga. Harga cabai rawit berkisaran Rp23 ribu dan cabai merah Rp55 ribu," kata Bangkit, Kamis (21/12/2023).

Sedangkan bawang merah dengan harga Rp20 ribu sampai dengan Rp25 ribu. Selain itu, harga beras, kedelai dan gula juga harganya relatif stabil dan stoknya aman sampai Natal dan tahun baru.

2. Tak perlu belanja berlebih, stok masih aman

Jelang Nataru 2024, Harga Bahan Pokok di Kota Metro StabilPemerintah Kota Metro melakukan monitoring di empat lokasi (Dok/Diskominfo Kota Metro)

Lebih lanjut Bangkit menyampaikan, stok menjelang Natal dan Tahun Baru aman, seperti apa yang disampaikan oleh para pengusaha siap untuk membantu Pemerintah Kota Metro.

“Kita lakukan operasi pasar sebagai antisipasi kenaikan harga di pasar. Masyarakat Kota Metro tidak perlu khawatir dengan stok tidak usah berlebihan dalam belanja, karena stok kita masih aman,” imbau Bangkit.

3. Kemacetan transportasi bisa jadi kendala

Jelang Nataru 2024, Harga Bahan Pokok di Kota Metro StabilAntrean angkutan logistik yang akan menyeberang menggunakan kapal PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). (dok. ASDP)

Selaku pemilik UD Bawang Lanang, Ardi mengatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru stok di Bawang Lanang khusunya untuk Metro cukup terkendali.

“Untuk harga sementara ini cukup stabil. Masalah kendalanya hanya pada angkutan transportasi, jika tidak mengalami kemacetan di merak Insya Allah stabil dan sudah kita antisipasi,” jelasnya.

Baca Juga: Pertamina: Nataru Kebutuhan Gasoline di Lampung Naik 4 Persen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya