Comscore Tracker

BI: Pertumbuhan Ekonomi Lampung Melambat, Peringkat 8 se-Sumatera

Triwulan I 2020 turun signifikan dibanding triwulan I 2019

Bandar Lampung, IDN Times- Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, Senin (6/7/2020) menyatakan, perekonomian Lampung tumbuh sebesar 1,73 persen (year on year/yoy) pada triwulan I 2020. Pertumbuhan itu jauh lebih rendah dibanding pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 5,07 persen (yoy).

Selain itu, ekonomi Lampung juga melambat dibandingkan periode yang sama tahun 2019 yang mencapai 5,18 persen (yoy). Dilansir dari Antara, kondisi itu dipicu beberapa faktor.
 

1. Perlambatan konsumsi rumah tangga

BI: Pertumbuhan Ekonomi Lampung Melambat, Peringkat 8 se-SumateraIlustrasi Berbelanja (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Budiharto menjelaskan, konsumsi rumah tangga tumbuh melambat disebabkan normalisasi konsumsi masyarakat pasca periode Natal dan Tahun Baru.

Selain itu karena penurunan daya beli masyarakat petani seiring penurunan kinerja sektor pertanian, serta penurunan permintaan akibat adanya physical distancing dan penurunan daya beli masyarakat seiring penyebaran COVID-19.  

2. Penurunan kinerja di hampir semua sektor ekonomi

Baca Juga: Duet BI-Kemenkeu Berbagi Beban Pulihkan Ekonomi Hanya untuk Tahun Ini 

BI: Pertumbuhan Ekonomi Lampung Melambat, Peringkat 8 se-SumateraPetani di Lebak, Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Budi menambahkan, dari sisi penawaran, perlambatan ekonomi Lampung pada triwulan I 2020 disebabkan kontraksi pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Sektor itu notabene merupakan sektor utama perekonomian Lampung. 

3. Lampung peringkat ke-8 dari 10 provinsi di Sumatera

BI: Pertumbuhan Ekonomi Lampung Melambat, Peringkat 8 se-Sumateraidntimes.com

Budiharto menyebutkan, realisasi pertumbuhan ekonomi Lampung triwulan I 2020 juga tercatat lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi Sumatera (3,25 persen; yoy), nasional (2,97 persen; yoy), dan rata-rata pertumbuhan selama 3 tahun terakhir (5,14 persen; yoy).

Menurutnya, dibandingkan dengan sepuluh provinsi di Sumatera, Lampung berada pada peringkat ke-8. Itu turun signifikan dibandingkan dengan peringkat Lampung pada triwulan I 2019 dan keseluruhan tahun 2019 yang tercatat pada peringkat ke-3 dan ke-2 tertinggi di Sumatera.

Baca Juga: Jokowi Khawatir Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal II Akan Minus

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya