Comscore Tracker

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan 

Menghadapi patah hati dengan cara positif dan sederhana

Bandar Lampung, IDN Times - Kehilangan seseorang disayang memang bukan hal mudah. Apalagi jika orang tersebut sudah hadir cukup lama dan memberi kesan berarti dalam hidup kita.

Tapi jangan pernah ragu untuk move on ya, jika dirasa hubungan itu memang sudah seharusnya berakhir. Kali ini IDN Times merangkum cara ampuh move on dari pasangan yang masih kamu cintai, merujuk dari kisah Dilan dan Milea dalam novel berjudul Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq.

Sikap Dilan sebagai tokoh utama dalam novel ini akan membuat kamu lebih berpikir positif pada pasangan meski sudah menyisakan luka yang dalam. Kamu juga akan belajar menghadapi patah hati dengan kegiatan-kegiatan positif tanpa harus melukai diri sendiri atau orang sekitar.

Simak selengkapnya di bawah ini yuk.  

1. Menghabiskan banyak waktu dengan teman

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Setelah putus dari Milea, Dilan memang kacau dan masih berharap bisa kembali lagi. Namun Dilan justru merasa tidak pantas dan takut semakin menyakiti Milea. Akhirnya dia memutuskan untuk menjauh dan tidak menghubungi Milea. 

Dilan mengalihkan perasaannya dengan cara berkumpul dan tertawa dengan teman-temannya. Latihan band dan  liburan ke pantai bersama teman-temannya.

Menurutnya dia justru menemukan dirinya hidup kembali saat menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Walaupun kegelisan kerap datang, Dilan berusaha menepisnya. 

“Sesekali kegelisahan menyelinap dalam diriku, tetapi tidak akan aku biarkan berlama-lama, kemudian menikmati seleraku sebagai anak muda yang merdeka” 

2. Berhenti bersikap dramatis

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan pexels.com/Inzmam Khan

Dilan memang patah hati setelah putus dari Milea. Namun dia berusaha menunjukkan dirinya cukup kuat dan bisa bahagia tanpa Milea.

Sang panglima tempur itu berpikir hidupnya tidak akan berhenti hanya karena putus dengan Milea. Hal itu dilakukan agar ia tetap bisa melindungi perasaannya dan harga dirinya.  

Meski patah hati, Dilan tetap mengendalikan dirinya supaya tidak terus menerus dikonsumsi oleh perasaan berduka dan tidak ingin larut dalam kesedihan bersama lautan air mata.  Menurut Dilan “Berhentilah bersikap dramatis”. 

Baca Juga: 5 Hal Perlu Diperhatikan saat Ajak Pacar ke Acara Keluarga

3. Rasakan hal-hal sederhana di sekitarmu

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan ilustrasi makan-makan (unsplash.com/alexhaney)

Bagi Dilan, patah hati memang tidak enak. Namun dia tetap ingin menikmati roti bakar dan kopi hitam di warung langganannya sambil tertawa terbahak-bahak bersama teman-temannya.

Dia tetap ingin menjadi orang yang riang. Bermain dengan kucing kesayangannya dan senang menonton MacGyver di televisi.

 “Bagiku meski patah hati tidak enak, aku masih tetap ingin menggantungkan lampu-lampu yang aku olah sendiri di sudut-sudut ruangan tergelapku! Ini tentang strategi. Tidak ada orang yang benar-benar mampu menangani persoalan. Tapi itulah caraku mengatasi keadaan dan membuat perlindungan diriku, menjaga kewarasan dan kesehatan diriku”. 

4. Jangan bergantung pada pandangan orang lain

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan Ilustrasi galau (pexels.com/Min An)

Jka kamu merasa bimbang saat menghadapi masalah dengan pasangan dan belum bisa mengambil keputusan karena terlalu banyak mendapat saran, kamu perlu mengikuti cara Dilan yang lebih mendengarkan intuisinya. 

“Aku merasa tidak harus bergantung pada pandangan orang lain untuk menangani masalahku sendiri. Aku bertanggung jawab pada diriku sendiri untuk memperbaiki diri dengan caraku sendiri. Aku ingin menjadi orang untuk diriku sendiri. Menjadi pahlawan untuk diriku sendiri. Aku bukan orang yang melaksanakan gagasan dari orang lain tentang bagaimana kita harus hidup”.  

5. Pikirkan yang baik-baik saja

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan ilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Miguel Arcanjo Sadd)

Dilan memang kesulitan melupakan Milea. Meski sudah melakukan banyak kegiatan, dia masih merindukan Milea dan mencintainya.

Namun dia berusaha ikhlas dan ingin Milea bahagia meski tanpanya. Selama proses move on, Dilan hanya memikirkan hal-hal yang membuatnya merasa lebih baik.  

“Aku lebih menghormati semua yang baik yang terjadi dalam hubunganku dengan Milea ketimbang memikirkan kesedihan dan berpisah”.  

6. Menerima dan ikhlas lebih penting daripada semuanya

Masih Berharap Sama Mantan? Kamu Perlu Coba Cara Move On ala Dilan ilustrasi cewek dan cowok saling menatap (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu sedang mengalami perpisahan tidak diinginkan, kata-kata dari Dilan ini bisa membantumu untuk lebih ikhlas menerima kanyataan. Menurut Dilan, yang perlu dilakukan adalah bagaimana untuk tetap baik-baik saja setelah melewati perpisahan itu. Menerimanya dengan ikhlas akan menjadi lebih penting daripada semuanya.  

“Rasa sedih jika ada, itu harus terbatas untuk memberi peluang munculnya harapan pada hari-hari berikutnya. Mengejar impian dan meraih kebahagiaan bersama seseorang yang dapat menghabiskan sisa hidup kita dengannya. Mudah-mudahan kita kuat. Sekuat kehidupan, cinta dan pemahaman. Karena rasa sedih dan kegagalan tidak selalu berarti kekalahan”.  
 

Gimana menurut kamu cara pandang Dilan terkait hubungannya dengan Milea? Relate gak dengan kisah cinta kamu terkait sangat mantan? 

Baca Juga: Putus Hubungan Asmara saat Emosi? Ini 5 Cara Ajak Mantan Balikan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya