Comscore Tracker

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurih

Andalkan belimbing wuluh untuk mendapatkan sensasi cita rasa

Resep Gulai Taboh adalah warisan kekayaan kuliner Nusantara yang wajib dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Kuliner khas daerah Lampung ini mirip dengan gulai ikan santan, namun dengan citarasa yang lebih segar berkat adanya tambahan belimbing wuluh. 

Sehingga tidak memiliki  kesan amis namun tetap lekat dengan rasa gulai yang gurih. Setiap suapan dari gulai Taboh sangat terasa di lidah berkat adanya bumbu rempah-rempah khas Lampung yang sangat khas. Berikut resep Gulai Taboh bisa kamu coba di rumah.

1. Bahan utama

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurihpixabay.com

Dilihat sekilas, Gulai Taboh nampak seperti sayur lodeh yang banyak dikenal masyarakat. Namun bedanya memakai ikan sebagai bahan dasarnya. Bumbu dan rempah yang digunakan pun khas sehingga memunculkan citarasa masakan Lampung otentik.

Bahan-bahan utama untuk membuat satu porsi gulai Taboh adalah 500 gram ikan asap. Bisa menggunakan ikan apapun sesuai selera. Bahan selanjutnya adalah 200 ml santan kental, gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya.

2. Bumbu halus

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurihunsplash.com/Katie Smith

Untuk memunculkan citarasa Lampung yang khas pada resep Gulai Taboh , diperlukan bahan bumbu halus bawang putih 4 siung, bawang merah 8 siung, 3 butir kemiri, cabai rawit merah sesuai selera dan satu ruas kunyit. Haluskan semua bumbu ini dengan cobek atau blender. Namun cobek dipercaya dapat membuat citarasa gulai lebih keluar, jangan lupa tambahkan air setelah bumbu menjadi halus.

3. Bumbu utuh

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan GurihBelimbing wuluh. Dok: istimewa

Untuk bumbu utuh, siapkanlah 5 buah belimbing wuluh lalu iris-iris sesuai selera. Selanjutnya memarkan 1 batang serai dan 1 ruas lengkuas, serta siapkan daun kemangi secukupnya. Daun kemangi pada masakan gulai ini berfungsi untuk memberikan aroma khas dan semakin menghadirkan warna pada masakan yang dihidangkan.

Baca Juga: Resep Engkak Ketan Khas Lampung, Tekstur Kenyal dan Gugah Selera

4. Masak bahan-bahan utama

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurihtodayscoloradan.com

Untuk memasak resep Gulai Taboh pertama siapkan ikan asap, lalu cuci hingga bersih. Panaskan minyak dan tumislah bumbu halus yang telah dipersiapkan tadi. Tumis hingga bumbu halus menjadi harum

Jika sudah tercium bau harum, masukkan lengkuas dan serai yang telah digeprek tadi ke dalam wajan, lalu aduk-aduk bumbu hingga matang.

5. Masukkan belimbing wuluh

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan GurihBelimbing wuluh (IDN Times/Ayu Afria)

Tuangkan air secukupnya, lalu masak air hingga mendidih. Selanjutnya masukkan ikan asap yang telah dibersihkan, garam dan bumbu kaldu sesuai selera. Masak sebentar saja hingga masakan kembali mendidih.

Tuangkan santan dan masukkan irisan belimbing wuluh. Aduk-aduk hingga merata dan tunggu hingga santan matang.

6. Gulai Taboh siap dinikmati

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan GurihGulai Taboh (instagram.com/aerofrontonecabinlampung)

Resep Gulai Taboh terakhir adalah memasukkan daun kemangi dan lakukan uji rasa. Jika dirasa sudah pas segera matikan api dan pindahkan Gulai Taboh ke wadah lain untuk dihidangkan. Gulai Taboh telah siap untuk disantap bersama keluarga dirumah.

7. Variasi Gulai Taboh

Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurihcookpad.com

Gulai Taboh berdasarkan penuturan masyarakat Lampung asli terdiri dari dua tipe. Tipe pertama menggunakan ikan laut sebagai bahan dasar yang dipadukan dengan sayur tangkil, rebung dan kacang panjang sebagai pendampingnya.

Sedangkan tipe gulai Taboh lain mengandalkan ikan air tawar dari sungai yang dipadukan dengan campuran tuba atau kluwek. Namun semua tipe gulai Taboh yang ada tetap mengandalkan belimbing wuluh untuk mendapatkan sensasi cita rasa khas Lampung.

Itulah tadi resep Gulai Taboh khas Lampung yang memiliki citarasa unik. Perpaduan santan yang gurih dengan belimbing wuluh yang segar menjadikan masakan khas Lampung ini benar-benar unik dan khas. Bagaimana, tertarik untuk membuat gulai Taboh sendiri dirumah?

Baca Juga: Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal Hakiki

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya