Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!

Kamu bisa menikmati secara cetak dan aplikasi webkomik

Bandar Lampung, IDN Times - Semakin berkembangnya dunia digital, komikus-komikus muda dalam negeri kini makin bertambah. Mereka muncul di banyak tempat seperti di webtoon atau komik cetak bersama ide baru, cerita segar, dan tentunya kemampuan gambar mumpuni.

Dengan banyaknya persaingan mancanegara seperti manga dan manhwa, tentunya mereka tak mau kalah saing dengan cara menyuguhkan cerita khas dalam negeri yang asik tanpa membawa gaya manga sama sekali.

Berikut 7 komik karya anak bangsa cerita menarik dan perlu kamu dukung dengan membaca karyanya!

1. Matahari Setengah Lingkar

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!Matahari Setengah Lingkar. (Summer Ballad)

Matahari Setengah Lingkar merupakan karya debut Chairunnisa di webtoon. Menceritakan tentang gadis bernama Kay yang terbelenggu selama bertahun-tahun dengan perasaannya terhadap teman SMA-nya Arka.

Meski idenya sederhana, tapi Chairunnisa dapat menyuguhkan alur luar biasa dalam webtoon pertamanya ini. Penokohan yang kuat, sudut pandang, cerita sampingan yang tak membosankan, beberapa plot twist, serta ending tidak klise membuat kisah dalam Matahari Setengah Lingkar tak bisa kamu lewatkan.

2. Joyful Delight

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!webtoons.com

Sekuel dari Matahari Setengah Lingkar, Chairunnisa mencoba menceritakan kisah cinta Joy, sahabat Kay (tokoh utama di Matahari Setengah Lingkar) dengan chef bernama Aidan.

Bagaimana Aidan dan Joy dapat mempertahankan hubungan mereka di antara waktu-waktu kramat yaitu dari lamaran ke proses pernikahan. Apalagi Aidan harus kembali ke Turki, tanah kelahirannya untuk mengambil alih restoran keluarga karena Ayahnya sakit.

Baca Juga: 8 Komik Romantis tapi Tokoh Utamanya Antagonis Wanita, Seru Dibaca!

3. Guardian Devil

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!Cover Guardian Devil. (Instagram/maghfirare)

Prekuel dari webseries berjudul Edelyn, komik karya Yudha Negara Nyoman, Anissa Pandan Sari, dan Adelia Maghfira ini memiliki genre gore. Untungnya komik ini tersedia hitam putih sehingga kamu tidak akan benar-benar melihat warna darah dalam komik ini.

Menceritakan tentang Edelyn, anak yatim piatu dan baru tiba di panti asuhan ini memiliki sifat cukup pendiam dan suram. Hal itu membut anak-anak panti takut mendekatinya dan membuat Edelyn menjadi penyendiri.

Namun Jessica, anak panti pemberani dan periang mencoba akrab dengan Edelyn. Mereka pun menjadi dekat dan Jessica berjanji untuk tidak meninggalkan Edelyn. Sampai akhirnya Jessica diadopsi.

4. Anak Kos Dodol

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!Anak Kos Dodol. (Goodreads)

Anak Kos Dodol merupakan komik adaptasi dari novel berjudul sama karya Dewi Dedew Rika. Seperti novelnya, komik ini menceritakan kisah penghuni Kosan Puri Cantika 2 yang unik-unik sekali, dari mulai karakter hingga kisahnya.

Komik bergenre komedi ini memiliki cerita yang sangat realistis tentang mahasiswa Yogyakarta dan segala problematikanya di kosan. Dari kisah asmara, drama antar anak kosan, kemiskinan anak kosan di tanggal tua, kisah horor, dan sebagainya.

5. Aegis Orta

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!google

Komik karya webtoonis Lunaria Co ini berhasil meraih sekitar 12 juta like di laman webtoon. Aegis Orta juga merupakan salah satu webtoon dengan episode panjang. Hingga saat ini, komiknya masih berjalan di musim ketiga.

Bergenre fantasi, Aegis Orta menceritakan kisah Val, seorang anak SMA biasa dan menjalani kesehariannya dengan biasa. Namun tiba-tiba Ia dikejutkan dengan kehadiran bangsa iblis di dalam hidupnya. Bagaimana Iblis itu membuat Val mulai menyelidiki dirinya dan orang tuanya.

6. Gloomy Sunday

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!webtoon.com/gloomy sunday

Kalau kamu suka horor thriller dan agak disturbing kamu bisa banget baca Gloomy Sunday. Webtoon ini merupakan kumpulan cerita dari beberapa tema. Sehingga kamu bisa membaca secara acak tanpa harus menghiraukan judul cerita lainnya.

Selain itu tema yang dibawa juga cukup ekstrem seperti aliran sesat, komunitas aneh, atau munculnya barang aneh seperti halnya komik fantasi-science fiction.

7. Creep In

Rekomendasi 7 Komik Karya Anak Bangsa Paling Menarik dan Populer!webtoon.com

Creep In merupakan komik horor karya webtoonis Ino Septian. Sebelumnya Ia berhasil membuat bulu kuduk merinding dengan 90 episode webtoon berjudul Creep yang merupakan kumpulan kisah-kisah horor dan dapat kamu baca secara acak.

Namun bedanya di Creep In, lebih kepada komik bersambung dengan menggunakan sudut pandang Nilam dan Arya. Nilam memiliki dua adik yang harus ia jaga karena orang tua mereka telah meninggal dunia.

Namun kakak beradik ini tak pernah tenang karena ada saja gangguan dari makhluk tak kasat mata di hidup mereka. Arya yang indigo selalu membantu Nilam untuk menghadapi makhluk-makhluk tersebut.

Itulah 7 komik dalam negeri yang enggak kalah keren mulai dari cerita dan gambarnya. Kamu bisa menikmati karya-karya mereka lewat aplikasi web komik atau versi cetaknya di toko buku terdekat.

Baca Juga: 5 Film Superhero Adaptasi dari Komik, Biaya Produksi Mahal Abis! 

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya