Comscore Tracker

AD Sport Juara Liga 3 Zona Lampung, Terima Tiket ke Putaran Nasional  

Bakal bersaing dengan 64 tim dari 34 provinsi

Lampung Selatan, IDN Times - AD Sport kembali menasbihkan diri sebagai jawara Liga 3 zona Lampung 2021, usai berhasil menang tipis atas sang lawan Persikomet Kota Metro. Pertandingan partai final kedua tim berlangsung di Stadion Radin Intan, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (15/11/2021).

AD Sport sukses menyabet juara 1 Liga 3 zona Lampung 2021, setelah berhasil mengalahkan Persikomet Kota Metro lewat gol semata wayang melalui titik penalti hasil eksekusi Dicky Arfan Saputra di menit ke-83. 

Berkat hasil tersebut, juara bertahan Liga 3 2019 ini pun berhak mewakili Provinsi Lampung, di babak kompetisi nasional putaran Liga 3 2021. Dengan itu, Persikomet Kota Metro harus puas di posisi runner-up dan Persilas Lampung Selatan serta Persilamtim Lampung Timur sebagai juara 3.

1. Kedua tim bermain sama kuat hingga detik-detik akhir babak kedua

AD Sport Juara Liga 3 Zona Lampung, Terima Tiket ke Putaran Nasional  AD Sport kembali menasbihkan diri sebagai jawara Liga 3 zona Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Jalannya pertandingan, Persikomet sejatinya berhasil memimpin laga sejak pluit babak pertama dibunyikan. Serangan demi serangan dibangun Persikomet lewat sisi sayap, namun itu berujung banyaknya peluang gagal berkat pertahanan kuat barisan pemain belakang AD Sport.

Tak mau kalah, AD Sport juga berhasil menelurkan sejumlah peluang emas, kendati demikian kiper tim Persikomet sukses tampil baik dalam pertandingan ini. Buktinya, sang kiper mampu beberapa kali menyelamatkan peluang emas dari kaki-kaki juru gedor AD Sport.

Memasuki babak kedua, serangan Persikomet banyak gagal memasuki daerah kotak penalti lawan. Sesaat pertandingan akan berakhir, AD Sport berhasil membangun serangan sehingga pemain belakang tim asal Metro tersebut harus melakukan pelanggaran di daerah terlarang dan memaksa wasit menunjuk titik putih.

Meski sempat menuai protes keras dari pemain Persikomet, Dicky Arfan Saputra sebagai eksekutor tendangan penalti mampu mengecoh kiper Persikomet dan berhasil AD Sport unggul di menit 83. Skor 0-1 bertahan hingga pluit panjang babak kedua selesai.

Baca Juga: Badak Lampung Kalah 2-3 dari PSKC Cimahi, Pelatih: Saya Malu! 

2. Pelatih AD Sport langsung persiapkan tim menatap babak putaran nasional Liga 3 2021

AD Sport Juara Liga 3 Zona Lampung, Terima Tiket ke Putaran Nasional  AD Sport kembali menasbihkan diri sebagai jawara Liga 3 zona Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Menanggapi kesuksesan tim, Pelatih AD Sport, Aidi Sofyan mengaku senang dan mengapresiasi kinerja skuat asuhan. Mengingat, hasil ini mampu membawa tim merengkuh gelar juara Liga 3 2021 zona Lampung.

Menurutnya, gelar juara ini berkat perjuangan seluruh pihak mulai dari pemain, pelatih, hingga manajemen. Ia juga akan langsung mempersiapkan tim AD Sport, untuk menatap babak putaran nasional Liga 3.

"Kami tidak mau terlalu larut, kita akan matangkan persiapan di babak nasional. Saya melihat beberapa celah pemain dibeberapa sektor, itu akan segera diperbaiki," imbuh Coach Aidi, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Aidi membeberkan, AD Sport juga bakal menambah amunisi pemain. Itu sebagai tambahan kekuatan tim dalam menyongsong babak putaran nasional. "Saya ingin semua pemain maksimal dan semoga membawa tim ini naik kasta (ke Liga 2)," sambung dia.

3. Bakal bersaing dengan 64 klub dari 34 juara provinsi

AD Sport Juara Liga 3 Zona Lampung, Terima Tiket ke Putaran Nasional  AD Sport kembali menasbihkan diri sebagai jawara Liga 3 zona Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Ketua Asprov PSSI Lampung, Eddy Samsu turut mengapresiasi kedua tim. Itu lantaran telah mampu menyajikan permainan terbaik di partai final Liga 3 2021 zona Lampung. 

"Banyak peningkatan yang terjadi pada kompetisi Liga 3 Lampung tahun ini. Taktik dan teknik pemain, saya lihat sangat meningkat dan bagus. Selamat kepada AD Sport yang juara dan tetap semangat untuk Persikomet sebagai peraih runner up," katanya.

Eddy menjelaskan, sang juara AD Sport akan bermain di babak nasional bertemu dengan 64 klub, terdiri dari 34 juara provinsi dan 30 adalah klub terbaik berdasarkan penilaian dari PSSI pusat. Ia pun mengaku, peluang Persikomet lolos ke babak nasional jika PSSI pusat sudah menyelesaikan seluruh Liga 3 nasional se-Indonesia.

"Juara nanti langsung masuk babak nasional, kemungkinan dibagi per grup. Ada peluang kita menambah kuota, tinggal menunggu dari PSSI pusat," tambah dia.

4. Sinergitas stakeholder sukseskan Liga 3 2021 zona Lampung

AD Sport Juara Liga 3 Zona Lampung, Terima Tiket ke Putaran Nasional  AD Sport kembali menasbihkan diri sebagai jawara Liga 3 zona Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Ketua Asprov PSSI Lampung dua periode ini turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, mulai dari Bupati Lampung Selatan Nanang Hermanto, Kapolres Lampung Selatan, KONI Lampung Selatan, dan Askab PSSI Lampung Selatan.

Mengingat, peran penting masing-masing stakeholder telah ikut menyukseskan penyelengaraan gelaran Liga 3 2021 zona Lampung di kabupaten setempat.

"Kalau tanpa dukungan semua pihak, saya kira Liga 3 Lampung tidak akan terselenggara. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak," tandas Eddy.

Baca Juga: Mantap! Siwo PWI Lampung Juara Umum Pra Porwanas di Jogja

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya