Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Wanita Cantik, Bukan Genit Lho!

Cantik bisa jadi daya tarik utama bagi pria  

Setiap wanita pada dasarnya ditakdirkan menjadi cantik dengan segala yang ia miliki. Tidak harus berdandan super, memakai parfum yang semerbak wanginya atau memiliki tubuh langsing bak model.

Tetapi tahukah kamu jika ternyata pria itu ditakdirkan menyukai kecantikan alias ditakdirkan menjadi makhluk visual. Artinya, sudah nalurinya ia menyukai yang indah dipandang mata. Sehingga tak sedikit wanita yang berlomba-lomba ingin tampil cantik.

Berikut ini adalah lima alasan kenapa pria suka melihat kecantikan wanita, tak selamanya karena genit lho!

1. Ada sebuah pendekatan biologis membedakan antara otak pria dan otak wanita

5 Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Wanita Cantik, Bukan Genit Lho!unsplash.com/Christin Hume

Perbedaan antara otak pria dan wanita lebih dalam dijelaskan oleh LeDoux dalam bukunya Santrock berjudul Educational Psycology. Ia menjelaskan bahwasanya perbedaan ini terletak pada corpus collosum yakni sel-sel saraf menghubungkan antara dua belahan otak.

Dimana corpus collosum yang berkaitan dengan emosi pada wanita lebih besar dibanding pria. Sedangkan pada bagian lobus parietal di otak pria lebih besar dibanding wanita yang berperan penting dalam keterampilan visual. Sehingga pria akan lebih banyak mengandalkan visualnya.

2. Pria memiliki tingkat seksualitas lebih tinggi karena dipengaruhi hormon testosteron  

5 Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Wanita Cantik, Bukan Genit Lho!unsplash.com/Christopher Beddies

Secara alami pria memang memiliki area sexual pursuit pada otaknya di bagian hypothalamus. Besarnya bisa mencapai 2,5 kali lebih besar dibandingkan dengan wanita. Selain itu juga kadar hormon testosteron pria jumlahnya bisa mencapai enam kali lebih banyak.

Keadaan ini yang akan mengakibatkan seorang pria akan menggunakan visual dulu baru kemudian berpikir. Pria akan banyak mengalami distraksi oleh testosteron dan itu alamiah.

Baca Juga: 5 Alasan Pacar Memblokir Kontakmu saat Marah, Beri Dia Waktu!

3. Berdasarkan sebuah teori wanita disebut berperan sebagai objek yang dipandang   

5 Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Wanita Cantik, Bukan Genit Lho!neogaf.com/Forkball

Pada sebuah jurnal, seorang pakar psikologi mengatakan terdapat teori tatapan mata pria (male gaze) oleh Laura Mulvey. Teori ini merupakan sebuah pendekatan yang menyatakan bahwa seorang wanita akan dianggap sebagai objek dari tatapan pria.

Pria akan diasosiasikan sebagai subjek yang selalu memandang wanita. Pada dasarnya sebagai subjek, pria dianggap tidak bisa menahan diri dari objektivitas yang mengundang hasrat dorongan seksual.

4. Masalah adaptif dari perbedaan gender antara pria dan wanita 

5 Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Wanita Cantik, Bukan Genit Lho!unsplash.com/Mubariz M

Seorang psikolog evolusioner David Buss mengatakan perbedaan gender itu menyangkut masalah sangat luas. Perbedaan terbesar adalah kemampuan motorik dan agresi fisik yang menyebabkan pria menjadi lebih agresif dibanding dengan wanita.

Banyaknya pilihan atau keberagaman juga menjadikan pria akan semakin senang melihat wanita. Keragaman latar belakang dari wanita yang dilihat nyatanya juga membuat pria lebih tertarik. Hal ini telah dibuktikan oleh seorang peneliti David Deida dalam bukunya The Way of The Superior Man.

5. Namun pria juga akan mempertimbangkan kepribadian, latar belakang dan juga inner beauty 

5 Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Wanita Cantik, Bukan Genit Lho!pixabay.com/yimnao

Memang benar kecantikan fisik adalah hal menarik dimata para pria. Tetapi bukan berarti setelah melihat wanita cantik seorang pria akan merasa nyaman dan nyambung terhadap seorang wanita. Untuk menentukan apakah wanita tersebut layak dijadikan pasangan pria juga akan mempertimbangkan kriteria lain. Inner beauty seorang wanita, kepribadian yang hangat, humoris dan latar belakang yang baik akan sangat menentukan pula.

Nah, itulah lima alasan melatarbelakangi pria sangat menyukai wanita cantik. So, tidak ada salahnya untuk mulai berpenampilan lebih menarik lagi ya ladies agar kamu lebih percaya diri.

Baca Juga: 5 Cara agar Pasanganmu Mau Berkomitmen Tanpa Dipaksa, Gak Perlu Galau

It's Me, Sire Photo Community Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya