Comscore Tracker

Urutan 11 Film Naruto Berdasarkan Kronologi Waktu Ceritanya

Mulai dari Naruto kecil hingga jadi Hokage

Franchise animasi Naruto adalah salah satu dari tiga besar anime. Serial ini mampu disukai banyak orang dan kalangan lewat Naruto dan Naruto Shippuden. Protagonis utama dalam serial animasi Naruto, Naruto Uzumaki mendedikasikan dirinya untuk mencapai satu-satunya mimpinya menjadi Hokage dari Konohagakure.

Seiring berjalannya seri, Naruto berubah dari awalnya seorang anak kecil yang dikucilkan menjadi seorang ninja yang patut diperhitungkan. Dia mendapatkan teman baru, menyempurnakan keterampilannya, dan berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. 

Tak hanya anime, franchise Naruto juga merambah ke layar lebar demi menjangkau lebih banyak penggemar di seluruh dunia. Buat kamu yang bingung dengan alur cerita dalam film-film Naruto, berikut adalah urutan 11 film Naruto berdasarkan kronologi waktu ceritanya.

1. Naruto The Movie: Ninja Clash In The Land Of Snow

https://www.youtube.com/embed/p2mXWbW9YZI

Berlatar waktu setelah peristiwa yang terjadi pada episode 101 di serial Naruto, film Naruto the Movie: Ninja Clash in the Land of Snow dirilis pada tahun 2004. Kakashi Hatake menugaskan Tim 7 dengan misi untuk memastikan keselamatan aktris terkenal, Yukie.

Saat bekerja, Tim 7 menemukan identitas sebenarnya dari aktris tersebut. Yukie adalah Putri Koyuki Kazahana berasal dari Negeri Salju. Naruto, Sasuke dan Sakura harus melindungi sang putri selama ia sedang melakukan proses syuting film.

2. Naruto The Movie: Legend Of The Stone of Gelel

https://www.youtube.com/embed/4EiTuiYlvgo

Naruto the Movie: Legend of the Stone of Gelel menggunakan waktu setelah apa yang terjadi pada serial animasi Naruto episode ke-160. Film rilisan tahun 2005 ini mengisahkan Naruto, Sakura, dan Shikamaru Nara saat mereka memulai misi untuk melindungi Stone of Gelel.

Awalnya, ada sebuah klan mengendalikan kekuatan batu itu, namun batu itu menjadi rebutan banyak pihak pada akhirnya. Stone of Gelel adalah batu mineral yang memberikan kemampuan regenerasi dan memperlambat penuaan bagi penggunanya. Batu ini bisa menyebabkan kehancuran jika digunakan oleh orang yang salah.

Baca Juga: 11 Biju Naruto Beserta Kemampuannya, Siapa Terkuat?

3. Naruto The Movie 3: Guardians Of The Crescent Moon Kingdom

https://www.youtube.com/embed/THXFAVKRs18

Film Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom rilis pada Agustus 2006. Flm ini berlatar waktu setelah episode ke-196 dalam serial animasi Naruto. Naruto dan teman-temannya berangkat untuk melindungi pangeran Negeri Bulan, Michiru Tsuki, dan putranya, Hikaru Tsuki.

Naruto, Sakura, dan Rock Lee melawan tentara bayaran bernama Ishidate. Atas perintah menteri Shabadaba ingin mendapatkan kekuasaan, Ishidate berangkat untuk membunuh sang pangeran dan putranya. Naruto dan teman-temannya menyelamatkan sang pangeran dan akhirnya menjalin hubungan persahabatan dengan Negeri Bulan.

4. Naruto Shippuden: The Movie

https://www.youtube.com/embed/CFEHpoQ4-oI

Naruto Shippuden the Movie adalah film pertama yang hadir dalam serial Naruto Shippuden. Film ini berlatar belakang pada peristiwa episode ke-32. Film ini ditayangkan pada tahun 2007 dan langsung menjadi hits di Jepang.

Naruto yang kini sudah beranjak remaja diramal akan segera mati. Saat berjuang melawan ramalan ini, Naruto dan teman-temannya berangkat untuk melindungi pendeta, Sion. Sion adalah satu-satunya makhluk dengan kekuatan untuk menyegel iblis Moryo, yang rohnya mengancam untuk menghancurkan seluruh dunia.

5. Naruto Shippuden The Movie: Bonds

https://www.youtube.com/embed/OkI3ZCEbx_E

Film kedua dari serial Naruto Shippuden, Naruto Shippuden the Movie: Bonds berlatar waktu pada episode 71. Film ini mengisahkan Konohagakure untuk melindungi desa mereka dari serangan Negeri Langit. Negeri Langit bersikukuh untuk membalas dendam karena menderita di tangan Konohagakure selama Perang Dunia Ninja Kedua.

Amaru, seorang anak laki-laki dari desa lain yang hancur, menemukan jalan ke Konohagakure untuk memperingatkan mereka tentang ancaman dari Negeri Langit. Amaru akhirnya menemukan perlindungan dan rumah di Konohagakure.

Baca Juga: 9 Musuh Pernah Mengalahkan Naruto

6. Naruto Shippuden The Movie: The Will Of Fire

https://www.youtube.com/embed/xR62roSYoAo

Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire adalah film dalam serial Naruto Shippuden ketiga yang dirilis pada tahun 2009. Setelah episode 121, film ini membahas kekhawatiran akan kemungkinan Perang Dunia Ninja Keempat.

Kekhawatiran ini terungkap mengingat hilangnya empat ninja yang menjaga Sunagakure, Iwagakure, Kumogakure, dan Kirigakure. Naruto dan teman-temannya melawan Hiruko, seorang ninja yang meninggalkan Konohagakure. Tujuan Hiruko adalah untuk mengambil alih dunia setelah terjun ke dalam perang.

7. Naruto Shippuden The Movie: The Lost Tower

https://www.youtube.com/embed/hPerisY9Ppg

Film Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower adalah film keempat dalam serial Naruto Shippuden. Dalam misi untuk menangkap ninja yang hilang, Mukade, Naruto dan Yamato menemukan diri mereka dikirim kembali ke 20 tahun yang lalu di kota Loran.

Di masa lalu, Naruto bertemu ayahnya, Minato Kamikaze, dan melawan kejahatan bersamanya. Peristiwa film ini tidak mempengaruhi serial utama.

8. Naruto Shippuden The Movie: Blood Prison

https://www.youtube.com/embed/glGFACbga04

Film rilisan tahun 2011, Naruto Shippuden the Movie: Blood Prison adalah film Naruto Shippuden yang kelima. Setelah episode 196, mengisahkan Naruto Uzumaki dituduh menyerang Raikage Keempat.

Naruto akhirnya dipenjara di Kastil Hozuki. Di sini, kepala penjara Mui menempatkan segel pada Naruto untuk membatasi chakranya dan Kurama. Naruto kehilangan akses ke sebagian besar kekuatannya. Naruto berencana untuk melepaskan diri dari penjara tersebut dengan bantuan sekutunya.

Baca Juga: Bingung Tonton Urutan Film dan Serial Marvel? Ini Timelinenya

9. Road To Ninja: Naruto The Movie

https://www.youtube.com/embed/WhPOcizrFqg

Film Road to Ninja: Naruto the Movie adalah film Naruto kesembilan secara keseluruhan. Peristiwa terjadi dalam film ini setelah episode 251 serial Naruto Shippuden. Tobi, mengikuti perintah Madara, menggunakan kekutana Tsukuyomi dan mengirim Naruto ke alam semesta yang lain.

Di alam semesta ini, hal-hal dan orang-orang bertentangan dengan apa ada di alam yang sebenarnya. Kita bisa melihat interaksi Naruto dengan orang tuanya, sisi Sasuke yang lebih baik dan pengertian, dan Sakura yang sekarang hidup menderita sebagai yatim piatu.

10. The Last: Naruto The Movie

https://www.youtube.com/embed/SDIvvapG0sE

Film The Last: Naruto the Movie berlatar waktu dan tempat setelah Perang Dunia Ninja Keempat. Film ini mengisahkan Toneri Otsutsuki, keturunan dari Homura Otsutsuki, Sage of the Six Paths.

Toneri mencoba untuk menculik Hinata Hyuga, namun gagal. Sebagai gantinya, Toneri menculik Hanabi, adik dari Hinata. Pada akhir film ini, kita akhirnya bisa menyaksikan akhir yang bahagia, di mana Naruto menikahi Hinata. Mereka memulai keluarga mereka sendiri dengan anak-anak mereka, Boruto dan Himawari.

11. Boruto: Naruto The Movie

https://www.youtube.com/embed/wmU-Nr40MCY

Peristiwa yang terjadi dalam film Boruto: Naruto the Movie adalah sebelum dimulainya serial Boruto: Naruto Next Generations. Film ini berfokus pada Boruto Uzumaki, putra dari Naruto dan Hinata.

Boruto membentuk tim dengan putri Sasuke dan Sakura, Sarada Uchiha, dan anak Orochimaru, Mitsuki, dan bersiap untuk mengikuti ujian Chunin. Dalam film ini, Naruto mengorbankan dirinya untuk melindungi Kurama dari dua penjahat yang ingin mencuri kekuatannya. Boruto, bersama dengan Sasuke, melakukan perjalanan ke dimensi lain untuk membawa Naruto kembali.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan untuk menyaksikan film-film Naruto sesuai dengan urutan waktunya. Siapa di sini yang suka banget dengan Naruto?

Baca Juga: 7 Game DC Comic Terbaik Sepanjang Masa, Ada Injustice

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya