Comscore Tracker

Nihil SDA tapi Kaya SDM, Sekda Metro Dorong Percepatan City Branding

Berdampak pengembangan berbagai aspek kota 

Metro, IDN Times - Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo mengapresiasi upaya mendorong pembentukan city branding Kota Metro dalam rangka percepatan pembangunan. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri diskusi di Rumah Informasi Sejarah, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, city branding akan berdampak pada pengembangan berbagai aspek mulai dari pariwisata, investasi, jati diri, identitas dan citra Kota Metro. "Terlebih Metro tidak memiliki keunggulan di bidang sumber daya alam pada satu sisi namun memiliki kelebihan pada aspek sumber daya manusia pada sisi yang lain," jelasnya.

Baca Juga: Metro Butuh City Branding, Jual Potensi Kota

1. Pembentukan city branding dilakukan secara partisipatoris

Nihil SDA tapi Kaya SDM, Sekda Metro Dorong Percepatan City Brandingunplash.com

Bangkit menilai, proses pembentukan city branding dilakukan secara partisipatoris dan melibatkan berbagai perspektif dapat terus didorong bersama berbagai stakeholders.
Ia juga mengusulkan untuk mulai menghimpun potensi orang-orang Metro, baik yang ada diluar Metro maupun luar negeri agar dapat ikut berperan serta dalam pembangunan Kota Metro.

Diskusi putaran kedua kali ini juga dihadiri oleh Dinas PKP, PTSP, Bappeda, Kominfo, TPPI Kota Metro serta beberapa akademisi dari berbagai disiplin ilmu serta komunitas ini mulai menajamkan berbagai perspektif. Mulai dari sejarah, investasi, pengelolaan taman tematik, perencanaan, strategi komunikasi, eleman desain, pemberdayaan hingga pemanfaafan media sosial.

Selain para narasumber diskusi juga menghadirkan paparan warga kampung Bungur yang juga semangat membangun kampung.

2. Memiliki spirit dan karakter khas warga dan kota

Nihil SDA tapi Kaya SDM, Sekda Metro Dorong Percepatan City Brandinggoogle

Ghufron dari Metro Bergeliat berharap pada diskusi lanjutan yang akan digelar pada minggu pertama awal Januari 2022 mendatang mulai masuk pada metodologi pelibatan masyarakat secara lebih luas.

"Penting untuk memikirkan bagaimana diskursus city branding ini dapat menjangkau warga Metro secara lebih luas. Agar kelak city branding yang dihasilkan memiliki spirit dan karakter yang khas dari warga dan Kota Metro sendiri," ujarnya.

3. Diimplementasikan dalam berbagai produk promosi

Nihil SDA tapi Kaya SDM, Sekda Metro Dorong Percepatan City BrandingWebsite

3. Diimplementasikan dalam berbagai produk promosi
Aditya Wardhani, desainer grafis Metro menjelaskan, setiap kota membutuhkan city branding untuk menjual berbagai potensi yang dimiliki. "City branding mencerminkan karakter, identitas dan jati diri sebuah kota yang diimplementasikan dalam berbagai produk promosi," jelasnya.

Setali tiga uang, Bambang Suhada menambahkan, city branding tidak sekadar desain logo dan slogan. Melainkan sebuah upaya pencerminan karakter dan identitas sebagai upaya marketing.

"Esensi dari city branding sendiri adalah marketing untuk berbagai kebutuhan baik pariwisata, investasi dan lain lain. Dulu sudah kami rekomendasikan dalam RUPM Kota Metro," jelasnya.

Baca Juga: Keren! Sanggar Nuwo Budayo Metro Meriahkan Festival Payung Indonesia

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya