Comscore Tracker

Kompetisi Ikabi Unila, Juri Nilai 100 Karya Mahasiswa 35 Universitas

Dipilih 10 finalis dari masing-masing kategori

Bandar Lampung, IDN Times – SDGs Center Universitas Lampung (Unila) – Unila GreenMetric bekerja sama dengan UI GreenMetric menyelenggarakan kompetisi mahasiswa tingkat nasional. Kompetisi berupa karya tulis ilmiah dan videografi pada Kompetisi Inovasi Kampus Berkelanjutan Indonesia (Ikabi 2021).

Kompetisi bertema “Implementasi Konsep GreenMetric dalam Pengelolaan Kampus Berkelanjutan di Indonesia” ini telah memasuki tahapan penjurian pertama (review tahap 1).

Sebanyak 100 peserta akan diseleksi dan 10 finalis dari masing-masing kategori yaitu Videography dan Gagasan Tertulis akan melaksanakan presentasi di hadapan juri pada 14 Agustus mendatang.

Baca Juga: Mahasiswa Belajar Daring UKT Tetap Bayar Penuh? Ini Jawaban Unila

1. Peserta dari 35 universitas di Indonesia

Kompetisi Ikabi Unila, Juri Nilai 100 Karya Mahasiswa 35 UniversitasKampus Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Silviana).

Ketua pelaksana kegiatan Mahrus Ali, mengatakan, antusiasme peserta sangat terlihat untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang telah mengirimkan karya tulis maupun video.

Peserta tersebar dari 35 universitas di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, hingga Papua, seperti UGM, Undip, Unpad, Udayana, Unhalu, Unsyiah, Universitas Negeri Padang, Universitas Telkom, UNS, Itera, Untirta, UIN, serta Uhamka.

Perhelatan nasional ini akan dikaji tim dewan juri yang kompeten sesuai bidangnya dan merupakan perwakilan dari UI GreenMetric, unsur pimpinan Unila, tim SDGs Unila, serta tim Unila Greenmetric.

2. Tuangkan ide jaga lingkungan hidup

Kompetisi Ikabi Unila, Juri Nilai 100 Karya Mahasiswa 35 Universitashttps://elearn.id/blog/10-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-menyelamatkan-lingkungan-hidup/

Rektor Unila Karomani, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen Universitas Lampung dalam mewujudkan kampus yang berkelanjutan. Kegiatan ini memberi kesempatan para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia untuk menuangkan ide-ide dan konsep pemikiran yang ditujukan untuk menjaga lingkungan hidup.

“Harapannya, sumbangsih dan ide yang diberikan para mahasiswa dapat diimplementasikan pada prinsip-prinsip SDGs dalam pengelolaan kampus berkelanjutan Indonesia,” jelasnya.

3. Upaya motivasi mahasiswa hasilkan karya tulis dan video

Kompetisi Ikabi Unila, Juri Nilai 100 Karya Mahasiswa 35 UniversitasGoogle

Rangkaian kegiatan tahunan SDGs Center Unila ini juga menjadi salah satu upaya memotivasi para mahasiswa se-Indonesia untuk turut berpartisipasi menghasilkan karya tulis maupun video.

Sumber karya tulis dari hasil mengelola imajinasi, persepsi, nalar, tata kelola kampus yang futuristik dan konstruktif, sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia.

Hal itu meliputi implementasi proses recycling, hydration station, save energy, minimize waste and packaging, green transportation, dan aksi lainnya.

Baca Juga: Program Merdeka Belajar, ITERA dan Unila Ada Pertukaran Mahasiswa Tehnik

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya