2023 Babaranjang KAI Tanjungkarang Angkut 25,4 Juta Ton Batu Bara

Terjadi peningkatan volum KA penumpang sebesar 41,49 persen

Intinya Sih...

  • Kereta Api Batu Bara Rangkaian Panjang (KA Babaranjang) KAI Divre IV Tanjungkarang mengangkut 25,4 juta ton batu bara sepanjang 2023.
  • Angkutan batu bara di Divre IV Tanjungkarang naik 8,6 persen dari tahun sebelumnya, dengan penambahan satu gerbong pada setiap rangkaian kereta api batu bara.
  • Volume angkutan penumpang KA Penumpang meningkat 41,49 persen dari tahun sebelumnya, mencapai 957.325 penumpang di 2023.

Bandar Lampung, IDN Times - Kereta Api Batu Bara Rangkaian Panjang (KA Babaranjang) KAI Divre IV Tanjungkarang telah mengangkut sebanyak 25,4 juta ton batu bara sepanjang 2023.

Hal ini disampaikan Deputy KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Rangga Putra Maulana, Selasa (6/2/2024). Ia mengatakan, sektor angkutan batu bara KAI Divre IV Tanjungkarang menunjukan grafik positif karena mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Sektor angkutan batu bara Divre IV Tanjung Karang mencatatkan grafik positif, karena terjadi peningkatan sebesar 8,6 persen dari 23.409.125 ton batu bara pada 2022 menjadi 25.426.944 ton batu bara di 2023,” katanya.

Baca Juga: Libur Nataru, KAI Tanjungkarang Temukan Barang Rp41 Juta di Kereta

1. Penambahan gerbong jadi salah satu cara jitu meningkatkan jumlah angkutan

2023 Babaranjang KAI Tanjungkarang Angkut 25,4 Juta Ton Batu BaraBabaranjang. (KAI.id)

Rangga menyampaikan, peningkatan angkutan batu bara di Divre IV Tanjungkarang tersebut berhasil dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya menambah satu gerbong pada setiap rangkaian kereta api batu bara.

“KA Babaranjang yang semula 60 gerbong menjadi 61 gerbong. Selain itu, beragam upaya juga terus dilakukan seperti menambah perjalanan KA Babaranjang dengan tetap memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan operasional KA di Divre IV Tanjungkarang,” ujarnya.

Ia menuturkan, selain batu bara, komoditas barang lain diangkut melalui kereta api di Divisi Regional IV Tanjungkarang juga turut mengalami kenaikan seperti semen dan BBM.

2. Jumlah penumpang KAI Tanjungkarang 2023 meningkat 41,49 persen dari 2022

2023 Babaranjang KAI Tanjungkarang Angkut 25,4 Juta Ton Batu BaraStasiun KAI Tanjungkarang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sementara untuk Kereta Api Penumpang, Rangga menyebutkan terjadi peningkatan volume angkutan penumpang 2023 dibandingkan 2022.

“Sama seperti angkutan batu bara, sepanjang 2023 juga terjadi peningkatan jumlah penumpang dari tahun sebelumnya sebesar 41,49 persen dari sebelumnya 676.583 penumpang di 2022 menjadi 957.325 penumpang di 2023,” jelasnya.

Ia mengatakan, layanan kereta api penumpang PT KAI Divre Tanjungkarang akan terus berinovasi agar bisa terus menyediakan moda transportasi yang nyaman dan aman bagi para pelanggan.

3. KAI Divre Tanjungkarang akan terus berinovasi untuk meningkatkan jumlah angkutan dan penumpang

2023 Babaranjang KAI Tanjungkarang Angkut 25,4 Juta Ton Batu BaraStasiun KAI Tanjungkarang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Rangga menyampaikan, Divre IV Tanjungkarang telah menyalurkan dana sebesar Rp584.160.000 di 2023 sebagai bentuk bakti PT KAI kepada masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini disalurkan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan, peduli lingkungan, penanggulangan bencana, bantuan perlindungan masyarakat, bantuan pendidikan, perbaikan prasarana dan sarana pelatihan, bantuan sarana ibadah, serta bantuan dalam pelestarian ekosistem darat.

“Tentunya kami akan terus berinovasi dengan pengembangan sarana dan prasarana untuk menghadirkan potensi pendapatan dan peningkatan angkutan terutama yang menjadi andalan Divre IV Tanjungkarang yaitu batu bara,” imbuhnya.

Hal ini juga merupakan bentuk dukungan Divre IV Tanjungkarang untuk menghadirkan transportasi efektif dan efisien daam melancarkan pasokan batu bara yang saat ini digunakan untuk sumber daya pembangkit listrik di Pulau Jawa dan Bali.

Baca Juga: Upacara Adat Lampung, Pemberian Gelar Tak Hanya Berdasarkan Keturunan

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya