Bandar Lampung Kedatangan 2 Juta Wisatawan Lokal dan Asing Selama 2023

Angka tersebut nyaris mencapai target 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Bandar Lampung Dedeh E Fauzie menyebutkan, Bandar Lampung kedatangan 2.020.386 wisatawan sepanjang 2023.

Ia menyebutkan secara rinci angka tersebut merupakan jumlah wisatawan yang datang ke Bandar Lampung. Tak hanya yang datang ke objek wisata saja tapi juga destinasi lain seperti hotel dan resort.

"Secara keseluruhan kunjungan wisatawan di Bandar Lampung itu di 2023 ada 2.020.386 orang. Tapi kalau kunjungan ke objek wisatanya itu sekitar 500 ribu orang,” kata Dedeh, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga: Mulai 2019, Begini Jejak Selebgram Adelia di Jaringan Fredy Pratama

1. Wisatawan mancanegara mencapai 9.839 orang

Bandar Lampung Kedatangan 2 Juta Wisatawan Lokal dan Asing Selama 2023Kantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dedeh mengatakan berdasarkan kategorinya, wisatawan domestik lebih banyak yakni 2.010.547 orang. Sedangkan wisatawan mancanegara atau berkewarganegaraan asing sebanyak 9.839 orang.

“Kalau berdasarkan bulannya. Paling banyak ada di bulan Desember yakni sekitar 109 ribu wisatawan, kedua itu ada Juli sekitar 102 ribu wisatawan. Ketiga ada November sekitar 96 ribu orang,” jelasnya.

Kemudian kedatangan wisatawan paling sedikit ada di bulan April dan Februari. Masing-masing memiliki jumlah kunjungan sekitar 62 ribu dan 68 ribu wisatawan.

2. Jumlah wisatawan dalam kota 2023 belum capai target

Bandar Lampung Kedatangan 2 Juta Wisatawan Lokal dan Asing Selama 2023Farm Day. (Instagram/farmday)

Sehingga dapat disimpulkan dari jumlah wisatawan dalam kota sebanyak 2 juta wisatawan tersebut, menunjukan wisatawan Bandar Lampung di 2023 belum mencapai target.

Hal itu dikarenakan Kepala Dispar Bandar Lampung sebelumnya, Ariyawan pernah menyebutkan target wisatawan Bandar Lampung di 2023 adalah 2,2 juta orang. 

Selain itu, ia juga sempat mengatakan fokus Dinas Pariwisata Bandar Lampung di 2024 adalah untuk meningkatkan citra wisata kuliner. Bandar Lampung merupakan daerah yang bisa menawarkan aneka kuliner khas dari berbagai daerah Lampung.

3. Selain wisata kuliner, Bandar Lampung juga memiliki destinasi wisata menarik

Bandar Lampung Kedatangan 2 Juta Wisatawan Lokal dan Asing Selama 2023Produk UMKM Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dedeh berharap, di 2024 jumlah wisatawan di Bandar Lampung akan terus bertambah. Ia pun optimis hal ini bisa tercapai karena selain wisata kuliner, Bandar Lampung juga memiliki destinasi menarik yang bisa dikunjungi.

“Meski kita terkenal sebagai kota barang dan jasa, tapi seperti yang kita tahu ada banyak sekali destinasi wisata menarik di Bandar Lampung. Mulai dari wisata alam, wisata spot selfie, wisata permainan air, wisata edukasi, sampai kebun binatang,” ujarnya.

Baca Juga: Naik! Cek Tarif Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Terbaru 2024

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya