5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? 

Ada 33 gol tercipta sepanjang tahun 2022

Sepanjang tahun 2022, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong (STY) telah melakoni 12 pertandingan dengan rekor positif yakni 8 kemenangan, 2 imbang, dan hanya 1 kekalahan. Timnas juga produktif dalam urusan mencetak gol, tercatat ada 31 gol berhasil dilesatkan pemain Indonesia ke gawang lawan dan 2 gol bunuh diri oleh lawan.

Lantas, siapa saja pemain yang paling banyak mencetak gol untuk Timnas Indonesia di tahun 2022? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Dimas Drajad  

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? Dimas Drajad berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Nepal (instagram.com/dimasdrajad)

Dimas Drajad menjadi satu-satunya striker masuk ke dalam lima besar pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia 2022. Debut di timnas pada laga persahabatan melawan Bangladesh (1/6/2022), ia berhasil mencetak 3 gol dan 1 assist dalam 6 laga sepanjang tahun 2022.

Gol perdana Dimas Drajad tercipta pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Nepal (14/6/2022). Gol ia cetak melalui sundulan dengan memanfaatkan umpan silang dari Asnawi. Lalu, gol kedua ia cetak lewat tendangan kaki kirinya di pertandingan persahabatan melawan Curacao (24/9/2022). Pada pertandingan itu, ia juga memberikan 1 assist kepada Marc Klok.

Pada laga kedua melawan Curacao (27/9/2022), Dimas Drajad mencetak gol ketiganya pada menit ketiga pertandingan. Sayangnya, torehan gol Dimas Drajad di tahun 2022 harus terhenti sampai di situ. Ia terkena cedera, sehingga tidak ikut serta dalam Piala AFF 2022.

2. Egy Maulana  

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? Egy Maulana berselebrasi usai cetak gol ke gawang Kamboja (instagram.com/egymaulanavikri)

Egy Maulana debut di Timnas Indonesia di era kepelatihan Luis Milla, tepatnya di pertandingan persahabatan melawan Islandia (14/1/2018). Ia kemudian dipanggil kembali ke timnas pada tahun 2021 oleh pelatih STY dan menjadi salah satu andalan di posisi sayap.

Pada tahun 2021, Egy bermain di 9 pertandingan dan mencetak 2 gol serta 1 assist. Sedangkan, pada tahun 2022, Egy bermain lebih sedikit yakni enam pertandingan lantaran terkena cedera lutut.

Dalam enam pertandingan itu, Egy mampu mencetak 3 gol untuk Indonesia. Gol pertama ia cetak lewat tendangan kaki kirinya ke gawang Thailand saat leg kedua final Piala AFF 2020.

Lalu, gol kedua dan ketiga tercipta di babak grup Piala AFF 2022. Gol kedua, ia cetak ke gawang Kamboja melalu tendangan kaki kiri dan gol ketiga tercipta lewat sundulan kepala di laga melawan Brunei Darussalam.

Baca Juga: 11 Pemain Menjuarai Piala Dunia Saat Menjadi Pemain Real Madrid

3. Ricky Kambuaya  

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? Potret Ricky Kambuaya di laga melawan Kuwait (instagram.com/pssi)

Ricky Kambuaya, gelandang serang kelahiran Sorong ini, mulai memperkuat Timnas Indonesia sejak 7 Oktober 2021. Ia debut pada laga Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan berakhir manis dengan kemenangan Indonesia.

Pada tahun 2021, Ricky Kambuaya bermain sebanyak 11 pertandingan, mencetak 2 gol serta 3 assist untuk Indonesia. Performa yang tak jauh berbeda, ia tampilkan di tahun 2022.

Ricky Kambuaya mengawali tahun 2022 dengan mencetak gol lewat tendangan kaki kanan ke gawang Thailand di leg kedua Final Piala AFF 2020. Selanjutnya, ia mencetak masing-masing satu gol pada dua pertandingan melawan Timor Leste di tanggal 27 dan 30 Januari.

Selain gol, ia juga mencipta dua assist yakni di pertandingan kedua melawan Timor Leste dan saat melawan Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Secara keseluruhan, Ricky Kambuaya telah memainkan 10 pertandingan dan mencetak 3 gol serta 2 assist untuk Timnas Indonesia di tahun 2022.

4. Witan Sulaeman 

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? Witan setelah mencetak gol ke gawang Kamboja (https://www.instagram.com/witansulaiman_/)

Witan Sulaeman, pemain sayap ini mencetak tiga gol dan empat assist untuk Indonesia dalam sembilan laga 2022. Hal itu membuatnya masuk ke dalam lima besar pencetak gol, sama seperti Dimas Drajad, Egy dan juga Ricky Kambuaya.

Witan debut di Timnas Indonesia pada 2021, tepatnya di pertandingan persahabatan melawan Oman (29/5/2021). Sepanjang tahun debutnya, ia menunjukkan performa baik dengan tampil dalam 14 pertandingan, mencetak 4 gol dan 3 assist.

Pada tahun 2022, Witan tetap menjadi andalan STY di sektor sayap. Ia mencetak 2 gol dan 1 assist di laga Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Nepal. Gol pertama ia cetak menggunakan kaki kanan, sedangkan gol kedua lewat tendangan kaki kirinya. Terakhir, Witan mencetak gol ketiganya pada pertandingan melawan Kamboja di babak grup AFF 2022.

5. Marc Klok  

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? Marc Klok berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Curacao (instagram.com/marcklok)

Marc Klok berposisi sebagai gelandang, debut di timnas pada pertandingan persahabatan melawan Bangladesh (1/6/2022). Ia kemudian menjadi pencetak gol terbanyak bagi timnas di tahun 2022 dengan torehan 4 gol dalam 8 pertandingan.

Gol perdana Marc Klok, tercipta pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait. Gol yang ia cetak lewat titik putih itu, menjadi gol krusial karena dicetak pasca Indonesia kebobolan satu gol. Laga itupun diakhiri dengan kemenangan bagi Indonesia dengan skor tipis 2:1.

Selanjutnya, Marc Klok kembali mencetak satu gol pada pertandingan persahabatan melawan Curacao, 24 September 2022. Ia mencetak gol lewat tendangan kaki kanan setelah mendapat umpan dari Dimas Drajad.

Marc Klok juga mencetak gol di pertandingan babak grup Piala AFF 2022. Pada 26 Desember 2022, Ia mencetak satu gol ke gawang Brunei Darussalam lewat tendangan kaki kanannya. Terakhir, ia mencetak gol lewat tendangan penalti saat melawan Thailand pada 29 Desember 2022.

Selain 5 pemain di atas, ada 13 pemain yang turut mencetak gol untuk timnas antara lain Dendy Sulistyawan dan Fachrudin masing-masing dua gol, lalu 11 pemain masing-masing satu gol yakni Pratama Arhan, Terens Puhiri, Ramai Rumakiek, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Syahrian Abimanyu, Ilija Spasojević, Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri.

Menarik untuk kita nantikan berapa banyak torehan gol timnas Indonesia yang akan tercipta di tahun 2023. Tentu saja para suporter berharap para pemain timnas mampu efektif dalam mengonversikan setiap peluang untuk menjadi gol.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini 

Widyastuti Lintang Sari Photo Community Writer Widyastuti Lintang Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya