Comscore Tracker

5 Olahan Mie Unik dan Lezat di Lampung, Siap-siap Lapar Guys!

Mie selada, mie bakar, mie kuah susu, mie melotot 

Bandar Lampung, IDN Times - Siapa yang tak suka makan mie. Kuliner legendaris yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu ini, semakin memiliki beragam rasa dan cara penyajian yang menggugah selera.

Berikut IDN Times rangkum lima olahan mie di Lampung yang bakal bikin kamu ngiler dan nggak sabar nyobain. 

1. Mie selada warna-warni, topping bisa pilih sesuai selera

5 Olahan Mie Unik dan Lezat di Lampung, Siap-siap Lapar Guys!IDN Times/Istimewa

Siapa bilang makan mie nggak sehat? Untuk mie yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami yang justru bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebut saja bunga telang untuk membuat mie berwarna biru, selada atau sayuran hidroponik lainnya untuk membuat mie berwarna hijau, buah naga naga untuk membuat mie berwarna pink, dan tinta cumi untuk membuat mie berwarna hitam. 

Satu porsi mie sudah dilengkapi topping yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ada topping ayam potong, jamur, sapi lada hitam dan ayam cincang. Tidak hanya itu saja, untuk menambah kenikmatan, kamu juga bisa memesan makanan pendamping yaitu pangsit ayam dan bakso ikan. 

Kalau mau makin nikmat lagi, ada cara makannya juga loh. Pertama, masukkan sambal sesuai selera, tambahkan acar, bawang goreng dan biar makin segar tambahkan perasan jeruk nipis. Mie selada warna-warni pun siap disantap mulai Rp23 ribu tergantung topping. 

Riska Chandra pemilik kedai Mie Selada Lampung, mengatakan, pelanggannya tak hanya dari Lampung saja. Pelancong dari Pulau Jawa pun sering singgah dan mencicipi mie sehat unik di Sai Bumi Ruai Jurai ini. Terkait usungan nama mie selada terinspirasi dari tanaman sering di tanam oleh orang tua Riska.

"Papa dulu suka nanem, kebetulan banyak nanem daun selada. Karena bingung mau bikin nama mie apa ya, ya udah akhirnya mie selada aja," selorohnya, Selasa (13/10/2020).

2. Mie bakar

5 Olahan Mie Unik dan Lezat di Lampung, Siap-siap Lapar Guys!IDN Times/Istimewa

Wah, kalau yang satu ini dari namanya saja sudah unik dan pastinya lezat. Mie bakar yang belum banyak dilirik oleh penjual kuliner Lampung ini harus melalui beberapa proses untuk sampai ke meja hidangan.

Pertama, mie direbus seperti memasak mie pada umumnya, lalu ditumis dengan sejumlah rempah dan bumbu penyedap rasa lainnya. Setelah ditumis, mie langsung di bungkus dengan daun pisang yang dilengkapi dengan topping seperti sosis, ayam dan keju.

Tahap terakhir bikin mie ini unik dan menambah aroma yang sedap adalah dibakar. Aroma daun pisang terbakar berpadu dengan bumbu rempah-rempah membuat perut semakin keroncongan. 

Kamu yang penasaran ingin mencicipi sajian ini, dapat menyambangi Mie Bakar Nabila Jalan Imam Bonjol Nomor 91, Lebak Budi, Bandar Lampung. Harga menu mulai Rp21 ribu tergantung topping. 

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin Ketagihan

3. Mie kuah susu

5 Olahan Mie Unik dan Lezat di Lampung, Siap-siap Lapar Guys!IDN Times/Istimewa

Mie yang nggak kalah unik lainnya adalah mie yang dicampur kuah susu. Berawal dari kecintaannya pada kuliner mie, Bella C Edwin pemilik Mixkitchen Lampung, mencari invosi baru untuk menjual mie dengan harga murah tapi rasanya bak makan mie di negeri tirai bambu.

"Kalau mau jualan ramen bahan-bahannya mahal banget. Terus kalau dijual harganya juga mahal kan. Jadi aku cari bahan yang terjangkau buat di jual dengan harga murah," jelasnya. 

Tak mau kalah dengan rasa mie yang dijual di restoran mewah, Bella mengolah mie ayam biasa yang dicampur dengan beef slice dan lada hitam. Lalu diberi kuah susu menjadi kuliner lezat dengan harga yang ramah.  

Satu porsi mie yang diberi nama Mie Beef Slice ini dibanderol Rp20 ribu saja. "Pakai toping slice gitu dibumbuin pake lada hitam. Setiap orang yang udah pernah cobain ini pasti repeat order. Kata mereka rasanya mirip banget sama  mie ramen yang di jual di salah satu mallLampung," terang Bella. 

4. Mie ayam steak

5 Olahan Mie Unik dan Lezat di Lampung, Siap-siap Lapar Guys!IDN Times/Istimewa

Selalu ada inovasi baru untuk menambah daya tarik olahan mie ini. Mie yang satu ini menggunakan steak sebagai tambahan topping.

Sajiannya tak jauh berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Menggunakan ayam cincang, daun sawi, irisan daun bawang dan pangsit.

Menambah istimewa sajian ini adalah irisan daging tipis di atas semangkuk mie pangsit. Mie ini dijual mulai Rp29 ribu tergantung tambahan topping lainnya. Pusat kuliner ini berlokasi di Jalan KS Tubun Nomor 5 Rawa Laut, Bandar Lampung. 

5. Mie ayam melotot

5 Olahan Mie Unik dan Lezat di Lampung, Siap-siap Lapar Guys!IDN Times/Istimewa

Kalau kuliner  lain menggunakan nama sebagai pemanis untuk menarik perhatian pelanggan. Mie ayam satu ini justru menggunakan nama yang cukup sangar.

Ya, melotot sesuai dengan rasa yang ada pada mie ayam ini. Cocok buat kamu yang menyukai kuliner super pedas. Dijamin sampai melotot deh kalau makan mie ayam ini. 

Sensasi rasa super pedas yang ada pada mie ayam melotot ini berasal dari olahan ceker ayam yang dilumuri dengan sambal merah. Semangkok mie dibandrol dengan harga Rp15 ribu sudah termasuk tiga ceker dan ada tambahan topping bakso. Pemesanan menu ini melalui layanan ojek online.

Baca Juga: Mengulik Makanan Khas Lampung, Bikin Ngiler Pecinta Kuliner

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya