Comscore Tracker

Rute Lokasi Pembukaan Muktamar NU ke-34 di Pesantren Darussa'adah

Dekat gerbang tol Gunung Sugih Lampung Tengah

Bandar Lampung, IDN Times - Pembukaan Muktamar NU ke-34 akan dilaksanakan di Pesantren Darussa'adah, di Lingkungan III Dusun Celikah, Kelurahan Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Lokasi Pesantren ini cukup strategis karena tidak jauh dari Gerbang Tol Gunung Sugih.  

Berikut rute menuju lokasi pembukaan muktamar melalui jalur darat dirangkum dari lampung.nu.or.id.

Baca Juga: Final, Muktamar ke-34 NU Digelar 17-19 Desember 2021 di Lampung

1. Rute dari Pelabuhan Bakauheni

Rute Lokasi Pembukaan Muktamar NU ke-34 di Pesantren Darussa'adahSuasana loket pembelian tiket Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Rute dari Pulau Jawa, muktamirin setelah tiba dari Pelabuhan Bakauheni, bisa masuk ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan.   Perjalanan itu sekitar 1,5 jam menuju Gerbang Tol Gunung Sugih, yang berjarak kurang lebih 131 km.  Biaya tol-nya sebesar Rp110.000. 

Setelah keluar gerbang tol Gunung Sugih, lalu belok kiri sekitar 170 meter, sampai ketemu plang Pesantren Darussa'adah di sebelah kanan.   Setelah memasuki jalan menuju pondok pesantren kurang lebih 2 km, lalu belok kiri sejauh 300 meter, maka muktamirin akan sampai di Pesantren Darussa'adah.

2. Opsi dari arah Sumatera Selatan

Rute Lokasi Pembukaan Muktamar NU ke-34 di Pesantren Darussa'adahIlustrasi jalan tol Ruas Kayuagung-Palembang-Betung /ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Muktamirin juga dapat menempuh jalur non tol melalui Jalan Lintas Sumatera menuju Gunung Sugih, Lampung Selatan. Jarak kurang lebih 143 km dengan estimasi waktu 3,5 jam.  

Sedangkan muktamirin dari arah Sumatera Selatan melalui  Gerbang Tol Palembang dan keluar di Gerbang Tol Gunung Sugih dengan jarak kurang lebih 263 km, dan estimasi waktu tempuh sekitar 3,5 sampai 4 jam. Biaya tol-nya sebesar Rp229.000. 

3. Akses dari Bandara Radin Inten II

Rute Lokasi Pembukaan Muktamar NU ke-34 di Pesantren Darussa'adahBandara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan (IDN Times/Istimewa)

Apabila menggunakan moda transportasi udara, setibanya di Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, perjalanan selanjutnya ke lokasi pembukaan muktamar melalui jalur darat. Jalur darat dari bandara ke Pesantren Darussa'adah dapat ditempuh melalui JTTS dari pintu tol Natar.

Petunjuk informasi menuju gerbang tol Gunung Sugih juga terpajang di jalan tol. Setelah keluar gerbang tol Gunung Sugih, belok kiri sekitar 170 meter, sampai ketemu plang Pesantren Darussa'adah di sebelah kanan.  

Setelah memasuki jalan menuju pondok pesantren kurang lebih 2 km, lalu belok kiri sejauh 300 meter, maka muktamirin akan sampai di Pesantren Darussa'adah.

Baca Juga: Panitia Muktamar NU ke-34 Kebut Pembangunan Pesantren Darussa'adah

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya