PWI Tingkatkan Mutu SDM, Berikan Wartawan Beasiswa hingga 75 Persen

Beasiswa juga berlaku untuk keluarga wartawan

Bandar Lampung, IDN Times - Mendapat penghargaan kategori Lembaga Peningkat Mutu Kualitas SDM Wartawan dari Universitas Bandar Lampung (UBL) pada Dies Natalisnya ke-50, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung hendak bekerjasama dengan banyak universitas di Lampung untuk memberikan beasiswa pendidikan formal kepada wartawan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah ketika menghadiri perayaan Ulang Tahun UBL di Mahligai Agung Convention Hall, Pascasarjana UBL, Kamis (21/7/2022).

“Kita sudah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Lampung untuk memudahkan wartawan meningkatkan pendidikan formalnya. Tidak hanya dari SMA ke S1 tapi juga S1 ke S2,” katanya.

1. Tak hanya untuk wartawan, beasiswa juga berlaku untuk keluarga wartawan

PWI Tingkatkan Mutu SDM, Berikan Wartawan Beasiswa hingga 75 PersenKetua PWI Lampung, Wirahadikusumah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Wira, sapaan akrabnya mengatakan PWI sampai saat ini telah berkerjasama dengan UBL, IIB Darmajaya, dan beberapa perguruan tinggi swasta lain di kabupaten/kota seluruh Provinsi Lampung demi tercapainya peningkatan kapasitas SDM ini.

“Kita gak mau kalau wartawan kita hanya jago praktiknya saja tapi di teori juga pun harus dipahami. Maka semua wartawan yang tergabung di PWI ini memiliki beasiswa. Diberikan beasiswa untuk bisa meneruskan sekolahnya,” ujarnya.

Tak hanya wartawan anggota PWI, keluarga wartawan seperti anak, istri, termasuk sanak saudaranya juga mendapatkan beasiswa tersebut.

Baca Juga: Dies Natalis UBL, Pencapaian 50 Tahun jadi PTS Menyamai PTN

2. Beasiswa berupa potongan uang kuliah hingga 75 persen

PWI Tingkatkan Mutu SDM, Berikan Wartawan Beasiswa hingga 75 Persenilustrasi beasiswa (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemudian Wira menjelaskan besaran beasiswa didapatkan wartawan memang tidak secara penuh. Namun, anggota PWI dan keluarganya bisa mendapatkan subsidi atau diskon uang kuliah.

“Bagi wartawan dan keluarganya yang mau melanjutkan kuliah di UBL itu mendapat beasiswa kalau tidak salah sebesar 25 persen. Di IIB Darmajaya itu untuk pengurus PWI potongannya sebesar 75 persen dan keluarganya 50 persen,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, anggota PWI hanya harus meminta surat rekomendasi dari Ketua PWI sebagai syarat verifikasinya. “Saya sudah banyak tanda tangani untuk beasiswa ini. Ada sekitar 50 lebih para anggota keluarga wartawan, baik S1 dan S2,” ujarnya.

3. Untuk PTN sedang masa penjajakan

PWI Tingkatkan Mutu SDM, Berikan Wartawan Beasiswa hingga 75 PersenGedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Istimewa)

Sedangkan untuk perguruan tinggi negeri (PTN), Ia mengaku memang masih belum memiliki kerja sama dengan PTN di Provisni Lampung. Namun Ia sedang upayakan hal tersebut.

“Kalau PTN kita sedang jajaki seperti Unila, UIN, dan lainnya. Kita sedang komunikasikan dan mencoba kerja sama dengan mereka. Saya lihat PTN juga sekarang jadi BLU (Badan Layanan Umum) kalau tidak salah, jadi semoga bisa ikut membantu meningkatkan kapasitas SDM kita,” katanya.

Hingga kini, ada 1.000 lebih anggota PWI Lampung, dengan rincian sekitar 505 orang anggota senior dan sisanya adalah anggota muda yang memang harus ditingkatkan kapasitasnya.

4. Program peningkatan mutu SDM lainnya

PWI Tingkatkan Mutu SDM, Berikan Wartawan Beasiswa hingga 75 PersenIlustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Selain beasiswa, Wira menyebutkan ada beberapa program peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya wartawan di PWI. Diantaranya adalah terus mengadakan Uji Kompetensi Wartawan.

“Lalu kita ada pelaksanaan UKW secara terus menerus. Kita juga gelar workshop jurnalistik yang memang intinya untuk meningkatkan pendidikan kapasitas SDM wartawan. Tahun depan saja ada workshop calon anggota, karena kita tidak lagi bicara tentang kuantitas tapi sudah bicara kualitas,” imbuhnya.

Saat ini visi misi PWI Lampung adalah hendak membangun kolaborasi kepada semua pihak untuk kearah kebaikan melalui bidangnya masing-masing, tidak hanya pemerintah tapi juga dengan swasta.

Baca Juga: Pengurus PWI Dilantik, Ketua PWI Lampung: Media Alami Disrupsi Teknologi

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya