Comscore Tracker

Penyekatan Perbatasan Kota Bandar Lampung Kembali, Ini Syarat Masuknya

Syaratnya lebih sederhana dari penyekatan sebelumnya

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung telah memasang posko rencananya akan digunakan untuk penyekatan perbatasan kota.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana juga mengatakan, penyekatan di perbatasan kota memang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Tapi memang ini baru dari pemkot dan kita akan segera diskusikan bersama komandan kodim dan kepala polresta,” kata Eva Dwiana ketika dimintai keterangan, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Catat Ya! Penimbun Minyak Goreng Bandar Lampung Bakal Kena Sanksi Tegas

1. Syarat melewati posko penyekatan

Penyekatan Perbatasan Kota Bandar Lampung Kembali, Ini Syarat MasuknyaPetugas kesehatan melakukan tes rapid antigen ke pemudik di posko penyekatan arus balik mudik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ia menyebutkan syarat untuk melewati perbatasan ini lebih sederhana dari sebelumnya.

“Cuma memperlihatkan bukti vaksin dan mau melakukan rapid antigen di posko. Kalau dicek rapid antigen ternyata positif, ya akan kita putar balik,” kata Eva.

Sehingga untuk antisipasi sebaiknya masyarakat luar Lampung yang ingin ke Bandar Lampung dapat menyiapkan hasil tes rapid antigen berlaku 1x24 jam.

2. Penyekatan rencananya akan dimulai besok

Penyekatan Perbatasan Kota Bandar Lampung Kembali, Ini Syarat MasuknyaWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva menyampaikan, kemungkinan posko penyekatan ini beroperasi yaitu esok hari (11/2).

“Insya Allah besok ya, karena kan hari ini baru mau ketemu dengan Pak Dandim dan Pak Kapolres ya, untuk mendiskusikan soal penyekatan ini,” katanya.

Ia menyampaikan, hal ini dilakukan guna mengantisipasi masyarakat yang keluar masuk kota dengan pengecekan swab antigen.

“Karena banyak warga balam terpapar setelah dari luar daerah. Bunda juga sering menemukan warga luar daerah di Bandar Lampung dan ternyata belum vaksin,” katanya.

3. Personel masih dipersiapkan

Penyekatan Perbatasan Kota Bandar Lampung Kembali, Ini Syarat MasuknyaKepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung, Syamsul Rahman. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung, Syamsul Rahman mengatakan, personel BPBD memang sudah memasang tenda di kelima titik penyekatan hari ini. “Iya sudah kita pasang hari ini di kelima titik,” kata Syamsul.

Kelima titik penyekatan tersebut antara lain adalah Rajabasa, Kemiling, Panjang, Sukarame, dan Lematang.

Meski begitu, Syamsul ragu posko ini akan mulai berjalan besok. Itu karena, ia mengaku pemkot belum melakukan rapat koordinasi dengan pihak polres maupun kodim.

“Sepertinya belum ya kalau besok beroperasi, karena kan ada koordinasi dulu juga ngan polresta dan kodim. Kita juga sedang menyiapkan personil,” ungkapnya.

Namun tak menutup kemungkinan besok akan mulai dilakukan, tergantung kondisi dan situasi serta jika ada arahan langsung dari Wali Kota Bandar Lampung.

Baca Juga: Embung Korpri Jaya Jadi Wisata Pemancingan, Warga Bisa Ambil Ikan Gratis

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya