TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang Lebih Mahal? Ini Kata Kapolda

Dikeluhkan sejumlah pemudik, tarif beda dibanding harga resmi

Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno

Bandar Lampung, IDN Times -  Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno bakal menyelidiki keluhan pemudik terkait harga tiket penyeberangan di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung berbeda dengan tarif resmi ditetapkan. Bahkan, tarif jasa penyeberangan itu diduga lebih mahal dibanding Pelabuhan Bakauheni.

"Kami akan selidiki ini. Mungkin pengguna jasa membeli (tiket) tidak melalui jalur resmi, tapi via calo," jelas Hendro, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: 10 Potret Suasana Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Malam Hari

Lebih mahal dibanding tarif resmi

Ilustrasi uang. IDN Times/ istimewa

Diketahui, pemudik membeli tiket kapal di Pelabuhan Panjang lebih mahal dari tarif resmi. Contohnya, tarif sepeda motor Rp54.000, tapi dijual Rp75.000. Begitu juga tarif  kendaraan pribadi resminya Rp419 ribu menjadi Rp 435 ribu.

Merujuk hal itu, kapolda mengimbau pengguna jasa layanan penyeberangan membeli tiket kapal menggunakan aplikasi atau website ferizy.com. Selain itu, Hendro akan melakukan penataan ulang serta berkoordinasi kepada ASDP selaku otoritas penyeberangan terkait penyediaan layanan tiket secara langsung maupun online serta jadwal keberangkatan pasti bagi kapal pengangkut bagi para pemudik.

Lebih lanjut disampaikan Hendro, pemudik melintas di Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menggunakan jasa penyeberangan kapal di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung dapat keluar dari exit tol Km 74. Sejumlah plang informasi juga telah terpasang secara manual maupun dapat di akses perkembangan informasinya di sejumlah sosial media ataupun situs resmi tentang arus balik di Provinsi Lampung.

Siagakan 8 kapal

Suasana arus balik lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (6/5/2022) malam. (IDN Times/Martin L Tobing).

Delapan kapal Roro disiagakan di tiga dermaga Pelabuhan Panjang Bandar Lampung untuk melayani pemudik periode arus balik lebaran 2022 selain Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Kapal itu terhitung per Rabu lalu sudah mengangkut sebanyak 70 unit sepeda motor dan 20 unit kendaraan mobil.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, per unit kapal Roro estimasi mampu mengangkut 1.500 sepeda motor dan 65 unit kendaraan mobil. Kapal Roro akan menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten.

Baca Juga: Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran 

Berita Terkini Lainnya