Comscore Tracker

Apa Itu E-Samdes dan Desa Mart? Baru Diluncurkan Pemprov Lampung

Diklaim memudahkan warga desa bayar pajak kendaraan

Lampung Tengah, IDN Times -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan peluncuran Program Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui BUMDes menggunakan Aplikasi Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan L-Mart.  Selain itu, meresmikan Desa Mart Se-Provinsi Lampung di Gedung Sarana Olah Raga Kampung Wates, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (14/9/2021)

Program E-Samdes dan Desa Mart merupakan salah satu langkah Pemerintah Provinsi Lampung bersama-sama stakeholder terkait memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat tinggal di pelosok desa.

E-Samdes diharapkan mampu memberi alternatif kemudahan bagi wajib pajak untuk membayar pajak kendaraan bermotor yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) secara elektronik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) diwilayah masing-masing.

Itu lantaran, layanan menggunakan dua aplikasi yaitu Aplikasi e-Samdes dan Aplikasi L-Smart. Aplikasi e-Samdes merupakan aplikasi berbasis Android yang digunakan untuk mendapatkan kode bayar dan informasi tagihan pajak kendaraan bermotor. Sedangkan aplikasi L-Smart merupakan aplikasi berbasis Android digunakan oleh Agen Laku Pandai Bank Lampung untuk melaksanakan transaksi pembayaran PKB.

1. PKB penyumbang tertinggi penerimaan pajak daerah

Apa Itu E-Samdes dan Desa Mart? Baru Diluncurkan Pemprov LampungIlustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan, PKB merupakan penyumbang tertinggi penerimaan daerah dari sektor pajak daerah. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan penerimaan PKB perlu dilakukan peningkatan pelayanan dan pengembangan serta perluasan pelayanan terhadap masyarakat atau wajib pajak untuk mewujudkan penerimaan pajak yang optimal.

Menurut Arinal, penggunaan aplikasi e-Samdes milik Tim Pembina Samsat Provinsi Lampung dan aplikasi L-Smart milik Bank Lampung, telah selaras dengan program Gubernur Lampung tentang Smart Village atau Desa Cerdas Berbasis Digital. Itu terintegrasi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi dengan tujuan mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

"Dengan E-Samdes diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan ketaatan masyarakat dalam hal  membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Sehingga PAD Provinsi Lampung terus meningkat sebagai modal pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju Provinsi Lampung Berjaya," kata Arinal.

2. Desa Mart diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan di desa

Apa Itu E-Samdes dan Desa Mart? Baru Diluncurkan Pemprov LampungAplikasi Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan L-Mart dan Desa Mart simbolis diresmikan di Gedung Sarana Olah Raga Kampung Wates, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Terkait Desa Mart, Arinal menyampaikan, rogram tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama CV Chandra Perdana Abadi dan UMKM sebagai penyedia kebutuhan masyarakat. Kerjasama tidak semata-mata profit oriented tetapi lebih kepada pelayanan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang semakin dekat dan terjangkau.

"Dengan adanya Desa Mart diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan di desa, tempat pembayaran pajak daerah, dan pusat transaksi petani dalam implementasi kartu petani berjaya," ucapnya

Kepala Bapenda Lampung, Adi Erlansyah menambahkan, Desa Mart akan  menjadi supplier atau grosir yang menyuplai barang toko-toko kecil atau warung dengan harga grosir. 

Baca Juga: Hore, Lampung Peringkat Pertama Produksi Padi Tertinggi di Indonesia

3. Tahap pertama dapat diakses 26 BUMDes

Apa Itu E-Samdes dan Desa Mart? Baru Diluncurkan Pemprov LampungIlusatrasi Samsat Drive Thru untuk pembayaran pajak kendaraan. IDN Times/Rudy Bastam

Adi Erlansyah mengatakan, peluncuran program E-Samdes dan Desa Mart bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan kepada masyarakat terhadap PKB, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan Registrasi ldentifikasi Kendaraan Bermotor, dan pengesahan STNK tahunan agar lebih mudah dijangkau. Selain itu sebagai upaya optimalisasi PAD dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan meningkatkan penghasilan BUMDes dan mendorong kontribusi untuk Pendapatan Asli Desa dan kesejahteraan masyarakat desa.

"Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan Bank Lampung melalui penggunaan aplikasi Lampung Smart (L-Smart) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Transmigrasi Provinsi Lampung serta BUMDes sebagai tempat pembayaran," paparnya

Pada tahap pertama program E-Samdes dapat diakses pada 26 (dua puluh enam) BUMDes yang tersebar di seluruh kabupaten se-Provinsi Lampung.

4. Sangat ditunggu masyarakat di pelosok Lampung Tengah

Apa Itu E-Samdes dan Desa Mart? Baru Diluncurkan Pemprov LampungBupati Lampung Tengah Musa Ahmad. (lampungtengahkab.go.id)

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung karena telah memilih Desa Wates, di kabupaten setempat sebagai lokasi peluncuran aplikasi E-Samdes dan peresmian Desa Mart.

"Terus terang Pak Gub, program ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat Lampung Tengah. Wilayah kami cukup luas, jadi masyarakat yang di pelosok, butuh dua sampai tiga jam untuk sampai ke Gunung Sugih, dengan adanya program ini jadi bisa lebih cepat dan mudah," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno juga mengapresiasi Tim Pembina Samsat atas inovasi E-Samdes. Menurut Hendro, program tersebut mampu mengakomodir kebutuhan pelayanan publik yang mudah, murah, cepat dan transparan.

"Dalam Era industri 4.0, digitalisasi menjadi sangat masif dan harus direspons oleh pemerintah, Mudah-mudahan ini menjadi solusi yang baik, bagaimana masyarakat menjadi lebih taat dalam pembayaran pajak bermotor," paparnya.

5. Penandatanganan PKS lintas stakeholder

Apa Itu E-Samdes dan Desa Mart? Baru Diluncurkan Pemprov LampungAplikasi Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan L-Mart dan Desa Mart simbolis diresmikan di Gedung Sarana Olah Raga Kampung Wates, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Pada peresmian tersebut juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait pelayanan pembayaran PKB Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) serta Registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor, Pengesahan STNK Tahunan Wilayah Administrasi/Hukum Provinsi Lampung melalui Badan Usaha Milik Desa menggunakan aplikas E-Samdes dan L-Smart. 

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Dirlantas Polda Lampung, Kepala PT Jasa Raharja, Kepala Bapenda Prov Lampung, Direktur PT Bank Lampung, Kadis PMDT Prov Lampung dan Katua Bumdes

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Lampung, Kapolda Lampung, Direktur Operasional Jasa Raharja, Dirut PT Bank Lampung terkait Pelaksanaan Program Samsat Elektronik dan Layanan Jasa Perbankan Bank Lampung di Provinsi Lampung.

Diakhir kegiatan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau secara langsung Desa Mart dan proses pembayaran pajak kendaraan bermotor melalu aplikasi E-Samdes dan L-Smart di BUMDes Wates.

Baca Juga: Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel Pertama

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya