Comscore Tracker

Dear Pemudik, Jangan Beli Tiket Kapal Bakauheni Arus Balik via Calo Ya

Beli via online atau di rest area tol dan rumah makan

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung mengimbau kepada masyarakat melaksanakan arus balik dari kampung halamannya agar tidak membeli tiket kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dari calo.

“Belilah tiket di tempat yang telah ditentukan, jangan beli tiket kepada calo agar lebih aman dan nyaman. Harga tiket resmi dengan harga dari calo berbeda,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Jumat (6/5/2022)

Baca Juga: Kapolda Prediksi 200 Ribu Lebih Kendaraan Menyeberang dari Bakauheni

Tiket bisa beli di rest area tol

Dear Pemudik, Jangan Beli Tiket Kapal Bakauheni Arus Balik via Calo YaPT Hutama Karya (Persero) memrediksi arus kendaraan periode Natal 2021 dan Tahun Baru (2022) di Jalan Tol Trans Sumatera meningkat. (Dok. Hutama Karya).

Pandra menyatakan, tiket kapal untuk masyarakat dapat dibeli di tempat yang telah ditentukan seperti via online dan lainnya. Selain itu tersedia juga di gerai resmi rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Lampung dan beberapa rumah makan di Jalinsum Lampung Selatan.

Pembelian tiket di JTTS tersedia di rest area KM49, KM87 B, dan KM20 B. Sedangkan di rumah makan di antaranya, RM Siang Malam Penengahan Lampung Selatan, RM Tiga Saudara Ketapang Lampung Selatan, dan Rumah Makan Alam Mutiara, Lampung Selatan.

Opsi penyeberangan juga bisa melalui Pelabuhan Panjang

Dear Pemudik, Jangan Beli Tiket Kapal Bakauheni Arus Balik via Calo YaAktivitas mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pandra juga meningformasikan, Pelabuhan Panjang Bandar Lampung alternatif jalur penyeberangan apabila pemudik ingin menghindari potensi antrean panjang kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

Delapan kapal Roro disiagakan di tiga dermaga Pelabuhan Panjang Bandar Lampung untuk melayani pemudik periode arus balik lebaran 2022 selain Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Kapal itu terhitung per Rabu lalu sudah mengangkut sebanyak 70 unit sepeda motor dan 20 unit kendaraan mobil.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, per unit kapal Roro estimasi mampu mengangkut 1.500 sepeda motor dan 65 unit kendaraan mobil. Kapal Roro akan menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten.

pemudik naik kapal Roro untuk menyeberang menuju Pelabuhan Ciwandan dari Pelabuhan Panjang tidak akan mengantre lama untuk masuk kapal. Dalam satu hari, diperkirakan kapal Roro akan berlayar sebanyak tiga trip.

Manfaatkan pospam dan posyan untuk istirahat

Dear Pemudik, Jangan Beli Tiket Kapal Bakauheni Arus Balik via Calo YaMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono memastikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) siap dilalui pemudik. (IDN Times/Istimewa)

Pandra mengimbau masyarakat melakukan perjalanan balik agar menyiapkan stamina dan memastikan kendaraan tidak bermasalah. Selama dalam perjalanan, masyarakat dapat memanfaatkan pos pengamanan (Pospam), pos pelayanan (Posyan), dan pos terpadu baik yang ada di JTTS, Jalinsum, maupun di Pelabuhan Bakauheni.

Bagi pengendara lelah atau mengantuk dalam menempuh perjalanan 3 sampai 4 jam, jangan lupa istirahat sejenak. Setelah fit atau prima kembali silahkan melanjutkan perjalanan karena yang terpenting adalah keselamatan," imbaunya. 

“Jika selama dalam perjalanan melihat orang yang dicurigai agar dapat melapor kepada kantor polisi terdekat maupun ke Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu. Bisa juga masyarakat menghubungi call center 110 secara gratis. Mari kita bersama-sama mengikuti himbauan ini dengan tujuan agar perjalanan dapat lancar dan tidak ada kendala,” kata mantan Kapolres Meranti ini.

Baca Juga: Skema Pengaturan Kendaraan Masuk Pelabuhan Bakauheni Situasi 'Merah'

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya