Satu Tewas Lakalantas di Tol Lampung, Mobil Masuk Bawah Terowongan

Kendaraan diduga melaju kecepatan tinggi

Bandar Lampung, IDN Times - Satu penumpang tewas dan dua lainnya luka akibat kejadian kecelakaan minibus Toyota Avanza nomor polisi (nopol) BG 1292 UH. Kejadian itu terjadi di  KM 81+200 Jalur B ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), Minggu (12/7/2020) sekitar pukul 11.45 WIB.

Branch Manager Ruas Tol Bakter PT Hutama Karya (Persero) Hanung Hanindito menerangkan, korban meninggal dunia inisial S (50), FR (40) alami luka berat dan AH (37) luka ringan. Korban luka ringan dan korban luka berat telah dievakuasi ke RS Imanuel. Sementara korban meninggal dunia telah dibawa ke RS Abdul Moeloek, Bandar Lampung.

1. Ban belakang kiri pecah

Satu Tewas Lakalantas di Tol Lampung, Mobil Masuk Bawah TerowonganIstimewa

Berdasarkan hasil investigasi lapangan tim Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, diduga kendaraan yang melaju dari arah Terbanggi Besar menuju Bakauheni mengalami pecah ban kiri belakang.

Hanung menjelaskan, imbas kejadian itu yang mengakibatkan kendaraan oleng hingga menabrak pagar pembatas jalan dan keluar dari jalur jalan tol.  Terkait dugaan pengemudi melajukan kendaraan kecepatan tinggi hingga mengakibatkan lakalantas, masih diselidiki pihak kepolisian dan keterangan saksi

2. Pengendara ingin ambil sarang wallet

Satu Tewas Lakalantas di Tol Lampung, Mobil Masuk Bawah Terowonganstara-baska-apartments.com

Ibu Tugiman, saksi mata di lokasi kejadian menerangkan, melihat jelas proses kecelakaan mobil nahas tersebut. "Saya itu baru mau masuk rumah habis kondangan, jadi saya liat langsung (lakalantas).

Ia menambahkan, Sebelum mobil oleng dan keluar jalur tol, roda ban belakang sebelah kiri pecah. Ia menyatakan, kendaraan melaju kecepatan tinggi dari arah ruas tol Terbanggi Besar.

“Mobil lalu mengkol ke kiri langsung nabrak pembatas terus masuk bawah terowongan. Suaranya keras sekali kecelakaan ini," terangnya.

Bu Tugiman menjelaskan, ikut membantu evakuasi korban kecelakaan. Sopir aslinya  itu jadi penumpang, dia selamat. Mereka dari Sungai Lilin, Musi Banyuasin (Provinsi Sumatera Selatan) mau ke Bandar Lampung, katanya sih mau ambil sarang walet," tandasnya.

3. Imbau pengguna tol patuhi rambu batas kecepatan

Satu Tewas Lakalantas di Tol Lampung, Mobil Masuk Bawah TerowonganSejumlah pengendara mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020) (ANTARA FOTO/Rifki N)

Branch Manager Ruas Tol Bakter PT Hutama Karya (Persero) Hanung Hanindito menyampaikan, kecelakaan ini telah ditangani oleh Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya. Penanganan juga melibatkan pihak Kepolisian daerah setempat.

Ia mengatakan, pihaknya turut berbelasungkawa atas meninggalnya korban serta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang timbul. Ia berharap, kepada seluruh pengguna jalan tol untuk tetap mengutamakan keselamatan, bukan kecepatan.

"Patuhilah rambu-rambu batas kecepatan yang sudah tersedia, jika lelah istirahatlah di rest area yg sudah ada. Jangan korbankan diri Anda dan keluarga akibat kelalaian," jelas Hanung.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya